7 Desa Wisata Di Jogja Yang Indah dan Menawan yang Wajib Kamu Kunjungi - WisataHits
Yogyakarta

7 Desa Wisata Di Jogja Yang Indah dan Menawan yang Wajib Kamu Kunjungi

7 Desa Wisata Di Jogja Yang Indah dan Menawan yang Wajib Kamu Kunjungi

7 Desa Wisata Di Jogja Yang Indah dan Menawan yang Wajib Kamu Kunjungi
Desa wisata di Yogyakarta. © 2022 Merdeka.com

Merdeka.com – Desa wisata di Yogyakarta selalu menarik untuk dikunjungi. Ada banyak wisata di Jogja yang selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama saat hari libur. Tidak hanya memiliki banyak tempat yang indah dan menarik, beberapa desa wisata di Jogja juga terkenal murah.

Sebagai destinasi wisata, Jogja dikenal memiliki tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata edukasi. Karena itu, Kota Pelajar selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Artikel media taboola

Desa wisata di Jogja bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi liburan. Berikut sejumlah desa wisata di Jogja yang dilansir merdeka.com dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Desa Wisata Pundong

Desa wisata di Yogyakarta

© 2022 Merdeka.com

Desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi termasuk Desa Wisata Pundong. Desa ini merupakan salah satu sentra industri gerabah. Di desa ini, pengunjung dapat melihat dan membeli berbagai souvenir unik mulai dari vas bunga, asbak, tempat pensil, dan lain-lain.

Desa wisata di Jogja ini dikenal tidak hanya sebagai pusat kerajinan tangan tetapi juga memiliki berbagai kesenian tradisional yang masih lestari. Oleh karena itu, nantinya pengunjung dapat menikmati pertunjukan seni sambil mencari aksesoris yang unik.

desa wisata kalibiru

Desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Desa Wisata Kalibiru. Keindahan alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Tentunya keberhasilan dalam mengembangkan objek wisata yang satu ini tidak lepas dari peran yang dimainkan oleh warga sekitar.

Awalnya, wisata Kalibiru dibangun atas prakarsa warga sekitar yang menginginkan agar hutan tetap hijau, sejuk dan asri. Keinginan untuk memulihkan hutan yang dulu gersang dan gersang ternyata membawa berkah bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, wisata Kalibiru semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Desa Wisata Kalibiru terletak di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Tepatnya di Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk menuju Desa Wisata Kalibiru harus melalui jalan yang cukup berliku. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang kuat untuk mengaksesnya dengan mudah.

Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung terletak di Kacaan Patuk, Prefektur Gunungkidul. Tempat ini merupakan pusat pembuatan topeng kayu yang telah digunakan di seluruh dunia. Disini ada banyak jenis topeng dengan motif yang berbeda-beda, salah satunya pewarna dasi. Tidak hanya bisa melihat topeng-topeng yang unik, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan topeng kayu.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Desa Wisata Bobung, langsung saja ke Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Untuk menuju desa ini tidak terlalu sulit, selain karena lokasi jalan yang sudah beraspal juga dilintasi kendaraan umum.

3 dari 3 halaman

desa wisata tanjung

pencu joglo

©YouTube/BNPB DIY

Desa Wisata Tanjung merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur. Desa wisata di Jogja ini berjarak 5 km sebelah utara Monumen Kembali Jogja (Monjali). Pada titik ini, pengunjung dapat melihat rumah Joglo dan halamannya yang luas.

Bagi Anda yang berkunjung ke Jogja, ada baiknya Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi Desa Wisata Tanjung. Tidak hanya bisa melihat rumah Joglo yang unik dan antik, pengunjung nantinya juga bisa belajar tentang arsitekturnya yang bergaya antik.

Kampung Pendidikan Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung merupakan salah satu kampung wisata terbaru di Jogja yang menawarkan konsep edukasi. Terletak di sebelah utara Pantai Parangtritis, tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga nilai-nilai pendidikan yang diwujudkan dalam ritual dan sesajen sederhana.

Di objek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana yang terbuat dari bambu dan kayu, dibangun di antara pohon jati sebagai penyangga.
Desa Wisata Watu Lumbung juga menawarkan berbagai kelezatan kuliner khas Yogya yang akan membuat air liur Anda menetes. Oleh karena itu, tempat wisata di Bantul ini wajib dikunjungi.

Desa Wisata Tembi

Desa wisata di Jogja lainnya yang wajib dikunjungi adalah Desa Wisata Tembi. Desa wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat, baik nasional maupun internasional, setelah mendapatkan penghargaan Homestay Desa Wisata Terbaik se-ASEAN pada tahun 2016. Selain alamnya yang asri dan nyaman, desa ini juga dikenal sebagai “Rumah Budaya” karena memiliki banyak kegiatan budaya.

Di Desa Wisata Tembi terdapat berbagai macam kerajinan, seperti batik, lukisan, keramik, hingga kegiatan wisata gastronomi. Ada banyak kuliner tradisional yang enak seperti sagon, tempe, bancakan, wedang jamu dan jamu tradisional yang sehat.

Desa Wisata Kali Gajah Wong Wisata

Desa Wisata Kali Gajah Wong di Desa Giwangan Kecamatan Umbulharjo memiliki daya tarik yang banyak diminati kalangan anak-anak dan keluarga. Landmarknya yang terkenal adalah Bendung Lepen dan Dermaga Cinta Sungai Gajah Wong.

Lepenwehr merupakan saluran irigasi yang dipenuhi ikan, di sini bahkan anak-anak hingga orang dewasa dapat memberi makan ikan secara langsung. Selain itu, di sepanjang kawasan Bendungan Lepen terdapat banyak kuliner UMKM yang bisa menjadi pilihan pengunjung.

[jen]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button