5 Makanan Khas Bandung Yang Murah Dan Mudah Ditemukan - WisataHits
Jawa Barat

5 Makanan Khas Bandung Yang Murah Dan Mudah Ditemukan

Bandung merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat. Dijuluki Kota Kembang, kawasan ini memiliki beberapa destinasi wisata yang ditawarkan.

Selain destinasi wisata yang bisa dikunjungi, Anda juga bisa menikmati kuliner saat datang ke Bandung. Hal ini dikarenakan jenis makanan khas Bandung sangat bervariasi.

Mungkin sebagian dari kalian mengenal Batagor atau Seblak. Itulah contoh makanan khas Bandung yang bisa ditemukan di sana.

Kali ini, Katadata.co.id Saya ingin membahas beberapa kuliner khas Bandung yang bisa Anda pilih saat berlibur ke sana. Dirangkum dari beberapa situs, simak pembahasan berikut ini.

Makanan khas Bandung

1. Cuanki

MAKANAN KHUSUS BANDING

MAKANAN KHUSUS BANDUNG (detikFood)

Makanan khas Bandung yang pertama adalah cuanki. Hidangan ini biasanya disajikan saat masih hangat dengan kuah kaldu dan potongan tepung tapioka yang dicampur ikan atau daging sapi. Cuanki juga merupakan jajanan khas yang mudah ditemukan di seluruh penjuru kota Bandung. Biasanya Cuanki dijual oleh Hawker bersaudara dengan menggunakan gerobak yang mereka bawa sendiri. Harganya juga relatif murah. Cuanki biasanya disajikan dengan bakso, pangsit kukus dan goreng, tahu goreng dan taburan bawang merah goreng. Selain itu juga akan diiris daun seledri yang akan membuatnya lebih segar dan harum.

Mengutip dari Detik News, kata cuanki berasal dari istilah tersebut ChoanKie Ini adalah merek dagang dimsum yang dipopulerkan di Bandung saat itu dan dibuat di Cimahi. Cuanki diketahui pertama kali dibuat oleh mantan karyawan Choan Kie. Namun mereka juga melakukan perubahan karena Choan Kie menggunakan minyak dan daging babi. Agar bisa dikonsumsi semua orang, mereka menggunakan ikan kembung.

2.Batam

MAKANAN KHUSUS BANDING

MAKANAN KHUSUS BANDUNG (Kompas)

Batagor adalah makanan khas Bandung yang mulai populer di tahun 80-an. Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu Goreng. Sehubungan dengan hal tersebut, batagor diketahui mengandung berbagai campuran makanan. Dilaporkan oleh Bandung 24 jam, Batagor pertama kali digagas oleh Haji Isan tahun ini. Tokoh tersebut dijelaskan sebagai pendatang asal Purwokerto yang pindah ke Bandung. Haji Isan awalnya berjualan tahu bakso. Tapi barangnya tidak pernah habis. Ini membuat barang basi dan tidak bisa dimakan. Maka ia mencoba mengatasinya dengan cara digoreng.

Batagor sekarang biasanya digoreng dengan kulit pangsit. Jadi, Anda akan merasakan kelembutan daging dan kerenyahan kulit pangsit gorengnya. Ada juga tahu goreng dan potongan timun. Batagor disajikan dengan bumbu kacang, lengkap dengan kecap manis dan perasan jeruk nipis.

3. Soto Bandung

MAKANAN KHUSUS BANDING

MAKANAN KHUSUS BANDUNG (LOTTE Mart)

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki banyak jenis. Biasanya soto diikuti dengan nama daerah. Contohnya adalah Soto Bandung. Kacang kedelai panggang dan potongan daging sapi serta tetelan melengkapi sajian ini dengan kuah yang segar. Ada juga bubuk lobak dan tomat. Soto Bandung biasanya dimakan dengan nasi dan kerupuk.

Menu ini bisa Anda jadikan sebagai daftar kuliner yang akan Anda jumpai saat berkunjung ke Bandung. tripzilla dibahas juga tempat makan soto bandung yang terkenal dengan kelezatannya. Diantaranya Soto Bandung M. Tarya, Soto Ojolali, Soto Bandung Pak Simon, Kedai Soto Boscha dan RM Soto Bandung ADLIS.

4. Seblak

MAKANAN KHUSUS BANDING

MAKANAN KHUSUS BANDUNG (Masakan Kintamani)

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah Seblak yang sedang diincar oleh anak muda. Meily Furnia dalam bukunya berjudul Hits & Simple Daily Cooking: Lebih Nikmat Tanpa MSG (2019) menjelaskan, Seblak sebenarnya baru pertama kali ada di kawasan Parahyangan. Rasa khas dari makanan ini adalah pedas dan mengenyangkan. Seblak menggunakan bahan utama kerupuk yang dimasak hingga empuk. Bumbu spesial yang memberikan rasa dan aroma seblak adalah racikan bubur kencur. Seblak biasanya disantap sebagai hidangan utama atau sekadar camilan untuk menopang perut.

Saat ini seblak biasanya dicampur dengan bumbu yang berbeda. Misalnya seperti bakso, sosis, daging, ceker dan lain-lain. Ada tiga jenis Seblak yang dijual di pasaran. Diantaranya seblak kering, kuah dan kerupuk seblak. Varietas kering dan saus berbeda dalam jumlah saus. Tapi bumbunya diproses dengan cara yang sama. Sedangkan kerupuk seblak biasanya melalui proses pembakaran hingga garing lalu dilumuri bumbu kering. Hal yang unik dari Seblak adalah campuran cabainya yang relatif banyak. Jadi seblak biasa disantap dengan rasa yang sangat tajam.

5. Lumpia basah

MAKANAN KHUSUS BANDING

MAKANAN KHUSUS BANDUNG (YouTube/Ika Mardatillah)

Berikutnya adalah lumpia basah. Makanan ini merupakan salah satu jajanan yang banyak ditemukan di Bandung. Berbeda dengan kebanyakan lumpia, makanan ini tidak dibentuk dan digulung untuk menutupnya. Tetapi hanya dengan mantel lumpia, di mana isiannya berasal. Biasanya kulit lumpia terlebih dahulu dilapisi dengan bumbu bertekstur lengket yang terbuat dari campuran tepung maizena atau maizena.

Isiannya terdiri dari potongan bengkoang, telur, tauge, sosis atau lainnya yang disesuaikan dengan selera. Adonan tersebut digoreng dengan bumbu khusus kemudian diletakkan di atas kulit lumpia yang terbuka. Lumpia biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang.

Itulah lima makanan khas Bandung yang wajib disantap saat liburan di kota kembang. Tertarik untuk mencobanya dari daftar di atas?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button