5 makanan kekinian yang populer dijadikan oleh-oleh di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

5 makanan kekinian yang populer dijadikan oleh-oleh di Indonesia

jakarta

Tentu saja ada banyak sekali oleh-oleh makanan di Indonesia. Namun diantara sekian banyak oleh-oleh, ada beberapa makanan kekinian yang kini banyak dicari orang.

Budaya masyarakat Indonesia yang sering membawa oleh-oleh atau oleh-oleh saat pulang dari suatu daerah atau berkunjung ke rumah sanak saudara sudah ada sejak lama. Biasanya oleh-oleh yang paling sering dibawa adalah makanan.

Nah, jenis makanannya tentu berbeda-beda, karena setiap daerah memiliki ciri khas oleh-oleh khasnya masing-masing. Misalnya pempek yang merupakan oleh-oleh wajib dari Palembang, atau bakpia yang selalu dibawa pulang oleh masyarakat sepulang dari Yogyakarta.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Berikut lima makanan khas Indonesia yang paling populer sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: Ada 5 Restoran Enak di Dekat TPU Menteng Pulo, Mulai Bakso Hingga Ayam Penyet Lengkap

1. Pia ke Lapis Legit

Disebut kue lapis Kue berlapis yang disebut “Lapis Legit” atau “Pekkoek” dari Indonesia diisolasi dengan latar belakang putih. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jennzhen

Bali saat ini banyak dikunjungi oleh para kepala negara untuk menghadiri KTT G20 ke-17 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022. Nah, Bali sendiri adalah tujuan wisata paling populer di Indonesia. Banyak makanan khas yang dijadikan oleh-oleh di sana.

Seperti Pia Enji yang pertama kali didirikan pada tahun 2013 lalu. Pie Enji berhasil menggantikan Pia sebelumnya. Pia Enji dengan tiga rasa utama.

Yaitu coklat, kacang hijau dan keju. Jika ingin sesuatu yang berbeda, Anda juga bisa mencoba durian dan telur asin. Ciri khas kulit Pia Enji adalah tetap renyah dan ukurannya lebih besar dari Bakpia Yogyakarta.

Jangan lewatkan menu oleh-oleh kue susu yang ikonik. Selain yang baru ada Harum Cake, lapis premium asli yang menjadi icon oleh-oleh terbaru disana.

2. Bakpia kukus dan coklat

5 makanan kekinian yang populer dijadikan oleh-oleh di Indonesia5 Oleh-Oleh Makanan Kontemporer Populer di Indonesia Foto: Site Shop/Visual

Selain Bali, Yogyakarta masuk dalam daftar destinasi wisata lokal yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Kota ini terkenal dengan makanannya yang murah.

Salah satu makanan yang wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta adalah bakpia. Namun beberapa tahun terakhir, bakpia memiliki versi modern yaitu bakpia kukus. Bakpia versi lama yang lebih lembut dan creamy. Isian bakpia kukus ini beragam mulai dari cokelat hingga matcha.

Terakhir ada coklat lokal. Namanya Chocolate Monggo, cokelat lokal paling populer dari Yogyakarta. Bagi penggemar dark chocolate wajib coba Chocolate Monggo yang memiliki konsentrasi 58%.

3. Pancake Durian dan Risol

5 makanan kekinian yang populer dijadikan oleh-oleh di Indonesia5 Oleh-Oleh Makanan Kontemporer Populer di Indonesia Foto: Site Shop/Visual

Di Medan, kuliner yang ditawarkan lebih beragam. Namun ternyata selain Bika Ambon hingga Bolu Meranti, masih banyak ditemukan oleh-oleh kekinian yang enak di Kota Medan. Salah satunya adalah pancake durian.

Pancake durian ini menggunakan 100% daging durian Medan tanpa bahan pengawet atau bahan kimia. Dan tanpa pewarna berbahaya. Tak heran jika serabi durian sedang booming di sana sebagai oleh-oleh. Salah satu yang paling terkenal adalah serabi Ucok Durian.

Selain lucu. Ada oleh-oleh dari Risol Spesial Gogo hits. Ini terdiri dari sayuran dan potongan ayam dan disajikan dengan saus spesial yang lezat. Tak heran jika Risol Gogo kini menjadi favorit di Medan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button