5 Rekomendasi Tempat Wisata di Waduk Pesisir Jatigede Sumedang - WisataHits
Jawa Barat

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Waduk Pesisir Jatigede Sumedang

INISUMEDANG.COM – Waduk atau Bendungan Jatigede kini menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Sumedang.

Waduk Jatigede tidak hanya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) saja, namun bendungan terbesar di Indonesia bahkan kawasan Asia Tenggara ini juga dijadikan sebagai tujuan wisata, dengan beberapa objek wisata yang menampilkan keindahan alam dari bendungan air yang bermunculan. .

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Sumedang, Waduk Jatigede, berikut 5 tempat wisata yang direkomendasikan di kawasan pesisir Waduk Jatigede.

  1. Wisata Panenjoan atau Masjid Al Kamil

Wisata Panenjoan Jatigede atau sekarang lokasi Masjid Al ini mudah dijangkau karena terletak di pesisir timur waduk Jatigede, tepatnya di desa Jemah kecamatan Jatigede.

Masjid Al-Kamil ini merupakan hasil rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dibangun untuk memukau sekaligus menarik perhatian para wisatawan. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya bagian Bendungan Jatigede yang dihiasi beberapa pulau kecil dari ketinggian.

  1. Wisata Tanjung Duriat

Wisata ini merupakan rekomendasi wisata alam lainnya di pesisir Waduk Jatigede, dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat pemandangan Waduk Jatigede yang indah dari atas bukit yang menjorok ke bendungan (tanjung).

Ciri khas wisata Tanjung Duriat adalah tanda Tanjung Duriat dengan simbol berupa logo cinta. Tidak hanya itu, ada juga papan nama Bendungan Jatigede raksasa, cocok untuk berfoto selfie dengan latar belakang bagian air Bendungan Jatigede yang indah.

Untuk menuju Wisata Tanjung Duriat, Anda bisa menempuh jalur Situaja – Pajagan atau jalur Tomo – Jatigede.

Selain selfie, wisatawan juga bisa menikmati kuliner di warung-warung yang siap menyajikan makanan khas Sunda, serta menu ikan bakar berbahan dasar ikan Waduk Jatigede.

Tersedia juga tempat perkemahan bagi anda yang ingin berkemah di Tanjung Duriat, serta fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir, toilet dan mushola.

  1. wisata Tegal Jarong

Wisata ini berlangsung di pantai utara Bendungan Jatigede dan termasuk dalam wilayah Desa Cijeungjing. Yang ditawarkan di sini adalah wisata panorama Bendungan Jatigede yang bisa dijadikan spot selfie dan kapal pesiar yang mengantar pengunjung berkeliling Bendungan Jatigede.

Selain itu kelebihan tempat wisata di Tegal Jarong ini adalah lokasinya yang tidak jauh dari bangunan Bendungan Jatigede. Dari Tanjung Duriat, wisatawan bisa melihat Bendungan Jatigede dari dekat.

Dipimpin oleh Karang Taruna dan warga sekitar, wisata ini terus mengembangkan sarana dan prasarananya. Jadi tidak ada salahnya jika tempat ini menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin berlibur di sekitar waduk Jatigede.

  1. Desa Buricak Burinong

Properti wisata ini terletak di Dusun Cisema, Desa Paku Alam, yang semakin berkembang karena wilayahnya berada di tepi Waduk Jatigede. Hal ini membuatnya layak menjadi rekomendasi destinasi wisata ke Sumedang.

Selain hamparan air yang indah di pesisir waduk Jatigede, Anda bisa mengandalkannya. Buricak Swimming Village menawarkan beberapa wisata kuliner keluarga dengan menu spesial ikan bakar dan nasi liwet sunda.

Lokasi ini awalnya memiliki keunggulan dibandingkan bangunan sekitarnya yang dicat warna-warni dengan warna yang menarik perhatian, sehingga menarik perhatian. Ditambah dengan dibangunnya spot atau tempat yang bisa dijadikan spot selfie.

Ada juga beberapa wahana wisata lain di sekitar tempat ini, seperti Forest Walk dan Take Off dan Paragliding Landings yang menambah kesan indah berwisata.

5 Wisata Puncak Damar

Tempat wisata ini juga berada di pesisir waduk Jatigede yang menyuguhkan keindahan hamparan waduk dan pulau-pulau kecil yang menghiasinya.

Beragam fasilitas yang dapat digunakan wisatawan seperti area bersila di beberapa shelter, paviliun, bumi perkemahan, outbond dan taman bermain anak-anak yang terbuat dari kayu memberikan nuansa alami.

Obyek wisata ini berada tidak jauh dari kawasan Buricak Burinong, sehingga dapat ditempuh melalui Jalan Kawasan Hutan dan Jalan Desa Paku Alam – Situaja.

Itulah 5 rekomendasi wisata alam di pesisir Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang. Namun sebagai informasi, masih ada beberapa wisata di sekitar Waduk Jatigede yang bisa Anda kunjungi, seperti Pesona Jatigede atau Pesona JG di Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button