6 Kegiatan di Makam Bung Karno : Tiket Masuk, Atraksi, Wisata Sejarah - WisataHits
wisatahits

6 Kegiatan di Makam Bung Karno : Tiket Masuk, Atraksi, Wisata Sejarah

6 Kegiatan di Makam Bung Karno : Tiket Masuk, Atraksi, Wisata Sejarah

Makam Bung Karno – Ir.Sukarno. Siapa yang tidak pernah mendengar nama ini. Presiden pertama Republik Indonesia tidak pernah dilupakan. jasanya akan tetap terukir selamanya dalam ingatan kita. Keteguhannya dalam menghadapi penjajah benar-benar menginspirasi banyak orang.

Bahkan nama Bapak Proklamator juga diabadikan sebagai sebuah jalan di Belanda. Di Indonesia juga terdapat tempat yang mengabadikan sisa-sisa perjuangan Soekarno yaitu kota Blitar.

Bapak Soekarno yang meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 dimakamkan di Kota Blitar, Jawa Timur. Karena kharismanya yang masih dikenang, banyak orang yang ramai mengunjungi makamnya.

Maka dari itu tidak heran jika kawasan pemakaman Bung Karno Blitar tidak pernah sepi pengunjung dan selalu menjadi andalan kota Blitar. Bagi Anda yang tinggal di luar kota Blitar, tidak akan menyesal mengunjunginya. Karena selain berziarah, banyak yang bisa dilakukan di kawasan makam Bung Karno di Blitar. Apakah mereka? Baca artikel ini sampai akhir ya?

Kawasan wisata makam Bung Karno (sumber indonesiakaya.com)Kawasan wisata makam Bung Karno (sumber indonesiakaya.com)

Lokasi makam Bung Karno di Blitar

Lokasi makam Bung Karno di Blitar sangat mudah ditemukan. Karena lokasinya bisa dibilang strategis. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari pusat kota.

Makam Bung Karno terletak di sebelah utara kota Blitar di kawasan Bendogerit, kecamatan Sananwetan. Jika masih belum menemukan lokasinya, silahkan bertanya kepada penduduk setempat. Mereka dengan senang hati akan mengarahkan Anda ke arah yang benar menuju kawasan makam Bung Karno Blitar.

Lihat juga: 47 tempat wisata di Blitar

Biaya masuk

Bisa masuk ke kawasan wisata makam Bung Karno Blitar ini sangat murah. Anda cukup membayar Rp 3.000 saja per orang.

Untuk biaya parkir dikenakan tarif Rp 15.000 untuk bus atau kendaraan wisata. Dan Rp 10.000 untuk biaya parkir kendaraan jenis mobil. Anda tidak perlu takut kebingungan mencari tempat parkir. Karena tempat parkir makam cukup luas dan aman.

Kunjungi juga: Obyek wisata Pantai Serang Blitar

Hal menarik di makam Bung Karno di Blitar

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di makam salah satu orang paling berpengaruh di dunia ini. Anda tidak akan menyesal mengunjunginya.

1. Wisata religi untuk semua

Astono Mulyo, tempat makam Bung Karno berada.  (Foto: LIcom Creative)Astono Mulyo, tempat makam Bung Karno berada. (Foto: LIcom Creative)

Kawasan ini awalnya dibangun untuk melindungi makam Ir. Soekarno sekaligus menikmati jasanya. Maka tak heran jika aktivitas ziarah menjadi aktivitas utama di sini.

Setiap harinya selalu banyak pengunjung yang datang untuk berziarah dan mendoakan presiden kebanggaan bangsa Indonesia ini. Makamnya didesain dengan gaya khas Jawa yang identik dengan bentuk joglo.

Meski selalu banyak pengunjung yang berziarah dari berbagai lapisan masyarakat, namun para peziarah tetap khusyuk memanjatkan doa. Mereka tetap menjaga sikap dan bergiliran dengan jamaah lainnya untuk salat di sekitar makam.

2. Tambahkan Pratinjau Perpustakaan Bung Karno

Makam Bung Karno, Jl.Ir.Soekarno No.152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.  (Foto: LIcom Creative)Makam Bung Karno, Jl.Ir.Soekarno No.152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (Foto: LIcom Creative)

Selain kompleks pemakaman, area pemakaman juga dilengkapi dengan perpustakaan. Pada tanggal 3 Juli 2004 perpustakaan ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri yang merupakan putri kandung Ir. Sukarno.

Perpustakaan ini memiliki buku-buku yang lengkap. Banyak pengunjung, terutama mahasiswa, yang sekadar datang untuk membaca atau mencari referensi buku. Tempatnya memiliki suasana yang nyaman dan tenang membuat kita betah berlama-lama di perpustakaan membaca buku.

