7 Pantai di Yogyakarta untuk Melihat Sunset - WisataHits
Yogyakarta

7 Pantai di Yogyakarta untuk Melihat Sunset

KOMPAS.com – Nikmati pemandangan matahari terbenam matahari terbenam bisa dilakukan dengan mengunjungi beberapa pantai di Yogyakarta.

Sambil menunggu matahari terbenam untuk kompetisi, kita bisa sekaligus menikmati suara deburan ombak dan mengamati panorama laut yang menyejukkan.

Baca Juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Berikut adalah beberapa pilihan pantai di Yogyakarta untuk dilihat matahari terbenam di mana Anda bisa pergi.

Pantai untuk dilihat di Yogyakarta matahari terbenam

1. Pantai Glaga

Pantai Glagah di Kulonprogo, salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.SHUTTERSTOCK/MUHANA SYAFIQUDDARI Pantai Glagah di Kulonprogo, salah satu pantai di Yogyakarta untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pantai Glagah di Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta populer dengan pemecah gelombangnya di spot-spot Instagram-worthy. Selain itu, destinasi ini juga bisa menjadi pilihan wisata pantai di Yogyakarta matahari terbenam.

Pengunjung yang menunggu momen matahari terbenam dapat duduk di banyak tempat di area pantai dan melakukan aktivitas menarik lainnya di sana.

Baca Juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

Sebab, menurut situs web dinas pariwisata Kulon Progo, pantai pasir hitam ini juga cocok untuk berbagai kegiatan, seperti wisata perahu, kano, kayak, berenang atau memancing.

2. Pantai Parangtritis

Menjelang sunset di Bukit Paralayang Watugupit, Yogyakarta, Minggu (19/1/2020).  Destinasi ini merupakan salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sunset di Bukit Paralayang Watugupit, Yogyakarta, Minggu (19/1/2020). Destinasi ini merupakan salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.

Pantai Parangtritis adalah salah satu pilihan paling populer bagi orang yang mencari pantai di Yogyakarta matahari terbenam.

Salah satu tempat yang paling tepat untuk menikmati momen ini adalah Bukit Paralayang Watugupit.

Dikutip dari Kompas.com (31/01/2022), destinasi ini terletak di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta atau di kawasan perbukitan di sebelah timur Pantai Parangtritis.

Baca Juga: 15 Wisata Pantai Terkenal di Yogyakarta dengan Panorama Indah

Tempat ini sangat populer di media sosial. Beberapa pengunjung bahkan membawa kamera DSLR untuk mengambil gambar agar terlihat lebih sempurna.

3. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo, Gunungkidul adalah salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat matahari terbenam.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Wediombo, Gunungkidul merupakan salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat matahari terbenam.

Destinasi pantai lain di Yogyakarta untuk melihat sunset adalah Pantai Wediombo. Situs ini terletak di Desa Balong, Girubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas.com (13/9/2022), pantai ini merupakan bekas kawah gunung berapi yang telah tenggelam di bawah permukaan laut.

Baca Juga: 5 Tempat Menikmati Sunset di Gunungkidul, Ada Pantai Wediombo

Bentuk teluk yang menyerupai setengah lingkaran dan menghadap ke barat menjadikan pantai ini sebagai tempat yang tepat untuk menyaksikan panorama matahari terbenam.

Pengunjung bisa duduk-duduk di tepi pantai dan menikmati suara deburan ombak.

4. Pantai Kesirat

Sunset di Pantai Kesirat, Gunungkidul merupakan salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sunset di Pantai Kesirat, Gunungkidul merupakan salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.

Pantai Kesirat juga bisa menjadi pilihan wisata pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.

Pantai ini terletak di Desa Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas.com, beberapa perairan pantai ini dikelilingi tebing setinggi 40 meter dan bisa digunakan untuk menikmati sunset.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Namun, pengunjung tidak bisa bermain air di pantai ini karena tidak ada garis pantai untuk dikunjungi.

Meski begitu, Anda bisa menikmati suasana pantai dengan duduk di bawah pohon besar yang berdiri di tepi tebing. Panorama dari sana pun tak kalah indah.

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal, salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.SHUTTERSTOCK/VIRGAS PATRIA ASASI Pantai Pok Tunggal, salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat matahari terbenam.

Pantai pasir putih ini juga tepat jika masuk dalam daftar pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.

Situs ini terletak di Desa Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas.com (5/9/2017), Di sebelah barat pantai, pengunjung bisa menyaksikan para nelayan yang mulai menyelam ke laut pada malam hari.

Baca Juga: Wisata 7 Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Mulai sekitar pukul 17:15, bersiap-siaplah di pantai agar tidak ketinggalan momen sunset.

Nama “Pok Tunggal” berasal dari pohon yang tumbuh di tepi pantai. Hanya ada satu buah dan menjadi ikon pantai. Oleh karena itu, warga sekitar berusaha merawatnya agar terlihat subur dan indah.

6. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, Gunungkidul, salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat sunset.SHUTTERSTOCK/LUCKY VECTORSTUDIO Pantai Indrayanti, Gunungkidul, salah satu pantai di Yogyakarta untuk melihat matahari terbenam.

Pantai Indrayanti tidak hanya menjadi pilihan pantai di Yogyakarta untuk melihat matahari terbenam, tetapi juga salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di daerah tersebut.

Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dikutip dari laman Biro Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, pantai ini memiliki pantai berpasir putih yang membentang dari timur ke barat.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Pantai Indrayanti juga berbatasan dengan Pantai Sundak.

Meski cukup ramai dikunjungi wisatawan, pantai ini konon terbilang bersih.

Anda tidak hanya bisa bersantai di pantai sambil menunggu matahari terbenam, tapi Anda juga bisa menikmatinya sambil jajan di warung makan atau duduk-duduk di gazebo.

7. Pantai Widodaren

Pantai Widodaren, salah satu tempat untuk melihat sunset di Yogyakarta.SHUTTERSTOCK/GAWE STUDIO Pantai Widodaren, salah satu tempat untuk melihat sunset di Yogyakarta.

Dikutip dari Wiki Tribunnews, kata widodaren dalam bahasa Jawa berarti “malaikat”.

Sesampainya di pantai, nama tersebut sepertinya tidak berlebihan. Karena pantai ini memiliki pantai berpasir putih yang indah berpadu dengan birunya air laut.

Namun, kawasan pantai Widodaren relatif sempit. Saat air pasang, kawasan pantai ini hilang atau tertutup.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Lokasi pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pengunjung tidak hanya bisa duduk di tepi pantai, menikmati suasana sekitar dan menunggu matahari terbenam, tetapi juga berburu foto, camping dan memancing di Pantai Widodaren.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button