5 Wisata Madura Terbaru Dekat Suramadu Yang Menarik Untuk Dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

5 Wisata Madura Terbaru Dekat Suramadu Yang Menarik Untuk Dikunjungi

5 Wisata Madura Terbaru Dekat Suramadu Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Merdeka.com – Beberapa tempat wisata Madura dekat Suramadu berikut ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga akhir pekan atau liburan akan datang. Suramadu adalah jembatan negara terpanjang di Indonesia yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura dengan panjang 5,4 kilometer.

Kawasan Jembatan Suramadu memiliki potensi wisata yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Jembatan ini memudahkan akses transportasi dari dan ke Pulau Madura melalui kota Surabaya. Hal ini juga yang mempopulerkan wisata Madura di dekat Suramadu.

Artikel media taboola

Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah rekomendasi beberapa tempat wisata Madura yang menarik di dekat Suramadu yang harus Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata Madura dekat Suramadu berikut ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga akhir pekan atau liburan akan datang.

2 dari 4 halaman

1. Pantai Rongkang

Tempat wisata Madura pertama di dekat Suramadu adalah Pantai Rongkang. Terletak di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan, pantai ini merupakan alternatif tempat wisata Madura di dekat Suramadu yang cocok untuk dikunjungi keluarga.

Apalagi jika Anda pecinta pantai dan suka bermain air di tepi laut, Anda wajib mengunjungi pantai Rongkang ini. Yang membuatnya unik, di pantai ini Anda tidak akan menemukan pasir putih atau hitam melainkan bebatuan karang di sepanjang pantai.

Pemandangan di sekitar Pantai Rongkang juga sangat indah dengan bukit-bukit bertingkat dan pepohonan rindang yang mengelilingi kawasan tersebut.

Jembatan Suramadu, Jawa Timur

© 2022 Merdeka.com/Dok. Pemerintah Kabupaten Bangkalan

Tempat wisata Madura kedua di dekat Suramadu adalah Bukit Jaddih. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pintu keluar Jembatan Suramadu, Bukit Jaddih merupakan tempat wisata cantik yang mampu memukau wisatawan. Bukit Jaddih sendiri merupakan tambang batu kapur berwarna putih.

Awalnya situs ini bukanlah tempat wisata. Batu kapur masih aktif ditambang hari ini. Namun menurut warga sekitar, Bukit Jaddih memiliki pemandangan yang unik dan cocok sebagai tempat wisata. Maka bukit ini dibuka sebagai objek wisata.

Ternyata keindahan Bukit Jaddih mampu membangkitkan minat dan rasa penasaran para wisatawan. Puncak bukit kapur ini terlihat eksotis dengan kawah biru yang memukau, cocok untuk spot selfie bersama. Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah.

3 dari 4 halaman

3. Pantai Gebang

Tempat wisata Madura ketiga di dekat Suramadu adalah Pantai Gebang. Pantai ini berjarak sekitar 23 km dari pintu keluar Jembatan Suramadu dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan kendaraan bermotor. Pantai Gebang adalah Pekerjaan Sayang untuk menikmati matahari terbenam.

Jika Anda seorang pecinta dan pemburu matahari terbenam, maka mengunjungi pantai ini adalah suatu keharusan. Pantai Gebang tidak hanya menjadi tempat wisata, tapi juga sering dijadikan tempat untuk melihat hilal yang menjadi penentu tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal lho!

Kawasan Pantai Gebang didominasi oleh bebatuan di bagian tepinya. Hal ini membuat Pantai Gebang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan hang out bersama teman atau keluarga sambil menikmati pesona sunset yang indah.

Tempat wisata Madura keempat di dekat Suramadu adalah Museum Cakraningrat. Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 39 A, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura. Museum ini didirikan pada tahun 2007 oleh Gubernur Jawa Timur Bapak Imam Utomo. Ini adalah tempat wisata yang direkomendasikan untuk pecinta sejarah.

Museum Cakraningrat mengoleksi benda-benda dari masa lalu. Benda-benda yang terdapat di museum ini antara lain Kain Batik Madura, Perlengkapan Batik, Alat Ukir Batik, Tangan, Paeduwan, Bokor, Pengel, Cucuk Sisir, Kereta Kuda, Miniatur Perahu, Kekeyan, Ginggung, Srone, Kleles, Kentongan, dan Gamelan Ratna Dumila.

Diresmikan pada 13 Maret 2008, nama Museum Cakraningrat digunakan untuk mengenang dan menghormati jasa dan kebesaran Pangeran Cakraningrat.

4 dari 4 halaman

5. Pantai Batu Malang

Tempat wisata Madura yang kelima di dekat Suramadu adalah Pantai Batu Malang. Terletak sangat dekat dengan pintu keluar Suramadu yang hanya berjarak sekitar 4 km, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai pantai Batu Malang.

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Rongkang, Pantai Batu Malang juga penuh dengan bebatuan yang menghiasi bibir pantai. Dari pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan Jembatan Suramadu yang sangat panjang dan megah.

Sore hari, Anda bisa melihat matahari terbenam di depan Jembatan Suramadu di tempat ini. Pantai Batu Malang merupakan destinasi bersantai menikmati pemandangan sambil bercengkrama bersama keluarga.

(mdk/edl)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button