6 Pesona Wisata Laut di Probolinggo Ini pilihan tepat untuk berlibur di awal tahun - WisataHits
Jawa Tengah

6 Pesona Wisata Laut di Probolinggo Ini pilihan tepat untuk berlibur di awal tahun

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur tidak hanya memiliki pesona Gunung Bromo yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Di balik keindahan gunung tersebut juga tersembunyi sejumlah wisata bahari yang menawarkan pesona epik dengan berbagai manfaat. Ada 6 destinasi wisata yang direkomendasikan wisatawan untuk mengisi liburan di awal tahun.

Padahal, tidak hanya 6 destinasi wisata pantai yang berada di pesisir Probolinggo. Dari sekian pantai yang ada, TIMES Indonesia mencoba merekomendasikan 6 pantai paling epic yang masih hits hingga saat ini. Keenam destinasi ini memiliki panorama dan manfaat yang berbeda.

1. Pantai Bahak

Pantai ini terletak di wilayah paling barat Kabupaten Probolinggo. Lebih tepatnya di Desa Curah Dringu, Kecamatan Tonga. Jarak menuju tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari jalur pantura surabaya-banyuwangi. Bahkan akses jalan tersebut dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Serta disiapkan tempat parkir yang luas untuk wisatawan.

Wisata-Bahari-di-Probolinggo-2.jpgPemandangan Pantai Bahak di Distrik Tonga. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Di dalam kawasan wisata, wisatawan langsung disambut dengan pemandangan indah hutan pinus udang di sisi barat pantai. Jika Anda mengalihkan pandangan ke arah timur, Anda akan melihat sejumlah warung yang menawarkan aneka kuliner.

Selain itu, juga terdapat anjungan panjang yang membelah bibir pantai sepanjang 100 meter. Nah, di sisi timur paviliun terdapat tiga menara pengintai yang juga terbuat dari kayu yang kokoh. Pengunjung dapat menaiki menara untuk melihat pantai dari atas.

2. Pantai Bentar

Siapa yang tidak tahu wisata yang satu ini. Selain lokasinya tepat di jalur pantura. Wisata ini juga melewati bukit yang tinggi, yang dilintasi jalan penuh makna. Lintasannya yang berliku mengingatkan banyak anak muda akan hal ini.

Pantai Bentar yang terletak di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo ini sudah banyak berubah wajah. Fasilitas yang ada semakin lama semakin baik. Paviliun atau jembatan kayu yang mencapai pantai telah diperbaiki. Membuat pemandangan alam lebih menarik.

Jika bosan di pinggir pantai, pengunjung bisa pergi ke bukit tinggi di samping pantai. Disana para pengunjung dapat melihat luasnya lautan dan panorama alam yang cukup menakjubkan. Wisata laut yang satu ini bisa menjadi referensi liburan keluarga.

3. Pantai Klasik

Classic Beach atau yang dikenal dengan nama Tanah Lot Proboliggo merupakan destinasi wisata baru. Tur ini baru diresmikan pada Juli 2022. Selain anjungan atau jembatan kayu yang cukup panjang, wisata ini memiliki kelebihan berupa view yang menarik.

Pemandangan itu bisa dilihat dari sebuah batu besar di tengah laut. Di piramida dr batu kasar ada semak dan bakau. Dilihat dari jauh sepertinya pulau kecil tidak seperti Tanah Lot Bali.

Pantai yang terletak di Desa Klaseman, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo ini sangat diminati pengunjung. Lokasinya juga berjarak 1 kilometer dari jalan pantura. Sangat cocok untuk liburan keluarga sambil berfoto selfie.

4. Pantai Duta

Jika Anda mencari pantai yang menawarkan pemandangan epik dan juga memiliki ombak yang tenang. Jawabannya adalah Pantai Duta. Ombaknya yang tenang memungkinkan pengunjung untuk bermain di pantai bersama teman dan keluarga.

Selain ombak yang tenang, pantai di Desa Randutatah Kecamatan Paiton ini memiliki suaka bakau dan hutan pinus. Pengunjung bisa berswafoto di bawah rindangnya hutan yang menghadap ke pantai. Bila bosan, pengunjung bisa berjalan-jalan melintasi jembatan kayu yang mengelilingi Mangoreve Conservation.

Pantai ini berjarak 2 kilometer dari jalur pantura. Akses jalan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat parkir cukup luas.

5. Pantai Bohay

Wisata bahari ini terletak di ujung timur Kabupaten Probolinggo. Terletak di sebelah barat PLTU Obyek Vital Nasional. Wisata yang terletak 100 meter dari jalur pantura ini menawarkan panorama pantai yang dihiasi bangunan PLTU. Di malam hari, kelap-kelip lampu PLTU membuat suasana malam semakin sempurna.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner seafood yang disediakan di dalam tour. Lokasinya yang berada di dekat pantai membuat rasa kulinernya semakin nikmat. Ada banyak menu spesial yang digemari setiap kunjungan dan diidam-idamkan pengunjung.

6. Pantai Gili Ketapang

Pantai ini terletak di sebuah pulau kecil di sisi utara padang rumput Kabupaten Probolinggo. Secara administratif, wilayah pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Dibutuhkan 30 menit untuk menyeberang laut dengan perahu dari Pelabuhan Mayangan.

Pariwisata-Bahari-di-Probolinggo-3.jpgPemandangan bawah laut Pantai Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Tentunya saat anda berkunjung ke tempat wisata ini, banyak hal yang bisa anda lakukan. Mulai dari menikmati keindahan pantai hingga berenang di pantai. Namun dari sekian banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, aktivitas utama wisatawan adalah snorkeling. Selain itu, Gili Ketapang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Berbagai spesies ikan tampak berenang dengan malas dan dikenal para perenang snorkel.

Inilah 6 destinasi wisata bahari yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi musim liburan di awal tahun, menurut TIMES Indonesia. Selain itu, masih banyak wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik, antara lain Air Terjun Bidadari, Air Terjun Guyangan, Seruni Point, Gunung Bromo dan masih banyak wisata lainnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button