7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Cocok untuk Dicoba Pendaki Pemula! - WisataHits
Jawa Tengah

7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Cocok untuk Dicoba Pendaki Pemula!

TEMPO.CO, jakarta – Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak gunung yang begitu indah. Seringkali gunung-gunung di Jawa Tengah menjadi tujuan para pendaki gunung untuk menaklukan puncaknya. Lantas apa saja gunung tertinggi di Jawa Tengah?

Gunung tertinggi di Jawa Tengah

Sejumlah gunung di Jawa Tengah memiliki ketinggian rata-rata lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dapat didaki oleh pendaki pemula maupun profesional. Pegunungan di beberapa daerah memiliki kriteria ketinggian yang berbeda-beda, mulai dari ketinggian lebih dari 2.000 mdpl dengan keindahan yang berbeda-beda. Berikut tujuh gunung tertinggi di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi

1. Gunung Semeru

Gunung tertinggi pertama di Jawa Tengah adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.676 mdpl. Hal ini pula yang menjadikan puncak Gunung Semeru atau daratan tertinggi di Pulau Jawa.

Tak hanya ketinggiannya, gunung ini juga memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Di atas Gunung Semeru terdapat sebuah danau bernama Danau Ranukumbolo yang merupakan salah satu tempat paling romantis bagi para pemanjat tebing.

Gunung Semeru kembali mengeluarkan semburan panas yang terpantau Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang pada Minggu, 1 Mei 2022. (ANTARA/HO-PPGA Semeru)

2. Gunung Slamet

Gunung tertinggi kedua adalah Gunung Slamet. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Tegal, Banyumas, Pemalang dan Purbalingga. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 mdpl, menjadikannya gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Untuk mendaki puncak Gunung Slamet, pendaki bisa menggunakan jalur menuju Bambangan di Kabupaten Purbalingga. Dibutuhkan waktu 9 jam dengan jalan tanah yang sedikit terjal, berbatu dan banyak licin. Bagi Anda yang masih pemula dalam panjat tebing, harap persiapkan dengan matang agar bisa menaklukan gunung ini.

3. Merakit penjumlahan

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Sumbing. Gunung berapi yang tidak aktif ini memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut. Gunung Sumbing terletak di perbatasan Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Untuk menaklukkan gunung ini dibutuhkan waktu sekitar 8 jam.

Gunung Sumbing memiliki empat puncak yaitu Puncak Rajawali, Puncak Sejati, Puncak Buntu dan Puncak Kawah. Para pendaki akan dimanjakan dengan keindahan Gunung Sumbing yang terjal dan mempesona. Untuk mendaki Gunung Sumbing, Anda bisa melalui Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. Namun, pendaki juga bisa melalui Banaran di Temanggung, Bowongso di Wonosobo dan Kaliangkrik di Magelang.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah sebuah gunung di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3.339 m di atas permukaan laut. Gunung Arjuno yang bersebelahan dengan Gunung Welirang tidak memiliki kawah sehingga asap putih yang biasa terlihat sebenarnya berasal dari Gunung Welirang. Puncak Arjuno sendiri dikenal dengan nama Puncak Ogal Agil.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Ngawi, dan Magetan. Gunung ini memiliki spot pemandangan yang memanjakan mata dengan dikelilingi rerumputan hijau yang mempesona di puncaknya yang bernama Hargo Dumilah. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl yang dapat dicapai pendaki dalam waktu sekitar 6 jam pendakian. Jalur pendakian ke Gunung Lawu melewati Candi Cetho dan Cemara Kandang. Namun, Anda bisa melintasi jalan setapak dari Jawa Timur melalui Cemara Sewu.

6. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Magelang, Boyolali dan Semarang. Keindahan sabana di gunung ini menjadi tujuan sebagian besar pendaki.

Jalur pendakian menuju Gunung Merbabu dapat melalui sisi selatan, barat dan utara. Ada Jalur Selo di Boyolali dari sisi selatan, kemudian Jalur Suwanting di Magelang aksesnya dari sisi barat. Sedangkan di sisi utara melalui jalur Wekas ​​di Kabupaten Magelang, serta Cunthel dan Thekelan di Kabupaten Semarang. Dibutuhkan sekitar 6 jam untuk mencapai puncak Gunung Merbabu.

7. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro merupakan gunung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian 3.136 meter di atas permukaan laut. Gunung Sindoro unik bagi para pendaki karena disuguhi panorama kawah aktif yang masih mengeluarkan asap belerang. Diharapkan dengan memakai masker, pendaki tetap waspada.

Untuk sampai ke puncak Sindoro, perjalanan memakan waktu sekitar 6 jam. Jalan menuju puncak bisa melalui kebun teh Kledung, Banaran dan Tambi di Wonosobo atau Bansari di Temanggung.

ADI HANYA VIANTO| INDONESIA BAIK

Baca Juga: Kampanye Wisata Hijau, Pelajar Mendaki 35 Gunung dalam 4 Bulan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button