5 Pesantren di Bogor dengan Kualitas Terbaik dan Harga Terjangkau - WisataHits
Jawa Barat

5 Pesantren di Bogor dengan Kualitas Terbaik dan Harga Terjangkau

pendidikan VIVA – Pesantren di Bogor secara kualitatif tidak kalah bagusnya dengan di kota-kota lain. Harganya juga masih sangat terjangkau. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar pesantren di Bogor, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bogor merupakan kota yang memiliki daya tarik menarik. Bogor dikenal tidak hanya sebagai kota wisata tetapi juga sebagai kota pendidikan yang menjadi pilihan banyak orang untuk hijrah ke Bogor untuk mengenyam pendidikan.

Berikut kami rangkum beberapa pondok pesantren di Bogor yang bisa direkomendasikan untuk tujuan pendidikan Anda. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pondok Pesantren Darul Muttaqien

Pesantren Darul Muttaqien

Pesantren Darul Muttaqien

Rekomendasi pesantren pertama di Bogor adalah pesantren Darul Muttaqien. Lokasinya di Jl. Jkt-Bogor No. KM 41, Jabon Mekar, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat. Pondok Pesantren Darul Muttaqien merupakan salah satu pondok pesantren terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.

Pesantren ini resmi berdiri pada tanggal 18 Juli 1988. Dari tahun ke tahun, Pondok Pesantren Darul Muttaqien mengalami kemajuan yang signifikan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sejauh ini, kegiatan pendidikan yang dikembangkan oleh Pondok Pesantren Darul Muttaqien meliputi: TK Islam, SD Islam Terpadu, SMPIT, TMI (Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah), TPQ dan Diniyah Takmiliyah.

Bagi Anda yang ingin mendaftar pesantren di Bogor ini, Anda bisa mendaftar atau mencari informasi lengkapnya di darul-muttaqien.com. Atau bisa menghubungi kontak admin di 087818071988.

2. Pesantren Adz Zikra

Az-Zikra

Pondok Pesantren Bogor ini terletak di Kompleks Perumahan Muslim Bukit Azikra Sentul, Cimpambuan, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Pesantren ini didirikan pada tahun 2015 oleh KH Muhammad Arifin Ilham. Saat ini, Ponpes Adz Zikra sedang menyelenggarakan program pendidikan pesantren pada jenjang yang sama.

  • Program Muadah (Menengah)

Program pendidikan pesantren ini berlangsung selama 6 tahun. Program utamanya adalah Tahfidz, Ilmu Diniyah dan Bahasa Arab-Inggris.

Program ini sesuai dengan sekolah menengah dengan fokus pada studi sosial. Program utamanya adalah Tahfidz, Ilmu Diniyah dan Bahasa Arab-Inggris.

Selain dua program di atas, ada juga jenjang Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada penguatan Tahfidzul Qur’an, penguasaan ilmu umum, akhlak dan keimanan.

Biaya kuliah untuk tahun ajaran 2022/2023

RA Az-Zikra Rp 8.200.000. sedangkan biaya bulanannya adalah Rp 400.000. untuk MI Plus Az-Zikra biayanya sekitar Rp 10.800.000, untuk satu bulan Rp 450.000. untuk Mudalam Az-Zikra (laki-laki) dari Rp 26.495.000, untuk satu bulan sekitar Rp 2.460.000.

Sedangkan Mudalam Az-Zikra (putri) biayanya sekitar Rp 28.745.000 dengan biaya bulanan sekitar Rp 2.460.000. sedangkan untuk MA Plus Az-Zikra adalah Rp 27.435,00 dengan biaya bulanan Rp 2.630.000.
Bagi Anda yang tertarik dan ingin mendaftar sekolah di sini, Anda bisa mendaftar di website ponpes-azzikra.org.

3. Pesantren Ibnu Taimiyah

Pesantren Ibnu Taimiyah

Pesantren lain di Bogor adalah Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah. Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) adalah lembaga pendidikan Islam yang berbasis Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan Manhaj Salafus Shalih.

Program pelatihan di PIT berlangsung selama 7 tahun. Angka tersebut adalah 3 tahun di tingkat MTS dan 3 tahun di tingkat MA. Kemudian ditambah dengan program wajib khidmah selama 1 tahun sebagai amalan dakwah dan pengabdian kepada umat.

