6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemar - WisataHits
Yogyakarta

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemar

Bagi sebagian orang, konser menjadi agenda tahunan atau bahkan bulanan yang sayang untuk dilewatkan. Karena konser bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melepas penat dan meluapkan segala emosi lewat nyanyian.

Di Indonesia, konser musik sangat diminati masyarakat, terutama di kalangan anak muda. Maka tak heran jika konser musik selalu dipenuhi penonton, terutama saat penyanyinya sedang naik daun.

Bagi penikmat konser musik khususnya musik jazz Indonesia, ada beberapa konser musik tahunan di berbagai daerah yang wajib Anda hadiri. Biasanya konser ini diadakan di luar ruangan agar penonton bisa bernyanyi dan bergerak lebih leluasa.

Berikut enam konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat. Ayo!

Festival Jazz Prambanan Pertama

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemarIlustrasi jazz Prambanan. (IDNTimes/Kartika Suci)

Setelah dua tahun offline, salah satu konser musik yang paling dinanti masyarakat, yakni Prambanan Jazz Festival, kembali hadir pada 2022. Prambanan Jazz Festival merupakan konser musik tahunan yang diadakan di pelataran Candi Prambanan. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prambanan Jazz Festival tahun ini mengangkat tema “Sewindu Merayakan Rindu” yang merupakan simbol kerinduan masyarakat terhadap acara ini. Selama masa pandemi COVID-19, Prambanan Jazz Festival hanya bisa dinikmati secara online.

Namun karena kondisi sudah membaik, Prambanan Jazz Festival kembali offline tahun ini. Prambanan Jazz Festival pertama berlangsung pada tahun 2015. Pada tahun 2022, Prambanan Jazz Festival akan digelar selama tiga hari dari tanggal 1 hingga 3 Juli.

Beberapa artis ternama seperti Tulus, Andien, Ardhito Pramono, Maliq & D’Essentials, Kahitna, Pamungkas dan lainnya turut memeriahkan acara ini. Penonton yang hadir dapat menikmati alunan musik dengan pemandangan indah Candi Prambanan.

2. Ngayogjazz

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemarPenampilan musisi di Ngayogjazz 2021. (Dok. Ngayogjazz)

Selain Prambanan Jazz, Jogja juga memiliki festival jazz bernama Ngayogjazz yang telah dirintis sejak 2007. Berangkat dari Mben Senen Jazz yang biasa digelar di Bagong Kussudiardja Art Padepokan, festival folk-jazz ini kini menjadi program rutin tahunan yang menampilkan musisi lokal dan asing.

Uniknya Ngayogjazz adalah lokasi pertunjukannya, yang berlangsung di desa wisata. Sehingga konser ini tidak hanya dapat dinikmati oleh semua kalangan, tetapi juga berkontribusi pada revitalisasi ekonomi lokal.

Pada tahun 2022 Ngayogjazz dijadwalkan berlangsung pada 19 November, namun hingga artikel ini ditulis belum ada informasi resmi di mana konser ini akan berlangsung atau musisi mana yang akan tampil.

Baca juga: [FOTO] Kemeriahan pembukaan FKY 2022 menampilkan tarian kolosal

3. Jazz di atas awan

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemarJazz di atas awan (dokumentasi pribadi/FadhilaLuqyana)

Jazz Atas Awan merupakan bagian dari rangkaian acara Dieng Culture Festival. Setelah digelar secara online selama dua tahun akibat pandemi, Dieng Culture Festival kembali digelar pada 2022 untuk menyambut masyarakat secara langsung.

Salah satu rangkaian acara yang ditunggu-tunggu banyak orang di acara ini adalah Jazz Atas Awan. Keunikan acara ini adalah penonton akan merasakan konser dengan suhu udara malam Dieng yang sangat dingin.

