7 hotel dekat Candi Prambanan, mulai dari Rp100.000 - WisataHits
Jawa Tengah

7 hotel dekat Candi Prambanan, mulai dari Rp100.000

KOMPAS.com – Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia, banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan wisatawan mancanegara.

Lokasi kompleks candi ini berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Kisah Candi Prambanan, Dekat Sosok Rakai Pikatan

Candi Prambanan tidak hanya menjadi tujuan wisata sejarah tetapi juga tempat yang populer matahari terbenam alias matahari terbenam.

Jika Anda berencana untuk mengisi waktu liburan mengunjungi kompleks candi ini, Anda juga bisa menginap di hotel dekat Candi Prambanan agar lebih menghemat waktu untuk mencoba beberapa aktivitas di kawasan tersebut.

Hotel terdekat memiliki harga yang berbeda. Jadi bisa disesuaikan dengan kondisi tas.

1. Hotel Jaya Kusuma

Hotel Jaya Kusuma, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.REDDOORZ WEBSITE Hotel Jaya Kusuma, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.

The Jaya Kusuma Hotel terletak di seberang Kompleks Candi Prambanan atau hanya berjarak sekitar 350 meter.

Terletak di No. 2-3 Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Hotel sederhana ini cocok untuk wisatawan yang backpacker-sebuah. Walaupun bangunannya cukup tua, beberapa review hotel ini mengatakan bahwa kamarnya cukup nyaman.

Baca Juga: Candi Prambanan dan Borobudur Resmi Jadi Tempat Ibadah Dunia

Menurut website RedDoorz, jaringan akomodasi budget yang menyelenggarakannya, serta beberapa website Online Travel Agents (OTA), tarif kamar di Hotel Jaya Kusuma mulai dari Rp 120.000.

Harga sudah termasuk akses WiFi, TV, AC, perlengkapan mandi, dan air minum kemasan.

2. Hotel Galuh Prambanan

Hotel Galuh Prambanan, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.GALUH HOTEL SITE Hotel Galuh Prambanan, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.

Hotel lain yang dekat dengan Candi Prambanan adalah Hotel Galuh yang berjarak sekitar 1,4 kilometer dari lokasi atau dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar 5 menit.

Lokasinya berada di Jalan Manisrenggo KM.1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Menurut situs resminya, hotel ini memiliki beberapa tipe kamar dengan harga Rp 295.000 untuk kamar paling basic, yaitu penggemar ekonomi. Kamar standar seharga Rp 350.000.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Beda dengan Sejarah dan Legenda Candi Prambanan

Fasilitas yang dapat Anda nikmati antara lain akses WiFi, AC, serta kolam renang dan restoran umum.

3. Hotel Botani

Botan Hotel terletak di Jalan Manisrenggo No.1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Jaraknya kurang lebih 1,6 kilometer dari lokasi atau bisa ditempuh dengan mobil dalam waktu 5 menit.

Botan Hotel menawarkan kamar-kamar dan kamar-kamar bergaya industri dengan interior yang sebagian besar berwarna putih.

Tarif kamar paling dasar adalah sekitar Rp 589.000 menurut situs OTA. Harga ini sudah termasuk akses WiFi tapi tanpa sarapan.

Baca Juga: Jam Buka Candi Prambanan dan Biaya Masuknya

Anda memiliki akses ke kolam renang umum hotel. Meski kecil, kolam renangnya terlihat instagramable dan asri.

4. Oyo Hotel Gardenia Prambanan

Oyo Hotel Gardenia, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.OYO ROOMS WEBSITE Oyo Hotel Gardenia, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.

Hotel Gardenia Prambanan berjarak sekitar 2,2 km dari Kompleks Candi Prambanan. Jika Anda menggunakan kendaraan, akan memakan waktu sekitar 7 menit untuk sampai ke sana.

Lokasinya berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Kongklangan, Sanggrahan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Baca juga: Rute Menuju Candi Plaosan di Klaten, Tak Jauh dari Candi Prambanan

Kamar standar twin berharga Rp 140.000 menurut situs resmi OYO, jaringan akomodasi beranggaran rendah yang menyelenggarakannya.

Harga sudah termasuk televisi, AC, dan perlengkapan mandi. Setiap kamar memiliki teras dengan kursi yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai.

5. Pusaka Sumberwatu

Sumberwatu Heritage Resorts, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.SUMBERWATU HERITAGE SITES Sumberwatu Heritage Resorts, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.

Sumberwatu Heritage terletak di Dusun Sumberwatu, Dowang Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 2,8 km dari Kompleks Candi Prambanan atau sekitar 10 menit dengan mobil.

Meski jaraknya tidak terlalu dekat, properti berkonsep resort ini menawarkan fasilitas yang cukup berkualitas sehingga cocok untuk keluarga dengan anak dan orang tua atau untuk perjalanan bisnis.

Baca juga: Wisata Candi Borobudur dan Prambanan, Ini Batas Kawasan Wisatanya

Menurut situs resminya, hotel di Sumberwatu Heritage Resort terdiri dari 10 kamar deluxe di lantai satu dengan teras pribadi dan 10 kamar premium deluxe di lantai dua dengan balkon pribadi.

Setiap kamar berukuran 33 meter persegi dan dilengkapi dengan TV, minibar, brankas, pengering rambut, jubah mandi, sandal, dan telepon.

Menurut beberapa situs OTA, harga menginap di sini mulai dari Rp 1,38 juta per malam.

6. Puri Cempaka Guesthouse

Puri Cempaka Prambanan, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.Puri Cempaka Prambanan REDDOORZ SITE, salah satu hotel di dekat Candi Prambanan.

Hotel dengan konsep tradisional Jawa ini terletak di Jalan Pakem-Kalasan, Carikan, Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 3,5 km dari Candi Prambanan atau sekitar 10 menit jika menggunakan kendaraan.

Menurut situs RedDoorz, tarif kamar di sini mulai dari Rp 210.000. Harga sudah termasuk akses WiFi, televisi, perlengkapan mandi, dan air minum kemasan.

Baca Juga: Temukan Riyadi, Tempat Terbaik untuk Memotret Candi Prambanan yang Perkasa

Ada juga kolam renang dan balkon tempat Anda bisa bersantai.

7. Joglo Ayem Tentrem

Hotel di dekat Candi Prambanan yang menawarkan pemandangan alam dan akomodasi bergaya etnik ini berjarak sekitar 4 km dari lokasi. Jika Anda datang dengan mobil, akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Lokasinya berada di Dusun Ringinsari, Ringin Sari, Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Menurut sejumlah situs OTA, harga penginapan mulai Rp 460.000 per malam.

Hanya tersedia enam unit di sini. Empat unit dengan kapasitas maksimal dua orang tamu, dengan fasilitas yang dilengkapi dengan sarapan, AC dan ketel, TV, akses WiFi, dapur, teras, dan shower outdoor.

Baca Juga: Candi Borobudur Tidak Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia

Sedangkan dua unit lainnya dilengkapi untuk jumlah tamu yang lebih besar yaitu maksimal enam orang, dengan fasilitas sarapan pagi, tiga kamar dan dua kamar mandi, AC dan pemanas air, akses WiFi, dapur, ruang keluarga dan teras.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button