7 rekomendasi makanan khas Solo yang masuk daftar kuliner - WisataHits
Jawa Tengah

7 rekomendasi makanan khas Solo yang masuk daftar kuliner

7 rekomendasi makanan khas Solo yang masuk daftar kuliner

Solo adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah. Dijuluki Kota Batik, Solo memiliki berbagai objek wisata yang mungkin bisa menjadi alasan kunjungan Anda.

Seperti daerah lain di Indonesia, Solo juga menawarkan berbagai jenis kuliner untuk disantap. Salah satu yang paling terkenal adalah Selat Solo.

Selat Solo juga biasa disebut dengan Bistik Solo atau Jawa. Itu karena tampilan dan penyajiannya mirip dengan steak western.

Tidak hanya itu, ada krengsengan yaitu olahan daging sapi yang dipadukan dengan bumbu dan rempah. Makanan ini biasa ditemukan di rumah makan sate kambing Solo.

Lebih detail kali ini Katadata.co.id Saya ingin mengulas beberapa makanan khas Solo. Dilansir dari berbagai website kuliner dan situs lokal, berikut rekomendasi kuliner untuk Anda saat berkunjung ke Solo.

1. Jalan tunggal

Seperti disebutkan di paragraf pertama, Strait Solo adalah hidangan yang dimaksudkan untuk menyerupai bistik barat. Mengutip Destinasi kuliner soloMakanan ini merupakan adaptasi dari bistik barat yang merupakan perpaduan cita rasa antara cita rasa Eropa dan Jawa. Selat Solo juga biasa disantap dengan mayones, menunjukkan pengaruh masakan Barat. Dipadukan dengan penggunaan kecap manis yang biasa digunakan pada makanan khas Jawa.

2. Serabi Solo

MAKANAN KHUSUS SOLO

MAKANAN KHUSUS SOLO (kompas)

Sajian khas solo ini identik dengan rasa gurih dan manis. Serabi terbuat dari campuran tepung beras dan ragi, biasanya disajikan dengan meses, keju, dan topping lainnya. Tapi Anda akan merasakan rasa otentik jika memakannya tanpa bahan tambahan apapun. Mudah ditemukan di sudut Kota Solo, Serabi biasanya dikemas dengan gulungan daun pisang. Adapun beberapa tempat yang memiliki rating di atas empat bintang Peta Google yaitu Serabi Khas Notosuman H. Oemar, Serabi Solo Mas Fahri Sumber, Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Serabi Solo Pizbi.

3. Sosis Solo

MAKANAN KHUSUS SOLO

MAKANAN KHUSUS SOLO (Fimela)

Makanan khas Solo berikutnya adalah sosis Solo. Jajanan ini biasa disebut mirip dengan risol. Selain bentuknya yang mirip, kulit sosis solo hampir sama dengan kulit risol. Perbedaannya terletak pada isinya. Risol biasanya diisi dengan kentang, wortel, ayam, atau bihun. Sedangkan Sosis Solo menyajikan ayam cincang yang dicampur dengan daun bawang. Singkat kata, sosis Solo tidak seperti sosis kebanyakan.

4. Timlo Solo

Timlo adalah makanan solo khas yang mencakup kaldu bening dengan sosis ayam cincang. Selain itu, biasanya ada telur ayam rebus dan hati ayam. Timlo adalah hidangan yang mirip dengan sup atau sup. Biasanya dimakan dengan sepiring nasi. Jangan lupa taburi dengan bawang goreng. Beberapa rekomendasi rumah makan yang menjual Timlo Solo adalah RM Timlo Solo di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, di Jalan Slamet Riyadi nomor 271 dan Jalan Raya Solo Baru.

5. Tengkleng

MAKANAN KHUSUS SOLO

MAKANAN KHUSUS SOLO (Unilever Food Solutions)

Tengkleng merupakan makanan khas solo yang dibuat dengan tulang kambing sebagai bahan utamanya. Hidangan ini hampir mirip dengan gulai kambing. Bedanya santan tidak digunakan seperti gulai. Kutipan oleh fimela, Ternyata tengkleng merupakan inovasi para chef di zaman kolonial yang tidak memiliki sisa daging untuk diolah. Mereka memasak sisa tulang, termasuk kepala dan kaki serta jeroan kambing, hingga menjadi seperti sekarang, tengkleng. Biasanya tengkleng dimakan lengkap dengan sate usus, sate jeroan, otak, dan lain-lain.

6. Bakmi Ketoprak

Bakmi adalah makanan khas pulau Jawa. Tak terkecuali Solo, ketoprak, atau mie toprak, yaitu olahan mie yang dicampur dengan potongan sayur dan tahu. Kemudian dicampur dengan kaldu. Meski mirip dengan nama ketoprak, makanan khas Jakarta, kedua makanan ini sangat berbeda dalam cara mengolah dan menyajikannya. Bumbu kacang biasanya ditambahkan pada ketoprak jakarta, sedangkan mie ketoprak menggunakan sambal. Selain itu, mie ketoprak ini juga dilengkapi dengan irisan daging sapi lengkap dengan bawang goreng dan seledri.

7. Sat Kere

Makanan khas solo selanjutnya adalah sate kere yang terbuat dari jeroan. Ini termasuk paru-paru, limpa, hati, torpedo, ginjal, ampela dan lain-lain. Selain itu menu utama sate kere juga tempe yang terbuat dari tempe gembu. Tempe Gambus dikenal dengan Tempe, yang terbuat dari ampas kedelai sisa pembuatan tahu. Sebelum dibakar, sate terlebih dahulu dibubuhi bumbu yang terbuat dari rempah-rempah seperti lengkuas, air kelapa, dan daun salam. Biasanya seperti sate kebanyakan, sate kere disajikan dengan bumbu kacang.

Daftar di atas merupakan makanan khas solo yang perlu diingat saat berkunjung ke kota Batik sebagai destinasi kuliner. Selain ketujuh daftar tersebut, masih banyak kuliner khas solo lainnya yang bisa dicoba. Diantaranya Nasi liwet Solo, Gudeg Ceker, Sambal Goreng Labu Siam, Acar Tahu, Sate Bunter dan lain-lain.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button