6 Tempat Wisata Memperingati Hari Pahlawan 10 November - WisataHits
Jawa Timur

6 Tempat Wisata Memperingati Hari Pahlawan 10 November

KOMPAS.com – Hari Pahlawan diperingati di Indonesia setiap tanggal 10 November. Tahun ini, Hari Pahlawan jatuh pada Kamis (10/11/2022).

Selain bertukar sapa melalui pesan singkat, masyarakat juga dapat mengunjungi beberapa lokasi untuk menyaksikan pertarungan para pahlawan.

Baca juga:

Berikut enam tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi sehubungan dengan Hari Pahlawan:

Tempat wisata memperingati sejarah Hari Pahlawan

1. Monumen Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya Monumen Pahlawan Commons Wikimedia Surabaya

Tugu yang terletak di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur ini merupakan salah satu ikon kota Surabaya.

dilaporkan Kompas.com Pada Selasa (8/11/2022) tugu ini didirikan untuk memperingati peristiwa Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November Hari Merah?

Tugu peringatan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk mulai dari Rp 5.000 per orang.

2. Monumen Kembalinya Jogja

Tempat wisata tersebut bernama Tugu Kembali Jogja atau Monjali di Yogyakarta (). Tempat wisata tersebut bernama Tugu Kembali Jogja atau Monjali di Yogyakarta ().

Selanjutnya ada Monumen Kembalinya Jogja yang terletak di Dusun Jongkang, Desa Sarihardjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Monumen ini didirikan untuk memperingati kembalinya kota Yogyakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia yang pernah ditaklukkan oleh penjajah Belanda. Kompas.com pada Sabtu (10/822).

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November Hari Merah?

Pengunjung dapat belajar tentang sejarah kembalinya Yogyakarta ke tangan pemerintah Indonesia. Monumen ini juga menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan perjuangan Indonesia melawan penjajah.

Tugu peringatan ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Harga tiket masuk mulai dari Rp 15.000.

3. Monumen Jenderal Sudirman

Patung Jenderal Sudirman ini tingginya kurang lebih 8 meter di Tugu Jenderal Sudirman, Pacitan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Patung Jenderal Sudirman setinggi sekitar 8 meter berada di Monumen Jenderal Sudirman, Pacitan.

Tugu Jenderal Sudirman terletak di Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Tugu peringatan itu didirikan di Desa Pakis pada Selasa (17/8/2021) karena desa tersebut pernah dijadikan markas Jenderal Soedirman dan pasukannya sejak 1 hingga 7 Juli 1949.

Baca Juga: Monumen Jenderal Sudirman di Pacitan, Saksi Bisu Kemerdekaan Indonesia

Di dalam monumen ini terdapat patung Jenderal Soedirman yang tingginya sekitar delapan meter. Pada sisi bangunan terdapat relief tembaga yang menggambarkan kehidupan Jenderal Soedirman.

Harga tiket masuk mulai dari Rp 5.000 per orang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button