5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa Timur

Padahal, waduk adalah danau buatan yang dibangun untuk keperluan irigasi. Namun, ada beberapa waduk yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Waduk ini kemudian dijadikan sebagai destinasi wisata.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari waduk dan bendungan, berikut 5 waduk dan bendungan dengan pemandangan indah di Jawa Timur.

1. Waduk Wonorejo

5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa TimurWaduk Wonorejo. (instagram.com/kacamata_tulungagung)

Waduk Wonorejo merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara, seluas 380 hektar. Waduk ini memiliki kapasitas air 122 juta meter kubik. Selain untuk keperluan irigasi, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona di waduk ini. Udara yang sejuk di kawasan tersebut, pemandangan pepohonan pinus yang rindang dan keberadaan tempat wisata menarik lainnya akan membuat Anda betah berada di sana. Sambil menikmati pemandangan yang indah, Anda bisa menikmati berbagai jajanan dan olahan ikan bakar yang dijual oleh warga sekitar.

Mudah dijangkau. Waduk ini dapat dicapai dalam waktu 30 menit dengan mobil dari pusat kota Tulungagung.

Alamat: Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung.

Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB.

harga tiket: Rp12.000.

2. Waduk Bajul-Mati

5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa TimurWaduk Bajul Mati. (instagram.com/jalanjalandibanyuwangi)

Waduk Bajul Mati merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Banyuwangi saat ini. Waduk ini memiliki lokasi yang ikonik seperti Raja Ampat. Maklum, waduk ini berlatar belakang eksotis Kawah Ijen dan Gunung Baluran. Wisatawan pun berlomba-lomba mengabadikan momen indah di waduk ini.

Tak hanya itu, bagi Anda yang hobi memancing, Waduk Bajul Mati menjadi spot yang cocok. Ekosistem yang terbentuk dengan baik memungkinkan berbagai jenis ikan air tawar hidup di sana.

Alamat: Kawasan hutan, Baluran, kabupaten Banyuputih.

Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB.

harga tiket: Rp 5.000

3. Bendungan Lahor

5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa TimurBendungan Lahor. (instagram.com/jawatimur.ku)

Malang menawarkan banyak wisata alam yang memanjakan mata. Selain pegunungan dan pantai, Malang juga menawarkan wisata bendungan. Salah satunya adalah Bendungan Lahor. Bendungan ini menawarkan pemandangan danau dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Keberadaan perahu yang mampu mengitari danau juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang unik. Bendungan ini juga terkenal dengan panoramanya matahari terbit Juga matahari terbenam yang tidak pernah mengecewakan.

Alamat: Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Waktu aktif: 24 jam.

harga tiket: Biaya parkir saja.

4. Bendungan Coban Talun

5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa TimurBendungan Coban Talun. (instagram.com/malang_mbois)

Sedikit bergeser keluar daerah Malang, tepatnya di Kota Batu. Batu juga memiliki wisata bendungan yang terkenal di kalangan wisatawan yaitu Bendungan Coban Talun. Datanglah ke tempat ini saat musim hujan. Karena debit air yang tinggi akan membuat pemandangan semakin indah. Belum lagi pohon pinus Ohon yang lebat di sekitar area perineum. Sempurna untuk menikmati Kota Batu.

Alamat: Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Waktu aktif: 07.00-16.00 WIB.

harga tiket: Rp 5.000

Baca Juga: 10 Keindahan Alam Waduk Selorejo Di Malang Yang Bikin Kamu Betah Sendiri

5. Waru Turi Dam

5 Wisata Waduk dan Bendungan Terbaik di Jawa TimurBendungan Waru Turi. (instagram.com/kaosgaplek_kediri)

Bendungan Waru Turi sering menjadi tujuan wisata bagi warga Kediri dan sekitarnya. Bendungan ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari kolam renang, taman bermain anak, jarak mengemudi golf, Wisata air hingga memancing. Panorama alam yang ditawarkan juga sangat menarik. Dengan rute yang sangat mudah, Bendungan Waru Turi cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Di kawasan wisata juga banyak terdapat warung-warung yang menjual ikan bakar dengan harga terjangkau.

Anda juga bisa menikmati ikan bakar murah saat ada tradisi mabuk ikan. Pada saat itu pintu air yang menghalangi sungai dibuka. Banyak ikan juga muncul di permukaan dan dijual dengan harga super murah.

Alamat: Desa Gampengrejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri.

Waktu aktif: 05.00-18.00 WIB.

harga tiket: Rp 5.000

Itulah 5 rekomendasi wisata danau dan waduk di Jawa Timur. Wisata alam bukan hanya untuk pantai dan gunung lho guys. Danau dan waduk juga bisa menjadi cara lain untuk menikmati keindahan alam.

Baca juga: 10 Waduk Paling Berhantu di Pulau Jawa, Banyak Kerajaan Sihirnya

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button