5 Fakta Menarik Surabaya, Artis Ibukota Nomor 3 yang Bikin Ketagihan - WisataHits
Jawa Timur

5 Fakta Menarik Surabaya, Artis Ibukota Nomor 3 yang Bikin Ketagihan

SURABAYA, iNews.id – Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Surabaya dengan mengunjungi Kota Pahlawan. Kota terbesar kedua di Indonesia ini memiliki banyak sisi unik, mulai dari karakter masyarakatnya, destinasi wisata, sarana transportasi hingga keragaman kulinernya.

Sebagai kota metropolitan, Surabaya adalah kota yang lengkap. Surabaya tidak hanya memiliki bandara dan pelabuhan utama, tetapi juga terminal dan stasiun kereta api yang menghubungkan berbagai kota termasuk Jakarta.

Karena itu, Surabaya kerap menjadi pusat bisnis dan perdagangan. Perekonomian kota juga berkembang pesat, disertai dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Kota Surabaya akan mencapai 2.972.801 jiwa pada tahun 2022. Angka tersebut menjadikan kota Surabaya sebagai daerah terpadat di Jawa Timur.

Tak heran, kota ini memiliki banyak sisi menarik. Lalu apa saja fakta menarik tentang Surabaya yang bisa kita temukan? Ini daftarnya.

1. Patung Suroboyo

Patung Suroboyo (Foto: Liburan).Patung Suroboyo (Foto: Liburan).

Patung Suroboyo merupakan ikon atau simbol kota Surabaya. Arca ini berbentuk ikan hiu atau suro dan buaya atau boyo. Keduanya digambarkan saling serang dengan buaya di bawah dan hiu di atas.

Ada tiga patung Suroboyo, yang pertama di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), kawasan Wonokromo, yang kedua di kawasan memorial kapal selam dan yang ketiga di Kenjeran. Di antara ketiga patung tersebut, patung di depan KBS lah yang paling populer.

Selain dibangun jauh lebih awal, patung ini banyak dikunjungi pengunjung dan menjadi bahan foto orang-orang yang lewat, terutama pendatang. Tak jarang mereka datang dari luar hanya untuk berfoto di depan patung.

Karena tingginya jumlah pengunjung, lokasi ini sudah lama menjadi ladang aktivitas para penyedia jasa foto. Mulai foto efa dengan negatif film hingga digital seperti sekarang.

Penerbit : Ihya Ulumuddin

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button