6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesia

Di masa pandemi, kita banyak menghabiskan waktu di rumah untuk bekerja atau belajar online dan dihibur, salah satunya paling sering datang dari gadget. Tidak jarang kita mengalami kelelahan digital akibat fenomena ini.

Setelah dua setengah tahun pandemi COVID-19, pembatasan mulai sedikit dilonggarkan. Beberapa tempat wisata telah dibuka untuk mengobati penat bekerja di rumah atau bosan dengan gadget teknologi.

Detoksifikasi digital sangat penting untuk kesehatan dan kehidupan sosial kita. Ini adalah kegiatan bepergian dan menjaga perangkat untuk kesehatan kita. Berawal dari laman Wonderful Indonesia, berikut 6 ide yang bisa Anda terapkan saat Anda membutuhkan penyegaran atau detoks digital.

1. Pemandangan: Habiskan banyak waktu di pulau tak berpenghuni

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiabluwaterdivetravel.com

Ini mungkin pilihan detoks digital yang paling menarik bagi sebagian orang. Ada banyak pulau tak berpenghuni di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Pulau Lihaga, yang terletak di utara Likupang di Sulawesi Utara.

Dengan luas sekitar 8 hektar, Pulau Lihaga memiliki garis pantai pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Meski tidak berpenghuni, Pulau Lihaga memiliki fasilitas toilet yang memadai. Anda juga diperbolehkan bermalam di pulau ini dengan membawa perlengkapan berkemah sendiri.

Di sini Anda dapat snorkeling dan menyelam dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan di sekitar pulau. Perlu diingat bahwa pulau ini tidak berpenghuni, sehingga tidak ada layanan telepon seluler atau koneksi internet di sini. Pulai Lihaga benar-benar tujuan yang bagus bagi Anda yang ingin melakukan detoksifikasi digital dan membenamkan diri di alam untuk sementara waktu.

2. Suara: Dengarkan suara harmoni tradisional

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiakailinbove.com

Jika Anda bosan mendengar lagu-lagu yang mengingatkan Anda pada pekerjaan sehari-hari, kunjungi Desa Wisata Karangrejo di Magelang, Jawa Tengah. Di sini Anda dapat mendengarkan suara gamelan dan belajar memainkannya sendiri.

Jika Anda berwisata di Indonesia, khususnya di daerah Jawa atau Bali, suara gamelan pasti akan mengiringi perjalanan Anda. Gamelan adalah seperangkat alat musik perkusi seperti gambang, kendang, dan gong yang dimainkan secara harmonis untuk menghasilkan suara ansambel tradisional non-diatonis. Gamelan berakar pada budaya Hindu kuno di Indonesia dan dengan demikian membentuk identitas budaya Jawa, Sunda dan Bali.

Di Desa Wisata Karangrejo, Anda dapat menikmati pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan sambil menikmati berbagai kegiatan budaya yang ditawarkan, termasuk pelatihan musik gamelan. Biarkan suara gamelan yang merdu mengalir ke telinga Anda dan menenangkan hati Anda.

3. Rasa: Cobalah sate yang unik

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiaunsplash.com/R Eris Prayatama

Tidak cukup hanya dengan menonton dan bermusik, cara lain untuk detoks digital adalah dengan mencoba masakan baru. Salah satu dari sekian banyak makanan Indonesia yang terkenal dan populer adalah sate. Tidak ada destinasi yang lebih baik dari Nusa Tenggara Barat jika Anda mencari pilihan sate terbaik di Indonesia.

Pergi ke pulau Lombok dan temukan hidangan yang disebut Sate Rembiga dan Sate Bulayak. Sate Rembiga adalah salah satu ikon kuliner Lombok. Ini menggunakan tenderloin daging sapi yang direndam dalam berbagai bumbu untuk menyiapkan hidangan.

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiaindonesia.travel

Sedangkan sate bulayak menggunakan daging ayam, sapi atau usus dengan sambal sebagai bumbunya. Namun, daya tarik utama lainnya dari hidangan ini adalah bulayak, kue beras yang dibungkus dengan daun lontar yang disajikan sebagai lauk.

