5 Puncak Gunung di Pulau Jawa Dilarang Mengibarkan Bendera - WisataHits
Jawa Timur

5 Puncak Gunung di Pulau Jawa Dilarang Mengibarkan Bendera

solo

Bagi pecinta alam atau pendaki gunung, merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera di puncak gunung tentunya menjadi salah satu program wajib tahunan.

Namun perlu diketahui bahwa hingga Minggu (14/8) kemarin terdapat beberapa puncak gunung berapi di Indonesia yang telah direkomendasikan oleh Magma Indonesia, sehingga tidak ada aktivitas di area puncak tersebut karena masih dalam status waspada (Tier III) dan status waspada. (Tingkat II).

Mengutip laman resmi Magma Indonesia, magma.esdm.go.id, berikut daftar gunung berapi di Pulau Jawa yang masih berstatus waspada dan waspada sejak Minggu lalu hingga Senin (15/8/2022). Untuk data terbaru pengamatan Selasa hingga Rabu (16-17/8), silakan kunjungi magma.esdm.go.id besok.

1. Gunung Semeru (Siaga atau Level III)

Gunung Semeru terletak di Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Pada pantauan visual, Senin (15/8) periode pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

Selama 24 jam tersebut cuaca cerah disertai hujan dan angin kencang bertiup dari arah barat daya dan barat. Suhu udara berkisar antara 22 hingga 31 derajat Celcius.

Berdasarkan hasil observasi visual, klimatologi dan kegempaan Gunung Semeru, Magma Indonesia merekomendasikan 3 hal berikut:

  • Tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, hingga jarak 13 km dari puncak (pusat letusan). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun dalam jarak 500 meter dari bantaran sungai (batas sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena potensinya dari perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.
  • Dilarang bergerak dalam radius 5km dari Kawah/Puncak Gunung Semeru karena resiko terlempar batu (Merah)
  • Waspadai potensi longsoran awan panas (APG), aliran lahar dan lahar di sepanjang sungai/lembah yang berasal dari puncak Gunung Semeru, khususnya di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat, serta potensi sungai lahar kecil yang merupakan anak sungai dari Gunung Semeru Besuk Kobokan berada.

4 gunung lainnya antara lain raung, bromo, slamet, merapi, silahkan baca halaman selanjutnya…

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button