5 Tempat Makan Empal Gentong Enak di Cirebon - WisataHits
Jawa Barat

5 Tempat Makan Empal Gentong Enak di Cirebon

5 Tempat Makan Empal Gentong Enak di Cirebon

Cirebon

Terkenal sebagai salah satu surga wisata kuliner di Jawa Barat, Cirebon menawarkan sederet makanan khas dengan cita rasa yang mampu menggoda lidah Anda. Salah satu kuliner khas Cirebon yang cukup terkenal adalah Empal Gentong.

Empal Gentong khas Cirebon merupakan sajian kuliner yang terdiri dari potongan daging sapi dan disandingkan dengan kuah kuning santan. Agar Empal Gentong semakin nikmat, setiap sajiannya ditaburi irisan daun bawang.

Saat Anda berkunjung ke kawasan yang berjuluk “Kota Udang” ini, Anda akan dengan mudah menemukan tempat makan yang menyajikan menu yang benar-benar bakar.

Berikut 5 rekomendasi penjual Empal Gentong yang cukup terkenal di Cirebon:

1. Empal Gentong Crucuk

Salah satu penjual tambak yang terkenal di Cirebon adalah Empal Gentong Krucuk. Restoran ini memiliki dua cabang. Yaitu Empal Gentong Krucuk 1 dan Empal Gentong Krucuk 2.

Empal Gentong Krucuk 1 terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kesenden, Kota Cirebon. Sedangkan Empal Gentong Krucuk 2 berada di Ir. H. Juanda, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

Jika ingin mencicipi Empal Gentong ala Cirebon yang enak di tempat ini, Empal Gentong Krucuk buka pada pukul 06.30 WIB – 21.30 WIB. Dan untuk menikmati seporsi Empal Gentong di rumah, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp23.000 saja.

Selain empal gentong berkuah santan, rumah makan ini juga menawarkan empal asam jawa dengan kuah bening dan rasanya segar.

2. Empal Gentong Mang Darma

Jika ingin menikmati sajian Empal Gentong legendaris di Cirebon, Anda bisa mampir ke Empal Gentong Mang Darma. Restoran ini terletak di Jalan P Diponegoro, Kesenden, Kota Cirebon.

Empal Gentong Mang Darma bisa dibilang salah satu tempat makan legendaris di Cirebon. Mang Darma mulai menjual tong Empal pada tahun 1947 dengan berkeliling. Dia kemudian mulai berjualan pada 1980-an.

Sebagai salah satu penjual Empal Gentong yang sudah melegenda, soal rasa sudah tidak diragukan lagi. Untuk menikmati seporsi Empal Gentong di tempat ini harganya sekitar Rp 23.000.

Restoran ini tidak hanya menawarkan Empal Gentong tetapi juga menu lain yaitu Empal Asem yang rasanya tidak kalah enak.

3. Empal Gentong H Apud

Berbicara tentang Empal Gentong, salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Empal Gentong H Apud. Empal Gentong H Apud saat ini memiliki tiga cabang.

Salah satu restoran ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon. Empal Gentong H Apud buka pukul 06.30 WIB – 21.30 WIB.

Jika ingin menikmati cita rasa Empal Gentong di restoran Empal Gentong H Apud harganya sekitar Rp 23.000 per porsi.

Selain Empal Gentong, Restoran Empal Gentong H Apud juga memiliki menu Empal Asam Jawa yang terdiri dari potongan daging sapi dan kuah bening.

4. Empal Gentong AMARTA

Hotel ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Tani Tengah, Kabupaten Cirebon, Empal Gentong AMARTA merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan kuliner ala Cirebon. Menu utamanya tentu saja Empal Gentong dan Empal Asem.

Rasa nikmat dan segar dari setiap menu yang ditawarkan membuat Empal Gentong AMARTA selalu dipadati para pemburu kuliner.

Satu porsi Empal Gentong dan Empal Asem sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi putih hangat atau potongan lontong.

Rumah makan ini menjual seporsi tong empal santan lezat dengan harga sekitar 23.000 rupiah.

5. Empal Gentong Mang Ben

Selain itu, Empal Gentong Mang Ben merupakan warung makan yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Cirebon. Seperti namanya, warung makan ini menawarkan sajian kuliner khas Cirebon yaitu Empal Gentong.

Alamat Empal Gentong Mang Ben adalah Jalan Majasem Kota Cirebon. Lokasinya persis di sebelah pom bensin. Meski tempatnya terlihat sederhana, rasanya bisa disalahkan.

Kuah gurih berbahan santan berpadu dengan potongan daging yang empuk membuat Empal Gentong di warung makan Mang Ben selalu digemari para pecinta kuliner.

Harga yang dipatok juga cukup terjangkau hanya Rp 18.000 per porsi. Empal Gentong Mang Ben hanya buka dari pagi hingga malam.

Simak Video “Nyalakan Laper: Empal Gentong Khas Cirebon yang Tak Hemat Daging”
[Gambas:Video 20detik]
(direktori/direktori)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button