5 Wisata Keren dan Menarik di Geopark Ciletuh Sukabumi - WisataHits
Jawa Tengah

5 Wisata Keren dan Menarik di Geopark Ciletuh Sukabumi

sukabumi

Berwisata ke Kabupaten Sukabumi belum lengkap tanpa mengunjungi kawasan Geopark Ciletuh. Di kawasan Geopark Ciletuh Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata dengan pemandangan yang indah dan sejuk.

Berikut daftar objek wisata yang bisa dikunjungi warga Jawa Barat:

1. Desa Wisata Hanjeli

Desa wisata ini sangat penting, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkraf) Sandiaga Uno juga berkunjung ke Desa Wisata Hanjeli.

Desa Wisata Hanjeli merupakan salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik Penghargaan Desa Wisata 2022. Kawasan ini terletak di Kampung Waluran II, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Di desa wisata ini pengunjung bisa langsung melihat proses pengolahan hanjeli. Pengolahan hanjeli di desa ini juga dilakukan secara tradisional. Mirip dengan butiran beras dan wisatawan dapat mencoba mengayak butiran hanjeli dan memecahkan butiran hanjeli dengan lisung.

2. Air Terjun Sodong

Jika Anda berkunjung ke Geopark Ciletuh, Anda juga wajib mengunjungi Air Terjun Sodong yang terletak di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Sodong memiliki tiga air terjun. Satu air terjun di bagian atas dan dua air terjun di bagian bawah berdampingan. Untuk air terjun yang muncul di antara pepohonan di atas.

Pemandangan air terjun ini sangat indah dan sangat mempesona. Pemandangan air terjun ini juga menjadi spot foto terbaik di Curug Sodong.

Saat berkunjung ke Curug Sodong, perhatikan berbagai peringatan yang ada di sekitar objek wisata ini, mulai dari tidak merusak fasilitas umum hingga tidak membuang sampah sembarangan.

Menurut informasi yang dihimpun, tiket masuk objek wisata ini dikenakan biaya Rp 3.000, parkir motor Rp 3.000, dan parkir mobil Rp 5.000.

3. Pantai Geopark Ciletuh

Bagi Anda yang menyukai wisata memacu Ardenalie, bermain banana boat di Pantai Geopark Ciletuh Pelabuhanratu bisa menjadi pilihan.

Lokasi permainan banana boat ini berada di kawasan kuliner seafood Pak Emon Batu Bintang, Jalan Pelita, Pantai Cipatuguran di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dengan harga yang terjangkau, wisatawan bisa memacu adrenalin selama 5 hingga 15 menit sambil berlomba mengarungi lautan dengan banana boat.

Banana Boat dapat dinaiki hingga 6 orang yang masing-masing dilengkapi dengan jaket pelampung sehingga wisatawan dapat dengan aman mencoba olahraga air ini. Selain itu, sejumlah penjaga pantai dengan cermat memantau kegiatan ini. Dengan kecepatan tinggi, banana boat ditarik speedboat dan berbelok di tengah laut untuk memacu adrenalin wisatawan.

Selain banana boat, wisatawan juga bisa berjalan di atas formasi bebatuan, saat senja tiba, sunset di ujung teluk terlihat jelas dari Sternstein. Selain banana boat, wisatawan juga bisa berbasah-basah di kawasan pantai.

Saat perut keroncongan, wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner yang disediakan oleh pengelola Seafood Pak Emon.Jangan khawatir, harga kuliner di tempat ini ramah di kantong. Pengelola juga mencantumkan harga di setiap menu jadi jangan takut untuk mendapatkan label harga.

Menurut informasi yang dihimpun, harga tiket banana boat per orang adalah Rp 30.000.

4. Pantai Karang Hawu

Saat berwisata ke kawasan Geopark Ciletuh, menikmati keindahan pantai yang satu ini belum lengkap. Sejauh mata memandang kita bisa melihat pemandangan bebatuan di pinggir pantai ini.

Nama Karang Hawu berasal dari sebuah batu karang yang menyerupai tempat dudukan perapian untuk memasak, orang Sunda menyebutnya hMenakjubkan. Berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, destinasi ini merupakan salah satu spot wisata yang masuk dalam wilayah Geopark Ciletuh.

Mengunjungi Pantai Karang Hawu tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi jangan lupa untuk membeli banyak bahan makanan di sekitar pantai.

5. Air Terjun Cikaso

Selain Curug Sodong, ada lagi wisata air berkesinambungan di kawasan Geopark Ciletuh, yakni Curug Cikaso. Curug Cikaso ini memiliki aliran air yang sangat segar sangat cocok untuk refreshing.

Curug Cikaso merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh para traveler yang sedang berlibur di Ujung Genteng. Dengan pesona air terjun yang sangat eksotik, traveler bisa mengunjungi tempat ini menggunakan mobil atau motor sekitar 40 menit dari kawasan Ujung Genteng.

Untuk menuju kawasan Curug Cikaso, dari kawasan padat penduduk Desa Ciniti, Surade, Desa Cibitung, Kabupaten Sukabumi, ada dua alternatif cara menuju Curug Cikaso, bisa dengan berjalan kaki atau menggunakan perahu.

Jika memilih naik perahu, akan terlihat gradasi warna sungai utama dengan Curug Cikaso dari coklat menjadi biru kehijauan. Sangat keren!

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain air dan berenang di area yang aman. Namun, ada juga daerah yang dilarang mandi, karena di beberapa daerah memiliki kedalaman lebih dari 10 meter dengan arus sungai yang deras dan sungai yang berbatu.

Menurut informasi yang dihimpun, Curug Cikaso beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB, tiket masuk seharga Rp5.000 per orang dan tiket perahu seharga Rp65.000 per 10 orang.

(wip/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button