6 Tempat Wisata di Jogja yang Populer untuk Menikmati Kedahsyatan Gunung Merapi - WisataHits
Yogyakarta

6 Tempat Wisata di Jogja yang Populer untuk Menikmati Kedahsyatan Gunung Merapi

Yogyakarta

Berwisata ke Jogja tidak hanya mengarah ke Keraton dan Malioboro saja, tetapi Anda juga bisa menikmati keindahan alam Gunung Merapi untuk berwisata ke kota Gudeg ini. Berikut 6 tempat wisata paling populer yang cocok bagi anda yang ingin berwisata Gunung Merapi di Jogja.

Dilihat dari Jogja, Gunung Merapi terletak di bagian utara Jogja. Biasanya kawasan utara Jogja yang identik dengan Merapi adalah Kaliurang, Cangkringan, Turi dan lain sebagainya. Di sana wisatawan dimanjakan dengan pemandangan sudut-sudut terindah Gunung Merapi.

Untuk menikmati keindahan Gunung Merapi, disarankan untuk mengunjungi tempat ini di pagi hari. Menikmati udara segar dan pemandangan Gunung Merapi yang jernih akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Beberapa tempat wisata di utara Jogja berikut ini akan memanjakan pengunjung dengan kegagahan Gunung Merapi dan spot foto cantik dengan latar belakang Gunung Merapi. Di suatu tempat? Simak daftar tempat di bawah ini.

1. Bukit Klangon

Bukit Klangon dikutip dari laman Visiting Jogja merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi. Bukit ini terletak di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Untuk menikmati pesona Gunung Merapi, tempat wisata ini menawarkan beberapa gardu pandang yang tinggi. Di gardu pandang ini, wisatawan biasanya berfoto dengan latar Gunung Merapi.

Di Klangon Hill, wisatawan juga bisa merasakan pengalaman ekstrim seperti bersepeda menuruni bukit. Jalur sepeda di Bukit Klangon dianggap sebagai jalur terbaik di Jogja. Selain itu, ada juga fasilitas arena camping. Dengan adanya arena camping ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Merapi lebih lama.

Untuk mengunjungi Bukit Klangon, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Sedangkan bagi yang ingin berkemah cukup membayar biaya kebersihan sebesar Rp 10.000.

Fasilitas di Bukit Klangon cukup lengkap seperti kamar mandi, mushola, paviliun dan warung makan. Jam operasional Bukit Klangon adalah setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

2.Nawang Jagad

Salah satu tempat terbaik lainnya untuk menikmati keindahan Gunung Merapi adalah Nawang Jagad. Tempat wisata ini terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman tepatnya, sebelah barat Museum Ullen Sentalu.

Nawang Jagad bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Salah satu daya tarik tempat wisata yang satu ini adalah keberadaannya tempat tidur gantung atau tempat tidur gantung dengan pemandangan Gunung Merapi. Juga tersedia karung kacang yang nyaman dan bisa digunakan untuk duduk santai sambil menyeruput kopi disana.

Di sini juga terdapat bumi perkemahan bagi yang ingin menikmati keindahan Gunung Merapi lebih lama lagi.

Biaya masuknya relatif murah, pengunjung cukup membayar Rp 10.000 saja kupon gratis Minuman itu bisa ditukarkan di kantin sana.

3. Taman Alam Tankaman

Mirip dengan Nawang Jagad, Taman Wisata Alam Tankaman terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Tempat wisata ini biasanya ramai dikunjungi para pesepeda yang ingin menikmati segarnya udara dingin di lereng Gunung Merapi.

Terlihat detikJateng Menurut laman Instagram resmi @tankaman.kaliurang, lokasi Tankamanini berjarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Ada juga warung bernama Pawon Ngalas Tankaman yang menjual minuman panas dan gorengan.

Jam operasional Tankaman adalah pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan buka setiap hari Rabu hingga Senin. Saat ini tidak ada biaya untuk memasuki Tankaman. Namun jika wisatawan ingin berkemah di Tankaman dikenakan biaya Rp 25.000.

4. Teras Merapi

Teras Merapi terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Teras Merapi bisa menjadi destinasi liburan baru sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi bersama keluarga atau teman.

Berbagai kegiatan seperti berenang, berkemah, kenaikan, Bersepeda atau sekedar nongkrong dan ngobrol dengan teman sambil minum kopi.

Jam operasional Teras Merapi adalah Senin hingga Kamis mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB. Sementara pada akhir pekan dibuka mulai pukul 07.30 hingga 18.00 WIB. Tiket masuk Merapi Terrace seharga Rp 10.000 untuk dewasa, Rp 5.000 untuk anak-anak dan hanya Rp 15.000 untuk biaya camping.

Selengkapnya di halaman berikutnya….

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button