7 Kuliner Legendaris di Jember, Enak dan Murah, Tak Pernah Ketinggalan Pengunjung - WisataHits
Jawa Timur

7 Kuliner Legendaris di Jember, Enak dan Murah, Tak Pernah Ketinggalan Pengunjung

7 Kuliner Legendaris di Jember, Enak dan Murah, Tak Pernah Ketinggalan Pengunjung

Bagi yang belum pernah ke kota Jember atau mengenal kota Jember, alangkah baiknya mengenal kota Jember terlebih dahulu sebelum menjelajahi kuliner yang nikmat.

Ya, kota Jember memiliki beberapa julukan, beberapa di antaranya adalah kota Santri atau lebih dikenal dengan sebutan kota karnaval dengan Jember Fashion Carnaval (JFC).

Sebagai ikon utama Karnaval Jember, terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. JFC juga pernah masuk dalam karnaval terbesar ke-3 di dunia dan merupakan fashion street terpanjang di dunia sepanjang 3,5 km.

Selain itu, Jember merupakan penghasil utama tembakau cerutu kualitas dunia. Tembakau asal Jember juga merupakan salah satu penghasil terbesar di Indonesia. Jember juga sering disebut sebagai kota tembakau.

Selain sejarah dan ikon yang membuat Jember terkenal, bukankah kota Jember menarik?

Jember juga punya makanan legendaris yang wajib dicoba wisatawan. Seperti dikutip SurabayaNetwork dari berbagai sumber, berikut 7 kuliner legendaris di Jember yang enak alami dan murah.

1. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok Berdiri sejak tahun 1958, Soto Ayam Dahlok berlokasi di Jl. Fatahillah No.1 Jember atau biasa dikenal dengan Gang Dahlok.

Menu yang ditawarkan di warung soto ini sederhana saja, misalnya soto ayam biasa, soto ayam spesial dan soto ayam campur hati dan rempelo (jeroan).

Perbedaan dari soto lainnya adalah penyajiannya tanpa koya dan taburan bawang putih goreng yang melimpah, sehingga rasa kuah sotonya segar di lidah penikmatnya.

Harga seporsi nasi soto di sini berkisar Rp 12.000 hingga Rp 17.000.

2. Gudeg Lumintu

Gudeg Lumintu Berdiri 50 tahun yang lalu, lebih tepatnya tahun 1968, Nasi Gudeg Lumintu masih bisa eksis.

Ditujukan ke Jl. Kertanegara No. 33 yang notabene bukan jalan utama, namun stand Nasi Gudeg Lumintu tidak pernah sepi pengunjung.

Rasa gurih asin yang pas di lidah masyarakat Jawa Timur selalu membuat Nasi Gudeg Lumintu diminati hingga saat ini.

Di sini juga ada menu spesial yang bisa kamu coba, yaitu nasi pecel hangat khas Lumintu.

Dengan merogoh kocek sekitar Rp 20.000 kamu sudah bisa mencicipi nikmatnya perpaduan nasi hangat dan pecel yang pastinya menggugah selera.

3. Bubur Ayam Hj.Sundari

Sajian selanjutnya adalah Bubur Ayam Hj. Sundari. Lokasinya ada di Jl. Teuku Umar No.30, Jember. Bubur Ayam Hj.Sundari sebenarnya berlokasi di Surabaya.

Tepatnya di Jl. Ngagel Tama No.19, Surabaya. Namun, ia memutuskan membuka cabang di Kabupaten Jember yang sudah berdiri sejak 1988.

Selain menu bubur ayam, mereka juga menawarkan menu masakan lain seperti siomay, bakwan, nasi goreng, nasi mentah, nasi kari bahkan nasi soto ayam.

Namun yang tetap menjadi primadona adalah menu bubur ayam. Cita rasa bubur ayam yang sangat fenomenal membuat Bubur Ayam Hj. Hingga kini Sundari digandrungi para penikmatnya.

Harga yang ditawarkan juga sangat variatif namun tetap ramah di kantong, berkisar antara Rp8.000 hingga Rp15.000.

4. Sudut-Ronde Citarum

Angsle-Ronde Citarum yang berlokasi di Jl. Citarum, Jember. Dalam seporsi Angel terdapat kuah santan yang dicampur dengan ketan, roti tawar, mutiara, kacang tanah, melinjo dan isian lainnya sesuai selera.

Kuliner ini hanya bisa ditemukan pada malam hari, bukan? Karena Angsle-Ronde biasanya disajikan dalam keadaan hangat, sangat cocok untuk dinikmati di malam hari.

5.Angkringan Jogja

Angkringan Jogja juga hadir di Jember dan bisa kamu lakukan untuk berwisata kuliner. Tempat ini tidak hanya terkenal dengan harganya yang murah, tetapi juga menawarkan berbagai menu yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Makanan seperti nasi kucing lengkap dengan lauknya seperti telur puyuh, tahu bacem, dan tempe, serta pelengkap seperti tepung beras ketan. Minuman yang ditawarkan pun beragam, mulai dari teh nasgitel hingga wedang angjo hingga bir jawa.

Jika Anda ingin mencoba Angkringan yang populer di Jember.

Anda bisa mengunjungi Jl. Letnan Panjaitan #130 Sumber Daya. Jam buka mulai pukul 12.00 hingga 23.00. Tak heran jika resto ini sering dijadikan tempat berlama-lama sambil menikmati jajanan makan malam yang akan membuat Anda puas. Angkringan ini sangat populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan.

6. Bakso Omong Bu Juhairiyah

Wisata kuliner Anda di kota Jember akan semakin lengkap jika mencoba bakso yang satu ini. Bakso Kabut adalah bakso telur, tapi telurnya tidak di bagian dalam, melainkan di bagian luar untuk membungkus bakso. Rasanya yang lezat membuat para penggemarnya kembali untuk menikmatinya.

Bakso yang terkenal di Jember disebut Bakso di Jember, Bu Juhairiyah di Jl. Cobalah Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember dengan harga yang relatif murah.

7. Nasi Pecel Bu Karenanya

Lokasi legendaris berikutnya adalah Nasi Pecel Bu Darum di Jl. Kelurahan Gajah Mada No.23, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates. Buka sejak tahun 1953, stand ini menampilkan kuliner andalan yaitu Nasi Pecel Sop Rawon. Toko ini buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 15.00.

Selain nasi pecel kuah rawon dengan potongan daging yang agak tebal, stand ini juga menawarkan berbagai kuliner lainnya seperti sop babat, nasi rames dan gulai ayam kampung. Anda bisa makan sepuasnya di sana sambil istirahat karena stan Nasi Pecel Bu Darum memiliki area yang luas, lengkap dengan fasilitas toilet.

Kuliner legendaris ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan, karena keunikan cita rasa khas Jember akan mengingatkan Anda pada masakan kampung yang tentunya akan membuat Anda kangen dengan semua orang.

Selain menu legendaris di atas, perlu diperhatikan bahwa Jember memiliki suku yaitu suku Jawa dan Madura. Rata-rata penduduk Jember adalah masyarakat pendatang.

Orang Madura mendominasi di utara dan orang Jawa di selatan dan di daerah pesisir. Jadi jangan heran jika ada banyak bahasa yang digunakan di Jember***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network dengan cara klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button