5 kegiatan seru di TAMAN SITU LEMBANG - WisataHits
wisatahits

5 kegiatan seru di TAMAN SITU LEMBANG

5 kegiatan seru di TAMAN SITU LEMBANG

Harga tiket masuk Taman Situlembang : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 12910.

Selain Taman Menteng, Jakarta memiliki taman lain yaitu Taman Situ Lembang. Letak kedua taman ini cukup berdekatan satu sama lain di kawasan pusat Jakarta. Nama ‘Situ Lembang’ berasal dari keberadaan danau (situ) dan Jalan Lembang yang mengelilinginya.

Danau buatan di tengahnya menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan danau di kawasan ibu kota seperti ini merupakan sesuatu yang langka. Dengan demikian, taman ini menjadi alternatif yang baik bagi penduduk kota yang ingin mencari pemandangan berbeda. Bersantai sejenak di taman ini bisa menjadi pilihan liburan akhir pekan yang menyenangkan.

Tiket masuk Taman Situ Lembang

Seperti Taman Menteng, Taman Situ Lembang juga tidak mematok tiket masuk. Jadi semua orang bisa menggunakan fasilitas umum ini secara gratis. Siapkan uang tunai jika ingin mencicipi jajanan yang berjejer di sekitar taman.

Tiket masuk
Biaya masuk Bebas

Baca: 5 Kegiatan Menarik di SUROPATI PARK

Jam buka

Taman ini terbuka untuk umum setiap hari. Pengunjung dan wisatawan bisa datang ke sini kapan saja. Biasanya pada pagi dan sore hari ramai pengunjung berolahraga.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Rekreasi di Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Taman ini berasal dari waduk Kali Cideng yang ditata ulang menjadi lebih bersih. Danau ini sudah ada sejak tahun 1918, menjadikannya salah satu taman tertua di Jakarta.

Sebelum berfungsi penuh sebagai ruang publik, taman ini sempat dipenuhi pedagang kaki lima. Padahal, taman ini merupakan bagian dari kawasan pemukiman elit Menteng. Saat ini Taman Situ Lembang lebih banyak digunakan oleh warga untuk berolahraga atau bersantai.

Baca: Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah TMII dan 10 Wahana Seru

Danau multifungsi

Air mancur di tengah danauSinar matahari menyorot air mancur di tengah Danau Taman Situ Lembang pada pagi hari – Foto: Google Maps/Marror

Seperti namanya, sebagian wilayahnya berupa telaga atau telaga. Tapi jangan bingung dengan Situ Lembang yang ada di Lembang. Telaga ini sudah ada sejak pendudukan Belanda sebagai waduk Kali Cideng.

Luas taman mencapai 14.700 meter persegi, dan sebagian besar berupa danau. Selain fungsi utamanya, telaga ini juga sebagai penyejuk. Di sekitar danau terdapat berbagai pepohonan rimbun yang menambah keteduhan.

Pada tahun 1984, penambahan tanaman teratai dan air mancur semakin memperindah danau ini. Ada juga spot khusus memancing di beberapa tempat. Dengan begitu, danau ini bisa menjadi tempat rekreasi yang sederhana dan menyenangkan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana PALAIS DES ENFANTS

Memancing di pusat kota

Duduk di tepi danau untuk memancingMemancing adalah salah satu kegiatan favorit pengunjung Taman Situ Lembang – Foto: Google Maps/SARWO EDHIE

Memang sulit bagi pecinta kegiatan memancing untuk menemukan tempat memancing di pusat kota. Oleh karena itu, danau ini menjadi semacam oasis. Di sekitar danau sengaja ditata tempat-tempat untuk memancing.

Danau di sini memiliki sejumlah koleksi ikan seperti lele nila. Pengunjung hanya perlu membawa alat tangkap sendiri untuk kegiatan memancing. Banyak sekali pengunjung yang sengaja menghabiskan berjam-jam memancing. Ditambah dengan suasana taman yang rindang, semua orang akan betah.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Taman Ismail Marzuki

Olahraga dan permainan

Orang tua bisa menemani anak bermainPengunjung segala usia dapat dengan nyaman dan senang menghabiskan waktu di taman ini – Foto: Google Maps/Ario Nugroho

Taman Situ Lembang memang tidak sebesar Taman Menteng atau Taman Suropati. Namun, lokasinya cukup nyaman untuk jogging atau jalan santai. Hal ini karena terdapat jalan beraspal yang nyaman mengelilingi kawasan danau. Setidaknya butuh sekitar 10 menit untuk berjalan mengelilingi seluruh taman.

Selain itu, di sudut taman juga terdapat area kebugaran outdoor. Sejumlah alat fitnes sederhana untuk melatih otot lengan atau kaki tersedia di sini. Fasilitas ini dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin berolahraga. Sangat cocok jika Anda mengakhiri sesi lari pagi atau sore Anda dengan melatih otot di sini.

Selain itu, di sudut lain terdapat taman bermain untuk anak-anak. Arena ini menawarkan wahana seperti perosotan dengan terowongan dan ayunan. Patung binatang juga menghiasi sekitarnya. Sedangkan lantainya terbuat dari bahan karet yang cukup empuk untuk menjaga keamanan anak saat bermain.

Bangku taman secara kasar tersebar di sekitar taman. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk duduk bersantai sambil memandangi danau yang tenang. Jika Anda membutuhkan patokan tempat rekreasi budget, taman ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana ANCOL ECOPARK

Pos pemeriksaan olahraga

Jogging di sekitar Danau Taman Situ LembangMenikmati aktivitas olahraga di ruang terbuka yang diselimuti udara segar dan pepohonan rindang yang menyejukkan mata – Foto: Google Maps/Muhammad Azis

Area taman mungkin tidak cukup untuk olahraga lari. Namun, taman ini bisa menjadi pos pemeriksaan jalur olahraga di kawasan Menteng. Daerah ini memiliki taman yang keren.

Taman Menteng, Taman Suropati dan Taman Kodok berada tidak jauh dari Taman Situ Lembang. Cobalah untuk membuat rute khusus yang dapat melewati seluruh taman. Dengan demikian, kegiatan olahraga pagi atau sore tidak akan membosankan. Tentu menyenangkan untuk bersepeda di sekitar area ini atau berlari.

Baca: 33 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Fasilitas Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang memiliki sejumlah fasilitas umum untuk kenyamanan masyarakat. Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan mushola dan toilet di sini. Tong sampah dan bangku taman juga tersebar di seluruh taman. Sedangkan untuk kendaraan seperti mobil atau motor bisa parkir di sekitar taman.

Lokasi Taman Situ Lembang

Taman kota ini terletak di Jalan Terusan Lembang No. D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang terhubung dengan berjalan kaki. Transjakarta atau Kopaja dengan spesialisasi Senen – Lebak Bulus bisa dipilih. Dari Taman Menteng, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 750 meter.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button