5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah, Keajaiban Alam dan Keindahannya Bisa Menenangkan Mata - WisataHits
Jawa Tengah

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah, Keajaiban Alam dan Keindahannya Bisa Menenangkan Mata

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah, Keajaiban Alam dan Keindahannya Bisa Menenangkan Mata

Beberapa rekomendasi destinasi wisata di Jawa Tengah memang bisa menyejukkan mata karena keindahan dan pesona alamnya yang menawan.

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Jawa Tengah, simak penjelasannya di bawah ini dan jadikan salah satunya destinasi wisata Anda saat liburan panjang.

Seperti dilansir dari website Kemenparekraf, Desa Wisata Kandri terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Memiliki nama singkatan yaitu Dewi Kandri.

Dewi Kandri memiliki berbagai potensi wisata alam berupa Obyek Wisata Goa Kreo yang terletak di pulau kecil di tengah Waduk Jatibarang, serta berbagai potensi wisata buatan berupa Waduk Jatibarang yang dilengkapi dengan tempat wisata. kapal.

Sedangkan potensi kesenian di Desa Wisata Kandri meliputi Gendongan Bacaan, Kempling Kemanak, Gamelan, Karawitan, Sanggar Tari.

Tak hanya itu, ada pula kearifan budaya lokal berupa Kirab dan Kirab Budaya Rewanda Sesaji, Gua Legenda Kreo, Desa Nyadran, Makam Nyadran, Kali Nyadran, Waduk Barikan & Sedekah.

Desa Wisata Conto terletak di Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah. Desa ini berada di ujung utara dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Tempat wisata di Desa Wisata Conto terbagi menjadi beberapa kawasan antara lain kawasan Gua Resi, kawasan Bukit Gendol, Kebun Sayur Banteng, Lapangan Bertingkat, Sumber Camping Ground, Soko Langit, Lapangan Dalisemar, Puncak Kukusan dan Jalan Kenangan.

Selain itu, ada seni budaya berupa Angklung, Rebana, Kethek Ogleng, dan Reog yang dipentaskan pada setiap hajatan atau acara. Tapi masih bisa dilihat kalau ada prakteknya.

3. Desa Sambongrejo

Desa Sambongrejo adalah sebuah desa wisata di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kampung literasi SIKEP Sedulur atau disebut juga dengan kampung Samin yang terletak di dusun Blimbing merupakan salah satu destinasi unggulan di desa Sambongrejo.

Wisatawan yang datang ke desa tersebut diajak untuk bertemu, berdialog dan berinteraksi dengan warga Samin, terutama belajar dari kejujuran dan kesederhanaan masyarakat Samin.

Selain itu, ada kesenian Samin berupa Gejog Lesung, masakan asli Samin yang bisa dinikmati wisatawan.

Tidak hanya itu, wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan persawahan, kunjungan ke tempat bersejarah, dan juga kunjungan ke peternakan kambing etawa.

Selanjutnya desa wisata terbaik di Jawa Tengah berikutnya adalah Desa Wisata Ngidam Muncar. Kampung ini terletak di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Desa Wisata Ngidam Muncar merupakan desa wisata yang menampilkan keragaman budaya, alam dan kearifan lokal.

Budaya yang masih umum dilakukan di desa ini antara lain kepang ekor kuda, tari rodad, dan karawitan.

Suasana pedesaan masih terjaga keindahannya dan terdapat aliran Sungai Serang yang masih alami.

Tidak hanya itu, ada kearifan lokal dari aktivitas masyarakat desa Muncar seperti B. menerima jasa masyarakat/gotong royong, bercocok tanam, menangkap ikan, dan lain-lain, yang kemudian digunakan sebagai pendidikan bagi masyarakat di luar desa.

Desa Wisata Budaya Giyanti merupakan desa yang masih mengangkat budaya dan melestarikan adat istiadat secara turun temurun.

Desa ini terletak di antara Pegunungan Sindoro dan Sumbing di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Ini memiliki populasi sekitar 1.050 orang dengan 244 rumah tangga. Desa Giyanti memiliki keindahan erotisme alam yang masih asri dengan suasana persawahan dan ladang.

Hal yang menarik dari desa ini adalah adanya pasar Ting Njanti, sebuah pasar kuliner dengan konsep jadul yang dipadukan dengan seni dalam kemasannya.

Tidak hanya itu, desa ini sering dijadikan tempat pelatihan pendidikan, budaya, seni, alam, atau solidaritas untuk kerukunan umat beragama.

Inilah rekomendasi destinasi wisata di Jawa Tengah yang mungkin memanjakan mata wisatawan yang berkunjung ke sana.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button