7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfoto - WisataHits
Yogyakarta

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfoto

Kawasan Kotagede merupakan gambaran kerajaan Mataram Islam sebelum terbagi dua antara Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Karena di sana juga terdapat Keraton Mataram dan pusat kehidupan masyarakat.

Kini Kotagede menjadi bagian dari tempat wisata populer di Jogja yang menawarkan beragam aktivitas untuk dicoba. Sebut saja kulinernya, belajar sejarah dan berbagai aktivitas seru di Kotagede berikut ini, sayang untuk dilewatkan!

1. Kuliner di Pasar Legi Kotagede

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotoPasar Kotagede (instagram.com/timothydaely)

Jika Anda ingin menjelajahi Kotagede, mulailah dengan kuliner di Pasar Legi Kotagede atau Sarlegi, di sini. Pasalnya, di luar dan di dalam pasar terdapat banyak penjaja jajanan lezat mulai dari jajanan hingga makanan berat.

Misalnya aneka jajanan pasar yang dijual di area teras pasar. Dari Rp 1.000 sudah bisa makan aneka gorengan, kue atau jus buah. Ada juga Serabi Kocor dan Serabi Solo yang enak dinikmati hangat-hangat.

Saat malam tiba, pilihan hidangan juga semakin beragam. Nasi rebus Bu Tinah yang lezat dilengkapi dengan sate sapi!

2. Coba kue kembang sepatu khas Kotagede

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotokipo kotagede (instagram.com/rofiqsilver)

Belum lengkap rasanya jika ke Kotagede tanpa mampir untuk membeli jajanan khas, kue kembang kipo dan waru. Kipo adalah sejenis kue basah yang bentuknya kecil-kecil, terbuat dari tepung ketan dengan isian kelapa, dan berwarna hijau segar. Sayangnya, Kipo tidak cocok sebagai hadiah untuk perjalanan jarak jauh, karena cepat basi.

Hal ini berbeda dengan kue kembang waru yang teksturnya mirip dengan kue bolu dan rasanya manis. Makanan favorit Raja Mataram ini aman untuk dijadikan oleh-oleh orang tersayang lalu dinikmati dengan secangkir teh hangat.

Baca Juga: Ayo Piknik, 5 Desa Wisata Ini Dekat Kotagede

3. Simak proses pembuatan souvenir perak

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotoSilberkotagede (commons.wikimedia.org/User:Irfantraveller)

Oleh-oleh khas Kotagede tidak harus berupa makanan. Ada juga kerajinan perak asli Kotagede dan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Mencari perajin perak tidaklah sulit karena letaknya berjajar dan tidak jauh dari Pasar Legi Kotagede.

Mulai dari perhiasan seperti cincin, bros dan gelang hingga harga yang agak mahal yaitu miniatur becak dan kereta kuda bisa Anda beli dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dan jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat kerajinan perak dibuat di salah satu tokonya.

4. Masuk Rumah Pocong Sumi bagi yang pemberani

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotoRumah Pocong Sumi (instagram.com/jogja.Titiknol)

Aktivitas seru di Kotagede yang dijamin bakal disukai para pemberani adalah bermain di Rumah Pocong Sumi! Bagi yang belum tahu, di sekitar kawasan wisata Kotagede terdapat sebuah rumah yang terkenal angker dan dinamakan Rumah Pocong Sumi karena seringnya penampakan hantu pocong.

Menurut cerita yang berkembang, rumah Pocong Sumi pernah ditempati oleh seorang empu batik. Sayangnya rumah itu dirampok dan istrinya Sumini terbunuh. Dari situ kemudian diyakini bahwa arwah yang sering muncul di halaman rumah adalah Sumini.

Baca Juga: Rumah Pocong Sumi, Gedung Horor di Kotagede Yogyakarta

5. Belanja oleh-oleh di Monggo Chocolate

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotocoklat monggo kotagede (instagram.com/hi.octav)

Siapa yang suka coklat? Wah pas banget berkunjung ke Monggo Chocolate Shop cabang Kotagede karena selain beli coklat juga bisa melihat langsung proses pembuatan coklatnya melalui jendela-jendela besar di dalamnya.

Tidak hanya itu, Toko Cokelat Monggo di cabang Kotagede juga diperhitungkan instagic dengan design jawa yang begitu kental. Bagi Anda yang belum pernah melihat pohon cokelat secara langsung, ia tumbuh subur di sini dan jika Anda datang di waktu yang tepat Anda bisa langsung melihat buahnya.

6. Belajar tentang sejarah di Makam Raja-Raja Kotagede

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotoMakam Raja Mataram (instagram.com/yessyyoanne)

Kotagede pernah menjadi ibu kota kerajaan Islam Mataram. Salah satu bukti peninggalannya adalah Makam Raja-Raja Mataram dan Masjid Agung Kotagede. Tempat ini juga dijaga dan dijaga oleh para abdi dalem Keraton Yogyakarta, sehingga Anda perlu mengetahui tata krama saat berkunjung.

Karena bangunannya yang unik dan khas, kawasan di sekitar Masjid Raya Kotagede dan kawasan sekitar Makam Raja-Raja Mataran kerap dijadikan sebagai tempat berfoto. sebelum pernikahan dengan tema klasik tradisional. Pasangan biasanya mengenakan pakaian tradisional tradisional seperti kebaya untuk wanita dan beskap untuk pria untuk memperkuat kesan hidup di masa lalu.

7. Berfoto di spot-spot instaged di sekitar Kotagede

7 hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede, makan kipo dan berfotoTembok hijau di Kotagede (instagram.com/maensamabowo)

Kotagede terdiri dari jalan-jalan sempit tetapi sangat unik karena banyak bangunan tua yang masih dipertahankan. Misalnya, berbuka Dhuwur, rumah persik hijau murni, atau yang tidak rugi memenuhi adalah dinding hijau yang selalu menjadi tempat untuk berfoto.

Rumah bergaya Indian hingga kentalnya Jawa membekas di gang-gang Kotagede antik tebal. Sangat penuh, terutama ketika akhir pekan Di pagi hari orang yang ingin berfoto di dinding sekolah lama harus mengantri!

Sangat lengkap bukan, hal seru yang bisa dilakukan di Kotagede? Mulai dari fotografi hingga bersantap, dijamin Anda akan betah berlama-lama di kawasan wisata ini. Jadikan pengalaman itu tak terlupakan dengan cara yang sederhana, apalagi jika Anda melakukannya bersama orang-orang terkasih. Selamat bermain!

Baca Juga: Jelajah Makam Raja di Kotagede, Teguh Sejauh Ini

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button