5 makanan khas surabaya yang wajib masuk daftar kuliner, sayang kalau belum coba - WisataHits
Jawa Timur

5 makanan khas surabaya yang wajib masuk daftar kuliner, sayang kalau belum coba

5 makanan khas surabaya yang wajib masuk daftar kuliner, sayang kalau belum coba

Surabaya (beritajatim.com) – Berkunjung ke Surabaya tidak lengkap tanpa pengalaman kuliner. Makanan khas Surabaya yang wajib dicoba ini belum tentu tersedia di semua kota.

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur dengan pemandangan kota yang teduh. Karena itu, banyak orang menyempatkan diri untuk berkunjung ke Surabaya. Selain sebagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang lengkap, Surabaya juga dikenal sebagai tempat kuliner yang eklektik.

Selain restoran yang sudah memiliki nama besar seperti Richeese Factory dan Mie Gacoan. Berikut ini adalah makanan khas Surabaya yang hanya ada di Surabaya.

1. Salad Cingur

Rujak cingur adalah masakan kuliner yang terdiri dari potongan cingur atau hidung sapi yang dimasak, sayuran yang dimasak seperti kangkung dan taoge, lalu di atasnya ditaburi terasi dengan bumbu kacang khas Jawa Timur.

Bahan tambahan lainnya juga bisa ditambahkan irisan lontong atau buah, seperti nanas. Makanan ini sangat khas dan populer di Surabaya, sehingga penjual Rujak Cingur bisa Anda temukan hampir di setiap sudut kota Surabaya.

2. Setan Rawon dan Kalkulator Rawon

Rawon adalah masakan soto yang identik dengan Surabaya. Rawon memiliki sejarah yang menarik termasuk Devil’s Rawon Menu dan Kalkulator Rawon yang populer di Surabaya. Namun, Rawon telah ada selama lebih dari 1.000 tahun. Nama Rawon disebutkan dalam prasasti Taji (901) sebagai Rarawwan (sayuran rawon).

Menggunakan Kelwek di Rawon memunculkan warna hitam serta aroma dan rasa pedas di Rawon. Rawon berisi potongan daging dan tauge yang empuk. Juga biasanya pelengkap topping bawang goreng, sambal, telur asin dan kerupuk.

Dua tempat makan Rawon yang terkenal di Surabaya adalah Rawon Setan di Jalan Embong Malang No. 78/I dan Kalkulator Rawon di Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo.

3. Pecel Semanggi Surabaya

Hidangan khas lain yang wajib dicoba dari kota Surabaya adalah shamrock. Seperti namanya, pecel semanggi terbuat dari shamrock (sejenis pakis) yang dikukus dan disajikan dengan berbagai sayuran lain seperti kecambah.

Kemudian disiram dengan sambal kacang khas pecel yang memiliki rasa gurih, manis dan pedas. Selain itu, Kleepecel selalu disajikan dengan kerupuk Puli sebagai mitra.

4. Lontong makanan khas Surabaya

Selain makanan di atas, kota Surabaya juga menawarkan makanan khas yang berbahan dasar lontong. Ada Lontong Kupang dan Lontong Balap.

  • Lontong Kupang adalah masakan sup yang terbuat dari kerang atau kerang putih kecil yang dimasak dengan bumbu. Cita rasa Lontong Kupang tercermin dari perpaduan bumbu, jeruk nipis dan petis. Makanan ini hanya tersedia di Surabaya dan beberapa kota lain di sekitarnya seperti Sidoarjo dan Gresik.
  • Lontong Balap khas Surabaya ini sangat unik karena berasal dari pedagang yang selalu membawa sekeranjang barang, sehingga terlihat seperti sedang balapan. Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Kemudian di atasnya diberi saus manis dan gurih.

5. Sate Klopo, Sate Kerak dan Sate Lisdu

Kota Surabaya juga memiliki berbagai macam olahan sate. Ada tiga sate khas Surabaya yang wajib kamu coba.

  • Sate klopo adalah potongan daging yang ditusuk dan ditaburi kelapa parut yang dibumbui. Ada beberapa tempat di Surabaya yang menjual sate klopo ini. Rasa sate Klopo ini sangat kaya akan bumbu, gurih, empuk dan sedikit manis.
  • Sate karak terbuat dari usus dan disajikan dengan karaka tau, sejenis ketan hitam. Sate Karak disajikan dengan parutan kelapa untuk memberikan tekstur dan rasa yang unik. Anda bisa menemukan sate ini sudah banyak dijual di area traffic light Surabaya.
  • Sate Lisdu terbuat dari ayam kampung yang dibumbui dengan bumbu kacang dengan bumbu yang kuat. Sate ini tidak bisa dibuat sembarangan karena ada teknik khusus, terutama dalam hal menembak.

Ini dia makanan Surabaya yang wajib dicoba saat berkunjung. Tidak hanya mengunjungi restoran populer, Anda juga harus makan dengan makanan khas Surabaya yang disebutkan di atas. (kai/ian)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button