7 spot hunting kabut di jogja ala negeri di atas awan - WisataHits
Yogyakarta

7 spot hunting kabut di jogja ala negeri di atas awan

Akhir pekan akan datang, saatnya penyembuhan untuk menyegarkan kembali semangat. Tidak perlu jauh-jauh, cukup mengejar kabut di Jogja sambil menikmati pemandangan pedesaan di atas awan.

Tempat wisata ini terasa sejuk di pagi hari dan cocok untuk quest sunrise. Hei, penasaran dengan tempat apa saja yang seru? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Kebun Mangunan

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awanInstagram/samiran_jalanjalan

Kebun Buah Mangunan terletak di Kabupaten Bantul dan paling baik dikunjungi pada pagi hari. Berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut, tempat ini bisa melihat pemandangan hijau dari bawah.

Biaya masuknya cukup murah yaitu Rp 5.000 per orang. Setelah puas melihat pemandangan alam yang berkabut, jangan langsung pulang, tapi mampir dulu ke kebun buahnya. Jika Anda beruntung Anda dapat membeli buah-buahan yang berbeda.

alamat: Jalan Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Hutan Pinus Mangunan

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awanexplorewisata.com

Tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, ada satu lagi tempat wisata yang bisa menjadi andalan untuk berburu kabut di Jogja, yaitu Hutan Pinus Mangunan. Wisata yang satu ini memang lebih terkenal sebagai spot selfie dan tempat konser.

Udaranya cukup sejuk, sebaiknya Anda datang dengan pakaian yang panjang dan tebal. Apalagi setelah hujan, jadi lebih asik buat hang out bareng orang tersayang. Jika Anda lapar, ada banyak warung dan restoran takeaway. Jadi tenang!

alamat: Sukorame, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga: Kemegahan Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi

3. Kebun Teh Nglinggo

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awanPerkebunan Teh Nglinggo (instagram.com/rienadayuki)

Bagi Anda yang berdomisili di Jogja dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat jika ingin menikmati kebun teh sambil menikmati udara bersih di pagi hari. Datang saja ke Kebun Teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo.

Jangan lupa datang di pagi hari jika ingin melihat kabut yang pasti akan membuat Anda terpesona. Jika ingin bermalam, ada homestay di dekat kebun teh. Kapan lagi Anda segera bangun dengan dunia pegunungan yang biasanya dingin?

alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Tangki Sermo

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awanPotret Waduk Sermo, Kulon Progo (instagram.com/sandi.liem)

Salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang paling populer adalah Waduk Sermo. Tempat ini sering berkabut, terutama setelah hujan pagi. Bayangkan betapa nikmatnya melihat waduk yang diselimuti kabut lengkap dengan udaranya yang dingin, pasti betah berlama-lama!

Jika ingin mengejar kabut atau melihat matahari terbit, sebaiknya datang pagi hari atau berkemah di tepi waduk. Pastikan Anda memiliki izin dan perhatikan kondisi cuaca. Dikhawatirkan jika hujan terus menerus, jumlah air akan bertambah dan menjadi berbahaya bagi Anda.

alamat: Sermo, Sremo Lor, Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Pantai Bugel Kulon Progo: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

5. Bunker Kaliadem

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awanKaliadem Bunker.Instagram.com/campingjogja

Bunker Kaliadem terletak di kaki Gunung Merapi. Dari tempat ini Anda bisa melihat keindahan gunung berapi yang terletak di perbatasan daerah istimewa dan Jawa Tengah. Kabut biasanya mulai turun sekitar pukul 17.00 WIB dengan udara dingin rata-rata 22 derajat.

Saat cerah, matahari bersinar dengan kabut tipisnya. Anda dapat menikmati pemandangan indah ini dengan minum kopi atau teh.

Anda bisa mencapai tempat ini dengan mobil pribadi atau jika menggunakan mobil jeep, Anda akan membayar tarif sewa mulai dari Rp 350.000. Tempat wisata ini buka 24 jam, namun kawasan ini belum teraliri listrik. Jadi bisa dibayangkan kalau hari sudah gelap di tempat ini pada sore hari.

alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Gunung Ireng

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awanGunung Ireng (instagram.com/ratnakna)

Siapa bilang Kabupaten Gunungkidul hanya memiliki wisata pantai? Untuk liburan yang akan datang, mari kita mampir ke Gunung Ireng dan mencari kabut dongeng. Apalagi saat matahari terbit, dijamin kamu akan terpukau dengan keindahannya.

Sebelum sampai di Gunung Ireng, siapkan tiket masuk Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil. Tenang, meski namanya ‘gunung’, tidak terlalu sulit untuk sampai ke puncak dan jalan masuknya mudah dinegosiasikan.

alamat: Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Ngarai

7 spot hunting kabut di jogja, pemandangan pedesaan diatas awaninstagram@erlanggasudjono

Dijuluki negeri di atas awan, Ngarai Tembelan adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi setelah pagi yang hujan. Dari Ngarai Tembelan Anda bisa melihat kabut yang menemani Anda seperti awan yang membuat Anda seolah terbang, cantik sekali!

Seperti namanya, Ngarai Tembelan sebenarnya berada di tepi jurang. Spot foto dan sunrise di sana dibangun dengan aman. Biaya masuk ke Ngarai Tembalang murah dan hanya Rp 2500.

alamat: Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jika ingin berburu kabut di Jogja, Anda harus bangun subuh lalu memakai baju tebal. Jangan kesiangan, kamu tidak akan melihat daratan di atas awan. Selamat bermain!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air Menakjubkan di Bantul-Yogyakarta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button