7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak! - WisataHits
Yogyakarta

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!

Taman Sari merupakan salah satu tujuan wisata di Yogyakarta yang paling populer dikunjungi oleh banyak wisatawan. Hal ini karena letaknya yang tidak jauh dari Alun-alun Selatan Yogyakarta. Selain keindahan bangunan dan suasana di Taman Sari, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner lho!

Di dekat Taman Sari ternyata banyak sekali kuliner yang menggugah selera, cocok untuk menu santap setelah jalan-jalan yang berat. Ada beberapa restoran, kafe, dan warung kaki lima di sekitar yang menyajikan kuliner kekinian dengan makanan khas Jogja, lho. Nah ini dia daftarnya!

1. Kafe Wasserburg

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!Kafe Istana Air (Instagram.com/watercastlecafe)

Water Castle Cafe menawarkan suasana yang berbeda dan sama sekali tidak kontemporer. Kafe ini memiliki bangunan rumah yang sederhana, namun dihias dengan berbagai perabot kayu antik. Suasana kafe ini dilengkapi dengan sentuhan seni dari barang-barang antik seperti lukisan dan foto yang dipajang di tengah ruangan. Anda bisa menikmati hidangan sambil menikmati suasana artistik dengan konsep lawas yang memiliki daya tarik tersendiri.

Salah satu menu favorit di kafe ini adalah nasi campur. Nasi campur ini terdiri dari nasi, ayam iris, petai cina, jagung, wortel, brokoli, nanas, dan srundeng. Rasanya juga sangat kaya, dengan rasa asam jawa dan jahe yang segar membuat cita rasa menu ini sangat unik. Srundeng juga memiliki rasa yang manis dan gurih, apalagi disajikan dengan nasi hangat menambah kelezatan menu yang satu ini.

Alamat: J L. Polowijan, Patehan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB

Harga: dari Rp 18.000

2. Bakso Tulmud Tamansari

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!Bakso Tulmud Tamansari (Instagram.com/mamah.noh)

Bagi Anda penggemar bakso, ada warung bakso populer di sekitar Taman Sari Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi. Namanya Bakso Tulmud Tamansari. Warung bakso ini selalu ramai dikunjungi pelanggan karena menyajikan menu bakso dengan harga yang terjangkau terjangkau.

Bakso Tulmud memiliki kuah yang menyegarkan dan disajikan dengan potongan tahu, mie kuning dan bihun yang akan membuat Anda kenyang setelah berkeliling Taman Sari. Rasa baksonya begitu nikmat dengan kuah gurih yang dipadukan dengan sambal dan cabai yang akan menggugah selera.

Alamat: Jalan Tamanan, Kompleks Wisata Taman Sari KT 1, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: 10.00-18.00 WIB

Harga: dari Rp8.000

3. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!Gudeg Yu Djum Wijilan 167 Jogja (Instagram.com/nongkrongdijogja)

Tempat makan di dekat Taman Sari yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1950 dan menjadi ikon kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg Yu Djum Wijilan 167 memiliki rasa yang tidak diragukan lagi dari bahan-bahan pilihan yang diolah secara tradisional sesuai resep asli dari jaman dulu lho!

Nasi gudeg disajikan lengkap dengan nasi yang dikocok dengan santan kental atau kuah areh, ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek. Hidangan nasi hangat ini bisa Anda nikmati bersama teman dan keluarga. Selain itu Gudeg Yu Djum Wijilan juga menciptakan tempat yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap dan modern. Untuk membuat Anda merasa nyaman makan saat berada di sini.

Alamat: J L. Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: 06.00-22.00 WIB

Harga: dari Rp 15.000

Baca Juga: 8 Makanan Lezat di Kawasan Pasar Pathuk yang Wajib Dikunjungi!

