6 wisata sejarah dekat pusat kota bandung, ada museum dan monumen - WisataHits
Jawa Barat

6 wisata sejarah dekat pusat kota bandung, ada museum dan monumen

KOMPAS.com – Ada berbagai wisata yang bisa dilakukan di kota Bandung, Jawa Barat, antara lain wisata kuliner dan wisata alam.

Wisatawan juga bisa belajar tentang peristiwa sejarah dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata di dekat pusat kota Bandung. Titik yang menjadi patokan kali ini adalah Tugu Titik Nol Kilometer (0 KM) Bandung di Jalan Braga.

Baca juga:

Berikut ini adalah daftar tempat wisata yang dapat dijangkau dari pusat kota Bandung: Kompas.com dirangkum, Sabtu (9/1022):

Berbagai tempat wisata sejarah di dekat pusat kota Bandung

1. Monumen Titik Nol Kilometer Bandung

Ilustrasi Tugu Nol Kilometer (0 KM) Bandung di Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat.  Monumen ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di dekat pusat kota Bandung.Dermaga. Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Ilustrasi Tugu Nol Kilometer Bandung (0 km) di Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Monumen ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di dekat pusat kota Bandung.

Monumen Titik Nol (0KM) Bandung terletak di Jalan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Tugu yang sering dijadikan background foto Instagramable Letaknya di depan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.

Dikutip dari situs dbmtr.jabarprov.go.iddi monumen ini Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu, HM Daendels, menancapkan tongkatnya dan berkata: “Cobalah, ketika saya kembali, sebuah kota dibangun di tempat ini.”

Momen ini juga terkait dengan lahirnya kota Bandung.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Pusat Kota Bandung, Banyak Spot Berburu Foto

2. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika.SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH Museum Konferensi Asia Afrika.

Museum Konferensi Asia Afrika atau Museum KAA tidak jauh dari pusat kota Bandung, yaitu 220 meter dan berjalan kaki sekitar tiga menit. Alamatnya Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung

Sesuai dengan namanya, museum ini didirikan untuk memperingati Konferensi Asia-Afrika yang menginspirasi bangsa-bangsa di benua Asia dan Afrika. Dilaporkan oleh Kompas.comPada Kamis (31/3/2022), wisatawan dapat melihat koleksi terkait konferensi tersebut, termasuk foto dan diorama.

Wisatawan perlu melakukan reservasi dan menentukan waktu kunjungan secara langsung on line Pertama. Jam berkunjung adalah pukul 09.00-10.00 WIB, 11.00-12.00 WIB, 13.00-14.00 WIB dan 15.00-16.00 WIB.

Museum tutup setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan hari libur nasional.

Baca Juga: 9 Museum Di Bandung Untuk Ngabuburit, Bisa Sambil Belajar Sejarah

3. Gedung negara

Ilustrasi Gedung Sate di Kota Bandung, Jawa Barat.  Bangunan ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di dekat pusat kota Bandung.Dermaga. Wikimedia Commons/I, Anton Leddin Ilustrasi Gedung Sate di kota Bandung, Jawa Barat. Bangunan ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di dekat pusat kota Bandung.

Gedung Sate dibangun pada 27 Juli 1920, sehingga usianya sudah lebih dari satu abad. Alamatnya Jalan Diponegoro No. 22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Dari pusat kota Bandung, wisatawan dapat berkendara sekitar 15 menit hingga 3,6 kilometer.

Gedung yang sekarang menjadi Kantor Pemerintah Jawa Barat ini dulunya memiliki banyak fungsi Kompas.comSenin (27/7/2020).

Antara lain sebagai Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan pada zaman Hindia Belanda dan Pusat Pemerintahan (Shucho) untuk wilayah Jawa Barat pada masa pendudukan Jepang.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Api Bandung, Anda Bisa Wisata di Braga

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button