6 daerah penghasil durian di pulau jawa, nomor 5 satu-satunya di dunia - WisataHits
Jawa Timur

6 daerah penghasil durian di pulau jawa, nomor 5 satu-satunya di dunia

6 daerah penghasil durian di pulau jawa, nomor 5 satu-satunya di dunia

JAKARTA, iNews.id – Daerah penghasil durian di pulau jawa ini bisa jadi referensi pecinta durian. Banyak orang Indonesia yang menyukai buah durian karena rasanya yang enak, meskipun ada juga yang membencinya karena baunya yang menyengat.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur merupakan provinsi dengan produksi buah durian terbesar di Indonesia. Pada 2021, Jatim akan memproduksi 822,26 ton durian. Jika ingin mencoba beberapa rasa durian dari berbagai daerah, berikut beberapa daerah penghasil durian di Pulau Jawa:

1.Banyuwangi, Jawa Timur
Berbagai jenis durian tumbuh di sini di Banyuwangi. Ada beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata durian atau yang disebut kampung durian yang khas.

Beberapa kampung durian di Banyuwangi antara lain Kampung Durian Songgong, Kampung Durian Pakel, Kampung Durian Jambean, Kampung Durian Telemung, dan Kampung Durian Sumberayu.

2. Pasuruan, Jawa Timur
Selain provinsi Jawa Timur, Pasuruan juga menjadi salah satu daerah penghasil durian di Pulau Jawa. Total ada 8 kecamatan penghasil durian di Kabupaten Pasuruan, antara lain Purwodadi, Tutur, Puspo, Lumbang, Pasrepan, Purwosari, Prigen dan Sukorejo. Ada beberapa jenis durian di Pasuruan, salah satunya adalah durian Si Ali yang bentuknya besar, berwarna kuning kehijauan, daging buahnya cukup tebal, dan rasanya manis.

3. Banyumas, Jawa Tengah
Jawa Tengah merupakan salah satu daerah penghasil durian terbaik di Indonesia, yaitu Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jenis durian unggulan di daerah ini adalah durian Bawor, atau nama lain dari durian Montong yang berwarna jingga.

Menurut para pecinta durian, durian montong ini lebih unggul dari durian montong asal Thailand sehingga durian jenis ini banyak diminati. Khas Banyumas, durian Bawor memiliki daging buah berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis, lengket dan sedikit pahit di lidah.

Penerbit : Ahmad Antoni

Ikuti iNewsJateng News di Google News

Bagikan artikel:

6 daerah penghasil durian di pulau jawa, nomor 5 satu-satunya di dunia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button