6 tempat terbaik untuk melihat ombak di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

6 tempat terbaik untuk melihat ombak di Gunungkidul

Ada begitu banyak pantai di Gunungkidul, daerah istimewa Yogyakarta. Namun, di antara sekian banyak pantai tersebut terdapat beberapa tempat terbaik untuk melihat ombak dari ketinggian.

Tak hanya ombak, dari tempat ini pengunjung disuguhi lukisan dengan panorama alam yang mempesona dan sunset yang indah lho. Dimana itu? Berikut lima destinasi populer untuk melihat ombak di Gunungkidul!

1. Bukit paralayang Watu Gupit

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya BerbedaBukit Paralayang Watugupit (instageam.com/gulu_girapah)

Tempat paling populer di kalangan wisatawan untuk mencari pemandangan pantai yang indah dan romantis adalah Bukit Paralayang Watugupit. Bukit ini berada tepat di arah Pantai Parangtritis, sehingga Anda bisa melihat deburan ombak dan panorama alam yang luar biasa tanpa terhalang saat berada di sini.

Bukit Paralayang selalu ramai terutama di sore hari, dengan banyaknya pemburu senja yang setia menunggu sunset untuk mengikuti kontes.

lokasi: Watugupit, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul.

2. Pantai Kesirat

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya BerbedaPantai Kesirat (instagram.com/nrlfebry2)

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Kesirat/Tanjung Kesirat sama sekali tidak memiliki wilayah berpasir. Artinya ombak pantai langsung menghantam dinding karang yang mengelilingi pantai ini. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mengabadikan indahnya panorama pantai di kawasan Girikarto ini. Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya satu pohon yang terletak di pinggir tebing. Pohon ini merupakan objek foto yang menarik, terutama saat matahari terbenam.

Selain sebagai tempat wisata, di sini juga dijadikan tempat memancing batu dari pemancing. Bukan hanya pemancing dari Yogyakarta, tapi juga dari luar daerah.

lokasi: Girikarto, Panggang, Gunungkidul

3. Pantai Widodaren

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya BerbedaPantai Widodaren (instagram.com/ganyadisurya)

Pantai Widodaren merupakan pantai di Gunungkidul yang masih asri karena belum tersentuh pembangunan. Kawasan pantai ini terdiri dari pasir putih, tebing dengan rerumputan hijau di atasnya dan rimbunnya pepohonan di tepi pantai.

Pantai Widodaren sering menjadi tempatnya Berkemah, karena suasananya masih tenang. Ditambah lagi dengan pemandangan ombak laut yang cukup tenang dan semilir angin yang sepoi-sepoi. Tak heran banyak yang betah di sini untuk mengabadikan pemandangan alam Pantai Widodaren atau menunggu matahari terbenam.

lokasi: Kanigoro, Saptosari, Gunung-Kidul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket dan Tips

4. Bukit Karang Pantai Indrayanti

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya BerbedaKarang Hills (instagram.com/dianpradita77)

Coral Hills merupakan tebing tinggi yang memisahkan Pantai Indrayanti dengan pantai-pantai lain di kawasan Gunungkidul. Untuk naik ke atas bukit, dibuatkan jalan setapak untuk memudahkan wisatawan mendaki.

Selain itu, Anda bisa melihat pantai dari atas, Anda bisa duduk di gazebo dan beristirahat. Banyak juga spot foto menarik yang diambil pengelola untuk menambah daya tarik bukit kecil ini. Mengunjungi gundukan karang menjadi alternatif aktivitas lain yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Indrayanti.

lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul

5. Pantai Wediombo

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya BerbedaPantai Wedi Ombo (instagram.com/bayupanjifirmansyah)

Pantai Wediombo tidak hanya memiliki pasir laut yang putih, tetapi juga terumbu karang dan laguna yang indah. The Lagoon merupakan kolam air laut yang diapit bebatuan dan berada tidak jauh dari pantai. Banyaknya bebatuan di Pantai Wediombo bukanlah suatu kebetulan, karena tempat ini dulunya merupakan kawasan vulkanik purba.

Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang eksotis dan indah karena keunikannya. Selain itu, banyaknya bebatuan di Pantai Wediombo membawa berkah tersendiri bagi para pecinta memancing batu yang sering menangkap ikan disini.

lokasi: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul

6. Pantai Kukup

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya BerbedaPantai Kukup (instagram.com/mawarins)

Pantai Kukup sering disebut mirip dengan Tanah Lot di Bali lho. Karena di tengah laut terdapat bukit kecil yang di atasnya berdiri gazebo atau gubuk. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati jembatan panjang berwarna biru. Spot ini sering digunakan pengunjung untuk berfoto dan berhenti sejenak untuk merenungkan pemandangan alam Pantai Kukup yang mempesona.

Selain objek wisata tersebut, Pantai Kukup juga memiliki pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup menyenangkan untuk dijadikan tujuan liburan.

  • Lokasi: Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul

Karena memiliki elevasi yang cukup tinggi dibanding daratan lainnya, lokasi ini menjadi spot terbaik untuk berburu pemandangan laut khas pantai selatan Yogyakarta. Dari tempat-tempat di atas, mana yang sudah kamu kunjungi?

Baca Juga: 7 Pantai Dengan Spot Mancing Terbaik di Gunungkidul, Hidden Gems!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button