5 Upacara Unik Merayakan 17 Agustus dari Gua ke Bawah Laut - WisataHits
Yogyakarta

5 Upacara Unik Merayakan 17 Agustus dari Gua ke Bawah Laut

jakarta

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus, biasanya diisi dengan upacara bendera. Orang Indonesia memiliki cara unik untuk mengadakan upacara berkali-kali.

Cara unik memeriahkan momen 17 Agustus ini digelar secara khidmat, meski di lokasi yang tidak biasa. Ambil contoh upacara 17 Agustus yang diadakan di gua, di bawah laut, atau di tengah sungai.

Bendera merah putih berkibar dengan gagahnya, diiringi nyanyian lagu Indonesia Raya. Bagaimana serunya upacara 17 Agustus di tempat dan cara yang unik ini?

Upacara unik pada 17 Agustus

1. Upacara di dalam gua

Upacara di Gua Lahar PurbalinggaUpacara di Gua Lava Purbalingga Foto: Vandi Romadhon/detikTravel

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, objek wisata Goa Lava di Purbalingga menggelar upacara bendera anti mainstream. Selesai di gua
Pengibaran bendera merah putih di tiang yang sudah disiapkan.

Seperti upacara pada umumnya, kegiatan ini memiliki petugas dan peserta upacara yang terdiri dari staf dan pengelola Goa Lava. Sebanyak 30 orang menghadiri upacara di gua ini. Penerangan berupa lampu juga dipasang di dalam goa.

2. Upacara Sungai

Puluhan personel Satgas Kali Ngrowo Tulungagung menggelar upacara bendera memperingati HUT RI.  Upacara berlangsung di tengah sungai.Puluhan personel Satgas Kali Ngrowo Tulungagung menggelar upacara bendera memperingati HUT RI. Upacara berlangsung di tengah sungai. Foto: Adhar Muttaqin

Puluhan personel Satgas Kali Ngrowo Tulungagung menggelar upacara bendera pada 17 Agustus 2021 dalam rangka memperingati HUT RI ke-76. Upacara ini berlangsung di tengah sungai di Desa Tertek, Tulungagung.

Baik petugas maupun peserta upacara sujud dan siap-siap basah kuyup agar bisa mengikuti upacara ini. Meski separuh tubuhnya terendam air, upacara berlangsung lancar dan khidmat.

3. Upacara Seniman

Suasana berbeda terjadi pada upacara HUT RI ke-74 di Watulumbung, Bantul. Peserta dalam upacara ini adalah para seniman yang mengenakan pakaian adat Jawa dan Aceh.

Lagu Indonesia Raya juga dinyanyikan dengan iringan alat musik. Upacara para seniman ini merupakan kegiatan rutin yang berlangsung setiap kali momen penting dirayakan.

4. Upacara di bawah laut

Upacara HUT RI Bawah LautUpacara Hari Kemerdekaan Indonesia di bawah laut Foto: Ghazali Dasuqi

Di Pulau Sangiang, Banten, ratusan penyelam mengibarkan bendera merah putih di bawah laut. Upacara ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-74 kemerdekaan Indonesia. Upacara dipimpin langsung oleh Pangdam (Lanal) Banten Letkol Marinir (P) Golkariansyah.

Ratusan penyelam dari berbagai sektor menghadiri upacara ini antara lain Persatuan Selam Indonesia (POSSI), Kopassus Serang, Ditpolairuda Polda Banten, Basarnas Banten, Polres Cilegon, Kodim 0623 Cilegon dan Komunitas Diver Banten. Ratusan perenang snorkel juga menghadiri upacara bendera.

5. Upacara dengan seluruh peserta bernama Agus

Puluhan orang bernama Agus menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-74 di Yogyakarta. Pemegang nama Agus terdiri dari laki-laki dan perempuan yang tergabung dalam Komunitas Agus Bumi Indonesia.

Para peserta upacara tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Solo, Magelang, Klaten dan Wonosobo. Semua berkumpul dengan pakaian merah. Petugas upacara semuanya dipanggil Agus.

Saksikan video “Telok Abang, Tradisi Warga Palembang Menyambut Perayaan 17 Agustus”.
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/sobat)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button