5 Pasar terapung di Indonesia bisa menjadi tujuan wisata yang tidak biasa - WisataHits
Yogyakarta

5 Pasar terapung di Indonesia bisa menjadi tujuan wisata yang tidak biasa

5 Pasar terapung di Indonesia bisa menjadi tujuan wisata yang tidak biasa

2. Pasar Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pasar Muara Kuin adalah salah satu pasar terapung paling terkenal di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar Muara Kuin terletak di antara sungai Kuin dan Barito.

Seperti pasar tradisional pada umumnya, pengunjung pasar terapung ini bisa menemukan kebutuhan pokok seperti buah-buahan, sayur mayur, sembako, perlengkapan rumah tangga, lauk pauk dan masih banyak lagi. Uniknya, para pedagang masih menggunakan sistem barter di pasar ini.

Pasar berusia 400 tahun ini merupakan pionir sekaligus pasar terapung tertua di Indonesia.

3. Pasar Terapung Langkat

Tak hanya di Kalimantan, wisatawan juga bisa mengunjungi pasar terapung di Langkat, Sumatera Utara. Pasar Terapung Langkat terletak di Desa Pulau Sembilan, Sumatera Utara.

Pasar Terapung Langkat di Sumatera Utara baru diresmikan pemerintah pada tahun 2009 karena terinspirasi dari pasar terapung di Pulau Kalimantan. Pasar ini bertujuan untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu sebagai komoditas unggulan di Kabupaten Langkat.

4. Pasar Terapung Lembang, Jawa Barat

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, Lembang juga memiliki pasar terapung bernama Lembang Floating Market. Pasar terapung ini merupakan pasar terapung modern.

Pasar terapung Lembang juga berhasil menarik perhatian wisatawan. Pasar terapung ini memiliki luas 7,2 km dan memiliki konsep yang cukup unik karena menggabungkan tema yang berbeda yaitu pendidikan, permainan, dan makanan.

Selain itu, terdapat rumah rekreasi dengan gaya arsitektur unik yang menambah daya tarik pasar terapung Lembang. Pasar terapung ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam dan paling ramai dengan turis di akhir pekan.

5. Pasar Terapung Nusantara

Ada juga pasar terapung di Jawa Timur yaitu Pasar Terapung Nusantara yang berlokasi di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Seperti pasar tradisional pada umumnya, pengunjung Pasar Terapung Nusantara bisa menemukan berbagai kebutuhan seperti sayur dan buah, sembako, perlengkapan rumah tangga dan lainnya.

Di sini, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling Pasar Terapung Nusantara.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button