5 pulau di Indonesia yang menyimpan hewan yang dilindungi, apa saja itu? : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

5 pulau di Indonesia yang menyimpan hewan yang dilindungi, apa saja itu? : Okezone Travel

INDONESIA punya lebih dari 16 ribu Pulau dengan keunikannya. Beberapa di antaranya dikenal sebagai habitat atau rumah bagi hewan yang dilindungi seperti komodo yang merupakan hewan endemik. Bahkan nama hewan yang hidup di pulau tersebut dikaitkan dengan nama pulau tersebut.

Pulau-pulau tersebut tentu saja menjadi tujuan wisata, namun butuh adrenalin untuk sampai ke sana.

Mari kita lihat 5 pulau tempat tinggal hewan-hewan berikut ini!

BACA JUGA:5 Fakta Unik Tentang Pulau Kucing Di Indonesia Timur, Surganya Kekasih Anabul

1. Pulau Ular

Jika Anda ingin berlibur sekaligus menguji adrenalin, keberadaan Pulau Ular mungkin patut untuk dicoba. Seperti namanya, terdapat deretan ular laut dengan pola yang berbeda-beda, dari belang hitam putih hingga ular perak. Jika berminat bisa datang langsung ke Oi Caba, Nusa Tenggara Barat.

ilustrasi

2. Pulau Biawak

Jawa Barat kini tak hanya terkenal dengan Bandung atau Puncak Bogor saja, namun kini destinasi wisata Pulau Biawak juga diminati. Bukan sekedar nama, pulau ini sebenarnya dihuni oleh kumpulan biawak.

Mereka dikenal suka tinggal di kawasan mangrove yang memang menjadi rumah paling nyaman. Memang tidak sebesar komodo, namun Anda tetap harus mewaspadai hewan ini karena sangat agresif terhadap manusia. Jadi kalau ke Pulau Biawak tetap harus jaga diri, ya!

3. Pulau Bunga

Jika ingin berwisata melihat rumah kera, Pulau Kembang bisa menjadi pilihan. Spesies yang dominan menghuni pulau ini adalah monyet ekor panjang, tepat di tengah Sungai Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selama di sana Anda akan melihat berbagai pemandangan unik, mulai dari monyet yang menggendong anak hingga berkelahi dengan monyet lainnya.

4. Pulau Kalong

Jika Anda berwisata ke Nusa Tenggara, maka Pulau Kalong bisa menjadi tempat untuk merasakan alam baru. Karena di pulau tersebut terdapat ribuan kelelawar yang menghuni hutan mangrove. Jika Anda memiliki momen epik, Anda akan melihat ribuan kelelawar keluar dari sarangnya di sore hari untuk mencari makan.

Pulau Kalong dapat dicapai dengan speedboat dalam waktu 35 menit dari Laboan Bajo.

ilustrasi

Pulau Kalong

5. Pulau Komodo

Sebagai pulau yang terkenal di luar negeri, Pulau Komodo selalu menjadi daya tarik wisata utama di Nusa Tenggara Timur. Pulau yang termasuk dalam salah satu kawasan taman nasional ini merupakan markas bagi koleksi salah satu peninggalan hewan purbakala.

Tak heran jika banyak orang yang berani berfoto bersama. Apakah Anda juga ingin mengabadikan momen bersama Komodo? Kamu bisa datang langsung ke Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur ya.

Yakni, 5 pulau di Indonesia yang menjadi shelter khusus. Jadi, pulau mana yang ingin kamu kunjungi?

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button