Jika Anda mencoba keduanya secara bersamaan, Anda akan mendapatkan pengalaman kuliner unik yang benar-benar mengalihkan perhatian Anda dari perangkat. Baik Anda sedang berwisata ke kawasan Kuta Mandalika atau Gili Trawangan, hidangan ini selalu dapat Anda temukan dengan mudah, jadi jangan khawatir ketinggalan. Tanyakan saja rekomendasi lokal untuk restoran terbaik yang menyajikan Sate Rembiga dan Sate Bulayak.

4. Aroma (Aroma): Menghirup udara segar Danau Toba

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiapixabay.com/Sendy Wulandharya

Aroma yang berbeda membawa pengalaman yang berbeda, dan itulah mengapa Anda harus pergi ke Danau Toba untuk detoksifikasi digital. Bukan hanya pemandangan danau yang luas dan lingkungan sekitarnya yang rimbun. Danau ini juga memiliki cita rasa yang kaya yang diciptakan oleh kombinasi kekayaan alam dan warisan budaya yang dilestarikan.

Selain segarnya udara laut, Anda juga bisa mencoba memanjakan indera penciuman Anda dengan menjelajahi desa-desa di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir. Di sana Anda akan menemukan banyak hidangan utama mereka seperti arsik (tumis ikan mas pedas) dan saksang (rebusan daging babi pedas) dengan spesies rempah yang disebut lada Andaliman yang endemik di wilayah Danau Toba. Aroma pedas lada Andaliman panggang menawarkan pengalaman penciuman yang unik.

5. Gaya: Perkaya preferensi mode tradisional dengan tenun

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiapixabay.com/noaja

Jika Anda suka melepas pikiran dari pekerjaan dengan mencari sesuatu yang estetis, pergilah ke Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat dan bersiaplah untuk menikmatinya. Kunjungi Desa Wisata Sukarara di utara kawasan Kuta Mandalika dan pelajari budaya pakaian tradisional dengan menenun kain tenun disini bersama penenun lokal yang sebagian besar wanita.

Belajar menenun itu menyenangkan karena kainnya dibuat dengan teknik khusus. Mereka menggabungkan benang pakan dengan benang sintetis untuk dekorasi, biasanya dalam emas atau perak. Selain itu, mereka selalu menggunakan bahan berkualitas tinggi untuk membuat kain. Beli beberapa dan bawa pulang untuk memperkaya lemari pakaian Anda.

6. Rahasia (Rahasia): Temukan harta karun yang tersembunyi dari Timur

6 ide detoks digital sambil jelajahi keindahan Indonesiatripadvisor.co.id

Rute terakhir untuk detoks digital adalah melakukan perjalanan ke Bandara Komodo di Labuan Bajo dan menuju tenggara untuk mengunjungi desa Denge di Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur. Di sana Anda akan mendaki lebih jauh ke selatan selama sekitar 3-4 jam dan melihat Desa Adat Wae Rebo yang menakjubkan di depan mata.

Terletak sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut, Wae Rebo adalah desa kecil dan terpencil yang dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan hutan Todo yang lebat. Oleh karena itu, Anda akan menemukan anggrek, berbagai jenis pakis dan banyak burung berkicau di sekitar desa.

Tidak ada penerimaan telepon seluler di desa ini dan listrik hanya tersedia dari jam 6 sore sampai jam 10 malam. Udaranya relatif dingin, terutama di musim kemarau, jadi jangan lupa membawa jaket jika berencana berkunjung.

Segala sesuatu di desa ini akan sangat cocok dengan konsep detoks digital. Anda dapat membenamkan diri dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, berbaur dengan penduduk setempat, dan mencoba menemukan filosofi baru yang membuat Anda lebih menghargai hidup.

Ini adalah beberapa ide detoks digital untuk dijelajahi saat Anda menjelajahi kekayaan Indonesia. Namun demikian, jadilah traveler yang bertanggung jawab dan patuhi protokol K4 (kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan) dan protokol kesehatan. Siapa yang siap untuk detoks digital?

Baca Juga: Bukan Cuma Pantai, Ini 10 Wisata Air Terjun di Lombok

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Dengan Pemandangan Alam Yogyakarta

Baca Juga: 5 Tanda Anda Perlu Detoks Media Sosial

Source: www.popbela.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button