Eksterior perpustakaan tidak kalah nyaman dan indah. Di luar perpustakaan, Anda akan melihat tiang-tiang besar menghiasi halaman perpustakaan. Di tengahnya terdapat sebuah kolam yang membuat suasana menjadi asri. Dan di dindingnya terdapat relief yang berisi tentang perjuangan Ir. Soekarno dari masa muda hingga masa tuanya.

3. Pelajari sejarah dengan masuk museum

Museum Bung Karno (Foto: LIcom Creative)Museum Bung Karno (Foto: LIcom Creative)

Jika Anda akan ke pemakaman Bung Karno Blitar, pastikan untuk mengunjungi Museum Bung Karno juga. Letaknya tidak jauh dari perpustakaan. Tepatnya berada di Gedung A Barat.

Di sini Anda bisa melihat berbagai lukisan yang mengisahkan perjuangan Bung Karno dari awal hingga akhir hayatnya. Ada juga peninggalan sejarah dari Bung Karno. Dengan mengunjungi museum, Anda bisa menambah wawasan Anda. Karena pada setiap lukisan atau benda yang ada di dalam museum juga terdapat keterangan benda di bawahnya.

Anda juga diperbolehkan mengambil gambar di dekat objek-objek tersebut. Tapi ingat, tetap tenang dan jangan sampai merusak benda-benda museum ya?

Kunjungi juga: Kampung Cokelat Blitar

4. Simbol perdamaian dunia ada disana

Gong Perdamaian Dunia di BlitarGong Perdamaian Dunia di Blitar

Sebelum memasuki area makam, Anda akan melihat tangga menuju ke kanan setelah melewati Gedung Perpustakaan B. Tangga akan membawa Anda ke gong perdamaian dunia.

Atau Anda bisa menyebutnya gong perdamaian dunia. Gong besar ini diukir dengan 116 bendera nasional mengelilingi simbol agama dari seluruh dunia. Gong ini dirancang sebagai simbol perdamaian dan persatuan semua bangsa di dunia. Pengunjung biasanya mengabadikan momen dengan berfoto di depan gong.

5. Rumah masa kecil Bung Karno, selalu terawat

Pengunjung melihat interior ruang tamu rumah masa kecil presiden pertama Ir Soekarno di Ndalem Gebang, Blitar, Jawa Timur.  FOTO ANTARA Arief PriyonoPengunjung melihat interior ruang tamu rumah masa kecil presiden pertama Ir Soekarno di Ndalem Gebang, Blitar, Jawa Timur. FOTO ANTARA Arief Priyono

Sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno Blitar, terdapat sebuah rumah yang menjadi rumah masa kecil Bung Karno. Rumah itu disebut Istana Gebang. Untuk menuju Keraton Gebang, Anda bisa naik becak yang ada di sekitar area makam.

Saat memasuki kompleks Keraton Gebang, tepat di depan rumah akan terlihat patung Ir. Soekarno yang berdiri tegak menghadap ke depan. Di dalam Istana Gebang terdapat mebel antik peninggalan Bung Karno yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Anda juga akan melihat mobil klasik milik prokamator.

Akan lebih baik jika Anda datang ke sana pada tanggal 6 Juni. Karena pada tanggal tersebut akan ada haul dan berbagai kesenian di Keraton Gebang. Dan Grebeg Pancasila merupakan acara yang dinantikan pengunjung.

6. Beli oleh-oleh khas Blitar yang tidak perlu jauh-jauh

Berburu souvenir di area makam Bung KarnoBerburu souvenir di area makam Bung Karno

Liburan tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Setelah sekedar mengitari Makam Bung Karno Blitar, Anda bisa berbelanja oleh-oleh sesuai keinginan.

Setelah keluar dari kompleks pemakaman, Anda akan melihat banyak lapak pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas Blitar dan Ir. Sukarno. Harganya cukup terjangkau. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

* * * * *

Demikian ulasan mengenai tempat wisata edukasi dan religi bernama Makam Bung Karno. Atau biasa disingkat MBK. Bagaimana? Menarik bukan? Yang bisa kita yakini adalah.

Karena tempat wisata makam Bung Karno ini mengandung cerita yang tidak boleh kita lupakan dari seorang yang sangat dihormati di Indonesia yaitu Ir. Sukarno. Jadi tunggu apa lagi. Segera berangkat ke Blitar dan mengunjungi pemakaman Bung Karno Blitar.

Kunjungi juga: Taman Cambuk Kota Blitar

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button