6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaik - WisataHits
Yogyakarta

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaik

Kegagahan Gunung Merapi sudah terkenal di seluruh Indonesia. Dikenal sebagai salah satu gunung teraktif, keindahannya ternyata juga diakui secara luas.

Tidak sulit ditemukan Pekerjaan Lihat Gunung Merapi terbaik di Jogja seperti pada 6 tempat wisata alam berikut ini. cocok untuk obat dan temukan kedamaian!

1. Taman Alam Tankaman

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi TerbaikTaman Alam Tankaman (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan tempat baru untuk menikmati alam Kaliurang. Berjarak kurang lebih 800 meter dari Monumen Udang, Kaliurang, situs ini bisa dibilang sebagai permata tersembunyi di ujung timur Kaliurang dan berada di sekitar Hutan Kemasyarakatan Kaliurang.

Jika ingin melihat Gunung Merapi di Taman Wisata Alam Tankaman, sebaiknya datanglah pada pagi hari dan saat cuaca cerah. Saat ini Anda bisa melihat keindahan Merapi beserta dua bukitnya yaitu Bukit Plawangan dan Bukit Kendil. Ini juga merupakan perhentian yang bagus untuk pengendara sepeda!

alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Bunker Kaliadem

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi TerbaikBunker Kaliadem (instagram.com/chssina)

Sebagai saksi bisu dahsyatnya muntahan Gunung Merapi, bunker Kaliadem memang meninggalkan jejaknya. legenda urban yang menyebabkan merinding. Meski begitu, keindahan Merapi dilihat dari spot yang satu ini tidak bisa dipungkiri.

Berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melihat langsung Gunung Merapi dari jarak minimal 5 km. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kegiatan seru berupa Tur jip adrenalin.

alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Bunker Kaliadem Merapi: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Plunjon Kalikuning

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaikplunyon kalikuning (instagram.com/sayyidatunnisa98)

Sebelum naik daun karena menjadi salah satu lokasi syuting hits KKN di Kampung Penari, Plunyon Kalikuning terkenal dengan keindahannya sebagai jalur sepeda dan melihat gagahnya Gunung Merapi. Pemandangan alam yang selalu hijau membuat suasana di sini cukup tenteram, apalagi jika Anda datang pada pagi hari dan masih ada kabut di atasnya.

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 12.000 per orang. Jarak dari kota juga tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 25 km atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

alamat: Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kapanewom Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

4.Nawang Jagad

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi TerbaikNawang Jagad (instagram.com/idanorman75)

Nawang Jagad adalah salah satu bumi perkemahan di Jogja yang menghadap Gunung Merapi. Dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 50 menit atau jarak 25 km, jauh bukan?

Fasilitasnya lumayan lengkap mulai dari toilet bersih, mushola dan tempat parkir yang luas. Tidak hanya camping, Anda juga bisa bermain wahana ATV, jeep, dan trail. Biaya tiket masuk jika tidak ingin menginap adalah Rp 10.000 namun jika ingin berkemah mulai dari Rp 25.000 per orang.

alamat: Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Misteri Bunker “Menangis” Kaliadem di Gunung Merapi

5. Bukit Klangon

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi TerbaikBukit Klangon (instagram.com/mala_sary23)

Bukit Klangon, juga dikenal sebagai Bukit Indah Glagaharjo, berada 1.100 meter di atas permukaan laut. Jangan heran jika pemandangan Gunung Merapi begitu jelas dari tempat wisata ini, karena jaraknya hanya 4 km. Namun, jika ingin memotret lebih jelas, Anda bisa menaiki beberapa titik pandang.
Alih-alih sekadar berfoto, Anda bisa mencoba aktivitas lain seperti trekking dan downhill biking. Apakah Anda suka berkemah? Nah, Bukit Klangonan juga menawarkan tempat perkemahan yang bisa disewa oleh siapa saja, termasuk kamu!
alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Kopi Merapi

6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi TerbaikKopi Merapi (instagram.com/oktvnindita_)

Apakah tempat wisata sebelumnya banyak bentuknya tempat perkemahan, berbeda dengan Kopi Merapi yang tak lebih dari kedai kopi di kaki Gunung Merapi. Tempatnya sederhana tapi selalu ramai dikunjungi turis yang mencarinya hangat untuk makan di tengah sejuknya suasana Kaliurang.

Kopi yang disajikan merupakan hasil dari petani kopi lokal lho. Rasanya yang kental, cocok bagi Anda yang menyukai kopi hitam. Selain kopi, ada juga jajanan berupa kacang rebus dan aneka gorengan sebagai teman bersantai di luar ruangan.

alamat: Kepuharjo, Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Di tengah padatnya Jogja dengan kendaraan dan gedung-gedung tinggi, akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda untuk sejenak menyingkir dari wisata alam. obat berbeda dan lebih santai. Apalagi melihat langsung Gunung Merapi, ah, kapan lagi bisa begitu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Dekat Plunyon Kalikuning, Sleman yang Sedang Viral

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button