7 Bisnis Unik Yang Menguntungkan Bagi Anda Yang Tinggal Di Desa Untuk Menanam Cuan - WisataHits
Yogyakarta

7 Bisnis Unik Yang Menguntungkan Bagi Anda Yang Tinggal Di Desa Untuk Menanam Cuan

URBANJABAR.COM – Apakah Anda ingin mengembangkan desa Anda dan masih mencari usaha yang unik di desa yang potensial? Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan contoh 7 bisnis unik yang akan membantu Anda memajukan desa tercinta dengan membuka lapangan pekerjaan.

Satu per satu, mari kita telusuri bisnis unik di desa yang potensial sekaligus menjanjikan. Siapa bilang Anda harus pergi jauh ke kota untuk sukses dalam bisnis? Kita semua masih bisa sukses berbisnis dari desa saja.

Jadi jika kamu penasaran apa saja 7 toko unik yang ada di desa ini, langsung saja simak artikel ini selengkapnya.

1. Membuka toko kelontong

Salah satu usaha yang unik di desa untuk dicoba adalah membuka toko kelontong yang memenuhi semua kebutuhan pokok masyarakat, kebutuhan pokok yang bisa dijual dalam bentuk sembako atau sembako.

Saat ini kita bisa melihat bahwa usaha yang bertahan adalah yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, terutama pangan.

Adanya toko kelontong di desa akan memudahkan masyarakat desa untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, sehingga masyarakat desa tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Agar lebih menarik bagi masyarakat desa, Anda bisa membuat promo-promo menarik. Seperti hadiah untuk pelanggan yang selalu setia membeli bahan pokok dari toko kelontong Anda.

2. Toko Camilan Anak Kontemporer

Hal yang unik dari desa adalah masih banyak anak-anak yang bermain bersama dan biasanya menikmati jajan, kebiasaan ini dapat menciptakan peluang bisnis di desa.

Uniknya, anak-anak ini menjadi konsumen setia ketika paham jajanan yang dibelinya enak.

Selain rasanya yang enak, kemasannya yang unik menjadi daya tarik anak-anak untuk jajan.

Ini bisa menjadi ide bisnis unik di desa, menciptakan warung jajanan anak kekinian. Tidak perlu jajanan yang aneh-aneh.

Anda juga bisa memodifikasi jajanan tradisional lalu membungkusnya dengan kemasan kekinian dan menarik.

3. Bisnis Deposito

Nah, bisnis titipan atau yang biasa dikenal dengan bisnis Jastipp. Semuanya mengamuk dan muncul seperti jamur.

Bisa dibilang bisnis jasa pengiriman produk ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Bisnis jasa pengiriman produk ini bekerja sedemikian rupa sehingga Anda memberikan informasi tentang produk luar kota yang ingin Anda layani.

Informasi dapat dibagikan melalui media sosial penjual, misalnya penjual membagikan bahwa mereka akan membuka layanan pengiriman produk di Yogyakarta dalam waktu seminggu.

Selama seminggu, penjual memberikan informasi tentang produk mana yang disajikan. Misalnya, penjual hanya menawarkan jasa pesan antar di Bakpia, Gudeg, Malioboro dan pakaian yang dijual di Matahari Malioboro.

Produk yang ditawarkan biasanya yang paling diminati dan menjadi ciri khas daerah titipan, kemudian pembeli memberitahu penjual produk mana yang ingin dibelinya.

Pembayaran dapat dilakukan di muka atau pada saat kedatangan barang sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Saat ada pesanan, penjual bisa langsung mengantar ke kota tujuan atau bekerja sama dengan teman yang tinggal di Yogyakarta untuk membeli pesanan pembeli.

Lalu dari mana penjual mendapat untung? Penjual diuntungkan dari harga layanan deposit per item. Misalnya, harga jasa titipan suatu barang adalah Rp 10.000.

Menentukan harga layanan deposit tidak memiliki skala tergantung pada keuntungan apa yang ingin Anda hasilkan.

Setelah pembelian, penjual menyerahkan produk yang dipesan dan dibeli kepada pembeli.

Bisnis ini sangat membantu dan berpotensi menghasilkan tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

4. Bisnis delivery order sayur, buah dan bahan dapur

Dengan teknologi yang berkembang pesat, masyarakat tidak perlu terlalu sering mengunjungi pasar. Ini bisa menjadi ide bisnis yang unik di desa.

Idenya adalah untuk membuka bisnis pengiriman untuk sayuran, buah segar, dan bahan-bahan dapur. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Cara kerjanya hampir mirip dengan produk pegadaian, bedanya kalau nanti barangnya dititipkan, barangnya bisa dibeli dari pembeli dengan cara dijemput di rumah pembeli atau sebaliknya.

Nah, jika itu adalah transaksi delivery order, maka penjual yang datang kepada pembeli pada saat pengiriman barang telah dipesan oleh pembeli.

5. Bisnis jasa sewa WiFi

Ide bisnis unik lainnya di desa lain adalah terkait internet, biasanya di desa ada pembatasan jaringan. Beberapa operator memiliki jangkauan internet yang menjangkau desa-desa.

Bahkan jika Anda memasuki desa, terkadang sinyal internet tidak cukup kuat. Ini bisa menjadi potensi bisnis di desa.

Yakni dengan membuka jasa rental WiFi, Anda bisa melakukannya dengan memasang WiFi di rumah atau di tempat-tempat potensial yang bisa dijangkau banyak rumah tangga.

Anda juga bisa membeli modem WiFi dan menyewakannya kepada yang membutuhkan.

6. Bisnis online dengan menjual produk desa

Misalnya, jika desa Anda memiliki keunikan tersendiri, ia memiliki oleh-oleh khas, makanan khas, atau kerajinan tangan lainnya.

Maka ini bisa menjadi ide bisnis yang mungkin bisa Anda jual melalui internet. baik melalui website atau berjualan melalui media sosial dan marketplace sendiri.

7. Usaha Desa Wisata dan Pasar Kuliner

Jika para pemuda aktif di desa tempat tinggal, manfaatkan kesempatan ini untuk mengeksplorasi keunikan desa dengan membuka desa wisata atau pasar kuliner.

Sehingga wisatawan terpikat ke desa tempat tinggal Anda.

Nah itulah 7 ide bisnis unik di desa. Sebelum memutuskan bisnis apa pun, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan keunggulan atau keunikan desa tempat Anda tinggal.

Catat juga kebiasaan masyarakat di sana dan cari tahu apa masalahnya serta harapan mereka setelah menilai peta potensi desa.

Lakukan riset pasar untuk menentukan bisnis mana yang paling cocok. Internet memudahkan berbisnis.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button