5 rekomendasi kuliner jogja yang tidak manis dan akan membakar lidah dalam sekejap - WisataHits
Yogyakarta

5 rekomendasi kuliner jogja yang tidak manis dan akan membakar lidah dalam sekejap

koranmemo.com – Jogja terkenal dengan racikan manisnya, sehingga menurut sebagian orang mungkin kurang cocok dengan lidah mereka, terutama orang luar Jawa. Namun siapa sangka jika beberapa restoran di kawasan ini ternyata terkenal dengan rasa pedasnya.

Tentu saja, penikmat kuliner yang tajam bisa merasa seperti telah menemukan surga dunia. Karena selain bumbunya yang enak, cita rasa masakan beberapa tempat makan ini tidak perlu diragukan lagi.

Kamu bisa menyimpan daftar 5 kuliner pedas berikut ini agar kamu tidak lagi bingung mau makan apa saat traveling di Jogja. Yuk simak rekomendasinya.

1.Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti adalah kuliner pedas legendaris yang berdiri sejak tahun 1998. Tempat makan ini bisa dikatakan sebagai pelopor olahan Oseng Mercon di Jogja.

Restoran ini menawarkan menu utama yaitu Oseng Mercon yang terdiri dari kerikil, lemak babi, tulang muda dan daging sapi dengan olahan bumbu yang sangat pedas dalam satu porsi. Untuk disantap dengan seporsi nasi putih hangat tentunya agar cita rasanya semakin sempurna di lidah.

Terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Jogja tempat makan ini buka mulai pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB. Harga menu makan di sini berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 45.000.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Menyajikan makanan khas Jogja yang pedas, Restoran Gudeg Mercon Bu Tinah ini siap menjadi pahlawan lapar Anda saat malam tiba. Karena restoran ini hanya buka pada malam hari mulai pukul 9 malam WIB.

Jika Anda tidak ingin mengantri untuk mencoba gudeg di sini, Anda harus siap datang lebih awal. Tentunya karena banyak penikmat kuliner ini, antrean di tempat makan ini pun membludak, apalagi saat akhir pekan tiba.

Bagi Anda yang tidak suka pedas, Anda tetap bisa makan di sini dengan memesan gudeg biasa yang tidak pedas. Lokasinya di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta dengan harga menu mulai dari Rp 15.000 saja.

3. Entok Slenget Kang Tanir

Tempat makan ini menjual olahan masakan bebek atau bebek. Jika Anda berkunjung ke Entok Slenget Kang Tanir, Anda harus mencoba Entok Tongseng yang terkenal dengan pedasnya.

Karena hanya ada dua menu di sini, yaitu Tongseng Entok dan Balungan Entok, tidak ada salahnya mencoba keduanya.

Rasa makanannya masih cukup otentik di sini, karena dimasak secara tradisional dengan mangkuk api dan arang.

Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, lokasi restoran ini berada di Jl. Pakem Turi, Donokerto, Yogyakarta. Kisaran harga menu di sini adalah Rp 30.000.

4. Ayam Geprek Bu Rum

Sebagai pionir ayam geprek di Jogja, tentunya ayam geprek Bu Rum menjadi andalan para pelajar. Karena di sini kamu bisa makan nasi dan sayur sepuasnya.

Tentunya tempat ini juga menjadi tempat makan para pecinta pedas, karena disini anda bisa menentukan sendiri tingkat kepedasannya dengan memakan cabai sepuasnya.

Berdiri sejak tahun 2003, tempat makan ini masih eksis hingga saat ini, meski masih banyak warung lain dengan menu serupa.

Harga ayam geprek disini berkisar Rp 20.000. Saat ini juga tersedia varian Ayam Geprek seperti Balado, Keju, Cabe Hijau dan Rendang.

Lokasi ayam geprek ini berada di Jl. Wulung Lor, Papringan, Yogyakarta

5. Lele Mangut Mbah Martos

Makanan pedas khas Jogja yang bisa Anda coba saat berkunjung ke kota ini adalah Mangut Lele Mbah Marto. Olahan lele yang diasap selama beberapa jam dengan santan yang pedas, memiliki rasa dan aroma yang khas.

Tidak hanya mangut lele, makanan lain seperti gorengan, garang asem, opor, tempe bacem juga dijual di sini dengan harga mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Terletak di Jl. Sewon Indah No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Mangut Lele Mbah Marto hanya dijual di pekarangan rumahnya. Meski begitu, pecinta lele selalu ramai di sini.

Jadi Jogja tidak hanya terkenal dengan masakannya yang rasanya manis, ya, makanan pedasnya juga tidak kalah menggugah selera. Apakah Anda ingin mencobanya?***

Pengarang: Greselia Amanda

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button