4. Resto nDalem Ngabean

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!nDalem Ngabean Resto (Instagram.com/ndalem_ngabean_jogja)

Ada restoran di sekitar Taman Sari yang menawarkan menu dan suasana makan ala Kraton Yogyakarta lho. Namanya nDalem Ngabean Resto. Ruang makan ini berkonsep buffet, sehingga Anda bisa makan sesuai selera dengan pilihan makanan yang lengkap.

nDalem Ngabean Resto mengusung konsep bangunan dengan gaya arsitektur khas dan asli kraton Yogyakarta, sehingga Anda akan merasakan pemandangan dan suasana kraton Yogyakarta asli. Konsep bangunan nDalem Ngabean Resto juga dipadukan dengan menu makanan khas Jawa dalam bentuk konsep prasmanan harian, dan menu khas Kraton Kesultanan Yogyakarta. Restoran ini sangat cocok untuk tempat makan keluarga atau sebagai tempat mengadakan acara di Jogja.

Alamat: J L. Ngadisuryan No. 6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: Tutup pada hari Senin. Selasa-Minggu buka 10.00-22.00 WIB

Harga: dari Rp 14.000

5. Stand Brongko’s Handayani

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!Handayani Warung Brongko (Instagram.com/jogjafoodhunter)

Bagi Anda yang mencari kuliner unik dan tidak ada duanya, jika berada di dekat Taman Sari ada restoran Brongkos yang terkenal. Nama tempatnya adalah Warung Brongkos Handayani.

Sesuai dengan namanya, stand ini menyajikan menu Brongkos khas Yogyakarta dengan pilihan menu yang beragam. Mulai dari Brongkos Telur dan Brongkos Koyor.

Bagi yang belum tahu, brongkos merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang memiliki kemiripan dengan Rawon. Bedanya, bumbu yang ditambahkan ke semangkuk brongkos lebih lengkap dan diberi topping kacang tolo dan tahu. Selain brongkos, ada menu lain yang tak kalah nikmat seperti nasi pecel.

Alamat: J L. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB

Harga: dari Rp 14.000

6. Gudeg Ceker & Koyor Bu Sum Tamansari

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!Gudeg Ceker dan Koyor Bu Sum Tamansari (Instagram.com/jogjabikinlaper)

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mencoba makanan khas kota ini, yaitu Gudeg. Ada beberapa tempat Gudeg populer dan legendaris di sekitar Taman Sari yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Gudeg Bu Sum Tamansari.

Warung Bu Sum tidak hanya menyajikan menu ayam pedas, tetapi juga memiliki sajian hot koyor atau urat daging sapi yang tidak ingin Anda lewatkan. Hidangan koyor hangat ini tidak bisa kamu temukan di mana pun, jadi jangan lupa untuk mencoba sajian unik yang lezat ini saat berada di Jogja!

Alamat: Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: 18.00-00.00 WIB

Harga: dari Rp 15.000

7. Bale Raos – Pengadilan Sultan

7 Restoran Dekat Taman Sari Yogyakarta, Murah & Enak!Bale Raos – Pengadilan Sultan (Instagram.com/baleraosresto)

Rekomendasi tempat makan dekat Taman Sari yang terakhir adalah Bale Raos – Masakan Sultan. Mengusung konsep casual di dalam kompleks museum, resto ini menyajikan masakan jawa klasik yang enak dan nikmat. Restoran ini memiliki suasana yang kental dengan budaya Jawa dan perabotan bergaya Keraton Yogyakarta.

Salah satu menu yang paling digemari adalah nasi tradisional yang juga menjadi menu khas di Kraton Jogja. Menu ini menampilkan perpaduan makanan khas Wonosari Yogyakarta berupa nasi merah, sayur bakar, daun pepaya dan baceman, dipadukan dengan masakan Kraton seperti gecok ganem dan sambal kethok.

Gecok Ganem sendiri merupakan makanan favorit Sultan Hamengku Buwono IX yang terdiri dari daging giling bulat yang direbus dengan kuah santan. Mirip sayur lodeh.

Alamat: J L. Magangan Kulon No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: 10.00-22.00 WIB

Harga: dari Rp 15.000

Daftar tempat makan di dekat Taman Sari Yogyakarta di atas mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Setelah lelah menjelajahi keindahan Taman Sari, Anda bisa mampir dan mencicipi sajian kuliner lezat di atas. Apakah ada makanan favoritmu?

Baca Juga: 9 Restoran Chinese di Jogja Cocok untuk Merayakan Tahun Baru Imlek

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button