6 destinasi terpopuler di Disporapar Jawa Tengah - WisataHits
Yogyakarta

6 destinasi terpopuler di Disporapar Jawa Tengah

6 destinasi terpopuler di Disporapar Jawa Tengah

semarang

Wisatawan yang datang ke Jawa Tengah terus meningkat dan jumlahnya mendekati normal sebelum pandemi COVID-19. Ada enam destinasi favorit yang didata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Mengunggah ke media sosialnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan sektor pariwisata “paling terpukul” oleh pandemi COVID-19. Pada tahun 2020 dan 2021, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah tinggal 22 juta orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Tapi setelah itu kita naik semua sektor, termasuk pariwisata. Agar berbuah manis, kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah akan meningkat menjadi lebih dari 45 juta orang pada 2022. Tidak berhenti sampai di situ, para pelaku pariwisata juga berkreasi dengan menyusun paket-paket wisata yang dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi,” kata Ganjar dalam keterangan di media sosialnya. detikJateng pada Senin (23/01/2023).

Ganjar juga memaparkan data Disporapar Jateng yang menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Jateng yakni 45.093.933 orang pada tahun 2022, meningkat 291 persen dari tahun 2021. Peningkatan wisatawan nusantara meningkat dua kali lipat. Sedangkan peningkatan wisman dibandingkan tahun 2021 mencapai 81 kali lipat.

Selain itu, enam destinasi wisata populer saat ini masuk versi Disporapar Jateng, yakni Candi Prambanan di Klaten, Candi Borobudur di Magelang, Makam Sunan Kalijaga di Demak, Pantai Jatimalang di Purworejo, Pantai Marina-Semarang, dan Kota Tua Semarang.

6 Destinasi Wisata Populer di Jawa Tengah :

Dikutip dari situs visitjawateng.jatengprov.go.idberikut adalah penjelasan dari masing-masing tujuan.

1. Candi Prambanan

Candi Hindu ini terletak di tepi jalan raya 17 km dari Yogyakarta ke Solo. Kompleks candi yang dibangun pada tahun 9 Masehi ini menjadi salah satu favorit wisatawan karena penataannya yang indah.

Terdapat tiga bangunan utama berarsitektur memukau dengan tinggi 47 meter melambangkan Trimurti atau ajaran tiga dewa utama, terdiri dari Candi Siwa (Dewa Peleburan) di tengah dan Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan , dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di sebelah utara.

Di depan bangunan utama terdapat tiga buah candi yang lebih kecil sebagai simbol Wahana atau kendaraan Trimurti. Ketiga candi kecil tersebut adalah candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, candi Angsa yang merupakan kendaraan Brahma dan candi Garuda yang merupakan kendaraan Wisnu.

2. Candi Borobudur

Vihara Buddha abad ke-9 di Magelang ini telah menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Kemegahan arsitektur Borobudur dan sekitarnya akan memikat setiap pengunjung.

Selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton videonya Hujan, Banjir di Kota Lama Semarang
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button