5 Fakta Gunung Sepikul, Perjalanan Legenda Roro Jonggrang - WisataHits
Jawa Tengah

5 Fakta Gunung Sepikul, Perjalanan Legenda Roro Jonggrang

Mendaki gunung membawa adrenalin yang tidak biasa Wisatawan. Tidak harus gunung yang tinggi, Anda bisa mulai mendaki dengan mendaki gunung yang lebih mudah diakses. Salah satunya adalah Gunung Sepikul.

Gunung Sepikul adalah sebuah gunung di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Gunung ini menawarkan panorama alam yang menyegarkan.

Jika Anda berencana berlibur ke sini, berikut lima fakta Gunung Sepikul yang konon erat kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang. Pendaki pemula boleh banget kesini!

1. Tingginya mencapai 350 meter di atas permukaan laut

5 Fakta Gunung Sepikul, Dekat Dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/noviandhimasy)

Bagi pecinta wisata alam, Gunung Sepikul mungkin sudah tidak asing lagi. Meski disebut gunung, ketinggian tempat ini cukup rendah dibandingkan gunung pada umumnya yang hanya sekitar 350 meter di atas permukaan laut (massa).

Bahkan, kawasan pegunungan yang terdiri dari dua gundukan batu purba ini sering dijadikan tempat latihan para pemanjat tebing pemula. Sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi, biasanya mereka mendaki Gunung Sepikul terlebih dahulu.

Untuk mencapai puncak, pendakian hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Jalur pendakiannya cukup mudah. Menanjak, tapi tidak terlalu curam.

2. Pemandangan alamnya bukan lelucon, tiang yang indah!

5 Fakta Gunung Sepikul, Dekat Dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/zeny_acill)

Panorama alam Gunung Pikul memang sangat memukau. Pengunjung akan dibuat takjub, karena setiap sisi menampilkan keindahan yang berbeda.

Di sisi selatan, pengunjung dapat menikmati pemandangan pegunungan memanjang yang menyerupai tembok hijau raksasa. Gunung ini memiliki puncak tertinggi yang biasa disebut Gunung Gajah Mungkur, titik tertinggi di Kabupaten Sukoharjo.

Di sisi timur Anda bisa melihat pemandangan Gunung Lawu yang megah. Di bagian barat terdapat pegunungan Merapi dan Merbabu yang berjejer dan membuat pemandangan semakin indah.

Pemandangan dari bawah Gunung Sepikul juga tak kalah mempesona. Ada deretan sawah yang siap menyegarkan mata.

3. Legenda Gunung Sepikul

5 Fakta Gunung Sepikul, Dekat Dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/pungkas_pamungkas)

Gunung Sepikul tak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, tapi juga legenda. Keberadaan gunung ini diyakini berkaitan dengan sejarah Bandung Bondowoso, yaitu sejarah pembangunan Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Klaten dan Yogyakarta.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Saat itu Roro Jonggrang menanyakan syarat membangun 1.000 candi jika Bandung Bandowoso ingin memperistrinya. Sesampainya di Candi ke-999 yang telah selesai dibangun, Roro Jonggrang meminta seluruh warga untuk beraktivitas seolah-olah hari sudah siang.

Singkat kata, Bandung Bondowoso yang merasa dikhianati pun geram. Batu karang yang kini dikenal sebagai Gunung Sepikul ini awalnya dimaksudkan sebagai candi ke-1.000.

Karena Roro Jonggrang dijadikan candi ke-1000, akhirnya batu karang ini dibiarkan begitu saja. Karena itu, gunung ini berbentuk batu karang yang siap diangkut dan disebut Gunung Sepikul yang dalam bahasa Jawa berarti batu yang siap diangkut.

Baca Juga : Wisata Gunung Sepikul : Informasi Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

4. Tempat sempurna untuk mengejar matahari terbit

5 Fakta Gunung Sepikul, Dekat Dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/kimpoellllllllllllll_)

Salah satu pesona yang tidak boleh dilewatkan di Gunung Sepikul adalah momen terbitnya matahari. Banyak pengunjung yang rela datang sejak pukul 05.00 untuk menyaksikan momen ini.

Dari puncaknya Anda bisa melihat warna keemasan muncul di ufuk timur. Ditambah dengan kicauan burung dan hembusan angin membuat suasana terasa sangat menyegarkan. Pemandangan ini bisa dilihat saat cuaca cerah.

Namun, tidak perlu khawatir jika cuaca mendung. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Seluruh area di bawah Gunung Sepikul akan diselimuti kabut sehingga terlihat seperti daratan di atas awan.

5. Rute Menuju Gunung Sepikul

5 Fakta Gunung Sepikul, Dekat Dengan Legenda Roro JonggrangGunung Sepikul (instagram.com/ajisasongko81)

Gunung Sepikul berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Sukoharjo. Perjalanan dapat ditempuh sekitar setengah jam dengan kendaraan bermotor.

Rute termudah adalah melalui jalan utama Sukoharjo-Wonogiri. Sesampainya di lampu merah Tugu Peninggalan Selogiri, belok kanan menuju Kecamatan Bulu Sukoharjo dengan menggunakan kendaraan. Ikuti saja jalan utama yang dicor.

Setelah menemukan perempatan Lapangan Desa Pule, lurus ke barat kurang lebih 2,5 km dan gabung ke Jalan Wonogiri-Klaten. Anda akan melihat petunjuk arah ke Gunung Sepikul dan tempat wisata lainnya seperti Seribu Batu.

Dari arah tersebut belok kanan dan keluar jalan utama Wonogiri-Klaten. Setelah itu, ada pertigaan tepat di depan sawah. Belok kiri di pertigaan, lalu ikuti jalan desa lurus ke depan dan Anda akan sampai di tempat parkir mobil di Gunung Sepikul.

Indahnya panorama yang ditawarkan Gunung Sepikul berhasil memikat setiap orang yang datang. Jika kamu berada di Jawa Tengah khususnya di Sukoharjo, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini ya.

Baca juga: 10 Pesona Alam Gunung Sepikul, Cocok untuk Anda Pendaki Pemula

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button