Penonton yang hadir tak lupa mempersiapkan diri dengan berbagai perlengkapan untuk menghangatkan tubuh, seperti selendang, topi helm, jaket tebal, kaos kaki, celana panjang bahkan selimut.

Oleh karena itu, para penonton disarankan untuk mempersiapkan diri dengan pakaian hangat sebelum menghadiri konser agar tidak membeku selama konser.

Jazz Atas Awan Night Session berlangsung pada tanggal 2 dan 3 September 2022 selama dua hari. Acara ini juga dihadiri oleh musisi papan atas seperti Marcel, Andien, Budi Doremi, Souljah, Deni Caknan dan musisi lainnya.

4. Jazz gunung

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemarJazzberg (istagram.com/zainulamin88)

Bagi yang ingin mencoba suasana baru sambil menonton konser, acara Jazz Gunung bisa menjadi solusinya. Mountain jazz adalah pertunjukan musik dengan nuansa alam terbuka di pegunungan Indonesia.

Penonton dapat menikmati ketenangan alunan musik bersama dengan keindahan alam Indonesia. Jazz Gunung pertama kali dimulai di Gunung Bromo pada tahun 2009 dan Gunung Ijen pada tahun 2016.

Tahun 2022, Jazz Gunung akan digelar pada 22-23 Juli 2022 di Jiwa Jawa Resort Amphitheatre di Bromo.

Penonton dapat menikmati gemerlapnya malam dengan menyanyikan lagu-lagu dari musisi keren Indonesia seperti Andien, Achmad Albar & Ian Antono, Ring Of Fire Project, Pusakata dan lain-lain.

Baca Juga: Prambanan Jazz 2022 Dimulai, Ada Fariz RM Untuk Ndarboy Genk

Java Jazz Festival ke-5

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemarJava Jazz (instagram.com/javajazzfest)

Pencinta musik khususnya pemburu konser pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Java Jazz Festival. Java Jazz Festival adalah salah satu festival jazz tahunan terbesar di dunia.

Java Jazz Festival yang pertama kali diadakan pada tahun 2005 mampu meninggalkan kesan dan kenangan yang baik bagi penontonnya. Selain musisi keren Indonesia, Java Jazz Festival kerap mengundang musisi internasional.

Java Jazz Festival yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran merupakan salah satu konser musik yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2022, Java Jazz Festival kembali offline, sempat vakum selama dua tahun. Java Jazz Festival yang berlangsung 27-29 Mei 2022 juga mengundang musisi papan atas nasional dan internasional seperti PJ Morton, Jojo, Adhitia Sofyan, Afgan, Ahmad Dhani, Andien, Andmesh, Arsy Widianto, Tiara andini dan masih banyak lagi. .

6. Loenpia jazz

6 konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh para penggemarLoenpia Jazz (instagram.com/somy.abdilah)

Loenpia Jazz yang pertama kali digelar pada 2012 lalu, kembali menyambut publik setelah rehat beberapa tahun akibat pandemi.

Loenpia Jazz adalah pertunjukan musik tahunan yang diadakan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Tahun ini, Loenpia Jazz akan berlangsung pada 13 Agustus 2022 dengan tema “Jazz Ataoe Mati”.

Musisi dari daerah dan ibu kota juga diundang dalam acara ini, antara lain Mocca, Hendra Kumbara, Mandoors, Vira Talisa dan masih banyak lagi. Loenpia Jazz 2022 akan digelar di Lanud Ahmad Yani, Jalan Puad Ahmad Yani, Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah.

Tentunya acara musik ini dapat memuaskan kerinduan para penonton khususnya di kota Semarang setelah rehat beberapa tahun.

Inilah lima konser jazz tahunan di Indonesia yang selalu ditunggu oleh penonton. Saat situasi sudah mulai membaik, berbagai acara dan kegiatan di luar ruangan, seperti B. Konser musik, kembali dinikmati masyarakat.

Baca Juga: Jadwal Tour 8 September di Jogja, Jangan Ketinggalan!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button