Saat ini, PIT memberikan pendidikan melalui program beasiswa tingkat MTs dan MA untuk anak yatim. Cek informasi lengkapnya di website ibnutaimiyah.com. Pesantren Ibnu Taimiyah beralamat di Jl. Raya Pondok Bitung, Sukaharja, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

4. Pesantren Terpadu Al Kahfi

Pesantren Terpadu Al Kahfi

Pesantren Terpadu Al Kahfi

Pesantren berkualitas lainnya di Bogor adalah Pesantren Terpadu Al Kahfi. Pesantren Terpadu Al Kahfi adalah lembaga pendidikan swasta di bawah naungan Yayasan Pedesaan Nusantara (YPN) dengan Piagam Pendirian No. 26 11 Agustus 1993 SK. Menteri Keuangan No. M-10-HT.03 Th. 1992.

YPN didirikan pada tahun 1993 dengan H. Armansyah Putra, SE (kemudian) dan Hj. Endang Pudjiastuti, SmHK sebagai pendiri dan pengurus yayasan. Sejak meninggalnya H. Armansyah Putra, SE, pengelolaan dilanjutkan oleh keluarga besarnya

Pada tahun 2004, YPN didirikan dengan salinan Perubahan No. 9 tanggal 29 Juni 2004, Keputusan Menteri Kesehatan No. C-920-HT.03.01. Th. 1999. Dengan Ketua Yayasan yaitu H. Kemas Taufik Mukhtar, SE.

Awalnya yayasan ini memiliki kegiatan pendidikan, pembukaan taman kanak-kanak dan program TPA yang diperuntukan bagi masyarakat Desa Srogol dan sekitarnya. Sejak tahun 2002, yayasan tersebut membuka pesantren dengan menyelenggarakan program pendidikan formal sekolah menengah pertama, yang lebih dikenal dengan SMPIT Al Kahfi.

Tepat pada tahun 2007, Pesantren membuka program pendidikan tinggi baru yang disebut SMAIT Al Kahfi dan Madrasah Aliyah pada tahun 2013. Dari tahun ke tahun, manajemen Pesantren menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, upaya selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas manajemen, baik dengan memenuhi kebutuhan lembaga pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan, keterampilan tenaga kependidikan dan peningkatan sumber daya manusia pondok pesantren pada umumnya.

Lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al Kahfi antara lain TK Al Kahfi, SMP Al Kahfi, SMA Al Kahfi, Madrasah Al Kahfi, Tahfidzul Quran-LTQ dan STTQ Al Kahfi. Kunjungi website resminya di pesantrenalkahfi.com untuk informasi lebih lanjut. Pesantren ini terletak di Jalan Desa Srogol, Kec. Cigombong, Bogor.

5. Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Rekomendasi terakhir untuk pesantren di Bogor adalah Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Nama Ummul-Quro berasal dari nama panggilan kota Mekah di Arab Saudi. Maksud sang pendiri mengambil nama ini adalah untuk menerima tabarrukan (berkah) dari kota suci Mekkah yang selalu dibanjiri umat Islam dari seluruh dunia.

Yang dimaksud dengan tabarrukan oleh para pendiri pesantren disini adalah bahwa pesantren ini juga selalu dibanjiri umat Islam yang datang dari berbagai daerah di pelosok tanah air, tidak menutup kemungkinan juga dari luar Indonesia untuk kesana untuk menuntut ilmu. para petani ini. Kata “Al-Islami” menurut Ummul-Quro digunakan untuk memberikan kualitas dan pengesahan sebagai lembaga pendidikan Islam.

Pondok Pesantren modern Ummul-Quro Al-Islami memulai tonggak sejarahnya pada tanggal 21 Juli 1993 atau bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1413 H, ditandai dengan peletakan batu pertama berdirinya masjid pesantren oleh Ro’is NU berbakti Bogor KH. Muhtar Royani (Ketua Pondok Pesantren Riyadul Aliyah Cisempur, Caringin Bogor) yang juga dihadiri oleh staf MUSPIKA (Bpk. Camat, DANRANMIL, Kapolsek) serta beberapa ulama setempat dan beberapa ulama dari Jawa Timur.

Pesantren ini resmi mulai beroperasi pada 10 Juli 1994, dengan KH sebagai pimpinan pesantren. Helmy Abdul Mubin, Lc. (Inisiator dan Pendiri). Saat ini Ponpes Ummul Quro menyelenggarakan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal di tingkat MTs dan MA.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses situs resminya di pp-ummulquro.com. Alamat pondok pesantren ini berada di Jl. Moh Noh Noer Rt.004/004 Kp.Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat 16640.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi pondok pesantren berkualitas di Bogor dengan biaya terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button