5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota Malang - WisataHits
Jawa Timur

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh masyarakat yang hanya ingin berkumpul di area terbuka atau berfoto. Tidak hanya untuk bersantai, kamu juga bisa berwisata kuliner di sekitar alun-alun kota Malang, lho!

Sebagai rekomendasi buat kamu yang berencana liburan ke Kota Malang dan berkunjung ke alun-alun, di bawah ini juga ada beberapa rekomendasi kuliner populer di dekat Alun-Alun Kota Malang, siap menambah amunisi perut kamu, yuk!

1. Pecel Kawi Asli 1975

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota MalangPecel Kawi (instagram.com/pecelkawi)

Restoran ini sudah ada sejak tahun 1975. Didirikan oleh Hj. Musilah dan diturunkan secara turun-temurun, Pecel Kawi Asli 1975 dianggap sebagai salah satu kuliner yang wajib dinikmati wisatawan saat berkunjung ke kota Malang.

Untuk memesan makanan di sini, Anda harus siap mengantri langsung di kasir. Di Pecel Kawi Asli 1975, Anda bisa menikmati seporsi nasi pecel dengan kangkung, tauge, kacang panjang, kembang turi, tempe, dan rempeyek.

Sangat disarankan untuk memesan lauk tambahan seperti telur dadar jagung, telur goreng atau telur bacon. Rasa khas nasi pecel disini gurih dan sedikit pedas karena cocok dengan cita rasa masakan Jawa Timur yang lebih menyukai rasa asin, gurih dan pedas. Kalau kamu memang suka makanan pedas, kamu juga bisa minta disajikan bumbu pecel dengan derajat yang lebih pedas, ya!

Alamat: Kios Jalan Kawi No. 43B Kauman, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur;
Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB;
Harga: Rp 12.000 – Rp 25.000.

2. Warung Negara Bug 1920

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota MalangMakan di Warung Sate Gebug (instagram.com/stayhungry.id)

Dari luar toko ini mungkin tidak terlihat istimewa. Namun begitu masuk ke dalam toko, Anda bisa menikmati interior khas bangunan Belanda yang masih kokoh berdiri.

Stand Sate Gebuk ini sudah ada sejak tahun 1920 lho! Toko ini belum pernah membuka cabang dan telah berpindah lokasi sejak awal berdirinya. Hingga saat ini, Warung Sate Gebutk diminati banyak orang karena cita rasa dan kualitasnya yang khas.

Toko ini sendiri dikunjungi oleh banyak orang blogger makanan atau youtuber terkenal. Bahkan, banyak selebriti yang sudah mencicipi kelezatan hidangan yang ditawarkan di Warung Sate Gebuk. Terletak tidak jauh dari pusat kota, Warung Sate Gebuk tentunya menjadi salah satu rekomendasi kuliner populer di dekat Alun-alun Kota Malang.

Gebug berasal dari bahasa Jawa yang artinya dipukul. Sate gebug sendiri adalah daging sapi rebuspanas atau dipukuli sampai lunak dan empuk lalu ditusuk dengan tusuk sate. Selain sate gebuk, kedai ini juga menawarkan makanan khas lainnya seperti sop, rawon, dan soto.

Alamat: JL.Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur;
Jam buka: 08.00 – 13.00 WIB (tutup pada hari Jumat dan hari besar Islam);
Harga: Rp 20.000 – Rp 30.000.

Baca Juga: 5 Malam Kuliner di Kota Malang, Bisa Nongkrong Sampai Pagi!

3. toko OEN

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota MalangOen Malang Ice Cream Parlor (instagram.com/tamisaputra_)

Toko dan restoran ini juga merupakan destinasi kuliner populer yang legendaris. Padahal, tempat ini sangat dekat dengan alun-alun kota Malang yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Toko Oen sudah ada sejak zaman Belanda, pertama kali didirikan di Yogyakarta dengan cabang di Jakarta, Malang dan Semarang.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Menu utama di Toko Oen terdiri dari es krim dan kue manis autentik dengan cita rasa yang masih mengenang masa lalu. Selain itu, toko ini juga menyajikan berbagai masakan Cina, Indonesia, burger, steak, salad, dan berbagai hidangan barat lainnya.

Salah satu hidangan favorit pengunjung Toko Oen adalah Oen’s Special. Oen’a Special merupakan sajian es krim yang terdiri dari tiga scoop es krim dengan rasa unggulan Toko Oen yaitu coklat, strawberry dan vanilla.

Harga sembako di toko ini cukup mahal. Namun pengunjung akan puas dengan cita rasa masakan, suasana, nuansa dan pelayanan yang ditawarkan oleh Toko Oen.

Alamat: JL.Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur;
Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB
Harga: 25.000 Rp – 85.000 Rp.

4. Depot Lontong Tahu Lontong

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota MalangTahu Lontong Lonceng (instagram.com/amazingmalangeats?

Jika Anda berada di Alun-Alun Kota Malang, untuk menu makan siang Anda, Anda bisa mencoba Lontong Lonceng Tahu. Restoran ini sudah berjualan sejak tahun 1935.

Tentu saja rasa Tahu Lontong selalu menggiurkan di sini karena menggunakan bahan-bahan terbaik dengan resep yang konsisten sejak generasi pertama. Satu porsi Tahu Lontong Lonceng berisi potongan tahu, lontong, telur, taoge, potongan seledri, lalu ditaburi sambal kacang dan petis. Tak ketinggalan sejumput koya gurih yang membuat rasanya semakin istimewa.

Alamat: J L. Martadinata No. 66, Kota Malang, Jawa Timur 65118;
Jam buka:

  • Minggu – Jumat pukul 10.45 – 10.00 WIB
  • Sabtu 11.00 – 22.00 WIB;

Harga: Rp 10.000 – Rp 12.000.

5. Rawon Nguling Klojen Malang

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota MalangRawon Nguling Malang (instagram.com/amazingmalangeats)

Terakhir, ketika Anda bersantai di alun-alun kota Malang, belum lengkap rasanya jika belum menikmati Rawon Nguling. Rawon sendiri merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur, berisi potongan daging yang besar dan empuk beserta kuah hitam dari khas Keluwek.

Seporsi Rawon Nguling disajikan dengan nasi, taoge, dan sambal. Agar semakin nikmat, di sini Anda bisa menikmati Rawon dengan pilihan lauk lainnya mulai dari tempe, pie, empal, paru dan berbagai jeroan lainnya. Tidak hanya menu Rawon yang ditawarkan di sini, tetapi juga makanan khas Jawa Timur lainnya seperti nasi pecel, nasi lodeh, nasi campur dan masih banyak lagi.

Alamat: J L. Zainul Arifin No. 62, Kota Malang, Jawa Timur 65119;
Jam buka: 07.30 – 15.30 WIB
Harga: Rp 27.000 – Rp 55.000.

5 Tempat Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota MalangTentunya lima rekomendasi kuliner populer dekat alun-alun Kota Malang di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak destinasi wisata kuliner lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kota Malang. Tentunya selain mengunjungi sejumlah destinasi wisata alam yang memukau, kamu wajib mencoba sejumlah kuliner khas dari kota Malang yang tak kalah autentiknya, kan!

Baca Juga: 5 Kuliner Sego Sambel Paling Enak di Malang, Porsinya Tidak Cukup

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button