5 Tempat Wisata di Jawa Barat Dengan Cerita Legendaris - WisataHits
Jawa Barat

5 Tempat Wisata di Jawa Barat Dengan Cerita Legendaris

Bandung, IDN kali – Provinsi Jawa Barat (Jabar) kaya akan wisata alam yang indah. Namun, ada juga beberapa wisata yang dikemas dengan cerita dari legenda masyarakat.

Banyak legenda masyarakat yang dikaitkan dengan beberapa tempat wisata di Jawa Barat yang belum dikunjungi. Kisah-kisah legendaris diketahui menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Penasaran? Berikut lima tempat wisata yang diselimuti legenda yang bisa ditemukan di Jawa Barat, seperti dilansir situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat:

1. Gunung Padang

Harus dicoba!  5 Tempat Wisata Jawa Barat Dengan Cerita Legendarisinstagram.com/emilygoesthere

Situs megalitik ini dikatakan oleh beberapa sejarawan sebagai situs tertua di dunia yang menyerang Piramida Gaza di Mesir. Situs ini dilaporkan ditemukan pada tahun 1891 dan masih dieksplorasi hingga saat ini.

Meski penelitian masih berlangsung, Gunung Padang kini sudah bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Menurut legenda, tempat ini juga pernah dikunjungi oleh Prabu Siliwagi untuk bersemedi.

Wisatawan dapat mengunjungi Gunung Padang dengan pergi ke Kota Cianjur. Lokasinya persis di Desa Gunung Padang, Karyamukti, Kecamatan Campaka. Tempat ini memiliki beberapa oleh-oleh hasil karya masyarakat untuk dibawa pulang.

2. Gunung Tangkuban Parahu

Harus dicoba!  5 Tempat Wisata Jawa Barat Dengan Cerita Legendariskawah Gunung Tangkuban Parahu (commons.wikimedia.org)

Gunung Tangkuban Parahu sangat kaya akan legenda Sangkuriang. Konon terciptanya gunung itu akibat kemarahan Sangkuriang karena tidak bisa menikahi Dayang Sumbi. Sedangkan Dayang Sumbi adalah ibu kandungnya sendiri.

Terlepas dari legenda tersebut, saat ini Gunung Tangkuban Parahu banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang ini tercatat sebagai gunung berapi aktif.

Ada tiga kawah di lokasi gunung, yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu dan Kawah Domas. Kawah tersebut terbentuk akibat letusan gunung berapi besar beberapa tahun lalu.

3. Situ Cangkuang dan Kampung Pulo

Harus dicoba!  5 Tempat Wisata Jawa Barat Dengan Cerita LegendarisGoogle

Situ Cangkuang merupakan objek wisata dengan danau dan bangunan candi kuno yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-8 Masehi. Di tempat ini adalah Kampung Pulo yang kaya akan sejarah.

Menurut legenda, Kampung Pulo pernah dihuni oleh nenek Dalem Arief Muhammad, seorang ustadz yang namanya sudah melegenda.

Situs Kampung Pulo sendiri berada tepat di luar gerbang masuk Candi Cangkuang. Dengan demikian, wisatawan bisa mendapatkan banyak atraksi wisata saat berkunjung ke tempat ini.

4. Gua Sunyaragi

Harus dicoba!  5 Tempat Wisata Jawa Barat Dengan Cerita LegendarisPotret YouTuber Korea Akang Daniel di Desa Wisata Situ Cangkuang Garut (instagram.com/akangdaniel1122)

Gua Sunyaragi adalah objek wisata yang kaya akan legenda. Merupakan peninggalan Kesultanan Kasepuhan Cirebon, goa ini konon dibangun pada abad 17-18 Masehi. Gua ini dibangun sebagai tempat pertapaan para Sultan dan keturunannya, sehingga disebut Sunya (diam) dan Ragi (raga).

Ada beberapa tempat suci di gua ini. Menurut pengurus setempat, ada sebuah ruangan tempat para sultan kuno biasa bermeditasi dan mengirim arwah mereka ke Tanah Suci Mekkah.

Bangunan lain dibangun menyerupai wajah barongsai. Hal ini dimaksudkan sebagai penghormatan kepada orang Tionghoa yang tinggal di wilayah Cirebon.

5. Situ Bagendit

Harus dicoba!  5 Tempat Wisata Jawa Barat Dengan Cerita LegendarisPanorama alam Situ Bagendit yang menakjubkan. (instagram.com/wisata_garut)

Danau di Kabupaten Garut begitu luas sehingga dijadikan sebagai sumber air bagi kehidupan masyarakat sekitar. Menurut legenda, danau ini tercipta karena keserakahan seorang tokoh bernama Nyai Bagendit.

Meski hidupnya kaya harta, ia enggan membaginya dengan orang yang tidak mampu. Suatu hari seorang lelaki tua datang dan meminta bantuan Nyai Bagendit. Namun sang kakek justru diusir dan dipermalukan. Kecewa, kakek misterius itu menancapkan tongkatnya ke tanah dan ketika ditarik keluar, air terus keluar.

Kini keadaan Situ Bagendit sudah tertata dengan jelas. Presiden Indonesia Joko Widodo berharap Situ Bagendit dapat menjadi pariwisata kelas dunia.

Baca Juga: IDM Tinggi, Pemprov Jabar Terus Dorong Pembangunan Desa Mandiri

Baca Juga: Pemprov Jabar Berikan 55.000 Vaksin Rabies Gratis

Source: jabar.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button