5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya! - WisataHits
Jawa Tengah

5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya!

Indonesia terkenal memiliki beragam budaya yang unik. Beragam budaya tersebut akhirnya menjadi daya tarik bagi destinasi wisata, khususnya wisata edukasi di Indonesia.

Buat kamu yang ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata edukasi di Indonesia, baca rekomendasinya di bawah ini ya. Dalam perjalanan edukasi ini Anda tidak hanya akan belajar tentang sejarah, tetapi juga budaya baru.

1. Taman Sari, Yogyakarta

5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya!Potret Taman Sari Yogyakarta (instagram.com/erisa_santika)

Taman Sari merupakan destinasi wisata unggulan yang sarat akan budaya, tepat di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta atau sekitar 300 meter sebelah barat Keraton Yogyakarta.Taman ini dibangun pada tahun 1758 pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I .

Taman Sari sendiri merupakan sebuah bangunan bersejarah di Yogyakarta yang pernah dijadikan sebagai tempat menenangkan hati, tempat istirahat dan relaksasi bagi keluarga Sultan.

Selain itu, bangunan ini juga digunakan sebagai benteng ketika ada musuh. Namun kini bangunan unik dan bersejarah ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang mengedukasi wisatawan.

2. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya!Potret Klenteng Sam Poo Kong (instagram.com/gaetlokal)

Bagi Anda yang berada di Semarang, tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu tempat ibadah ini yaitu Klenteng Sam Poo Kong untuk wisata religi. Klenteng ini tidak hanya sebagai tempat pemujaan bagi pemeluk Khonghucu, tetapi juga dapat dijadikan sebagai wisata religi yang mengedukasi wisatawan.

Klenteng ini dibangun di atas tanah seluas 3,2 hektar dan terletak persis di Jl. Simongan No. 129 Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Klenteng Sam Poo Kong juga memiliki lima bangunan diantaranya Klenteng Utama Sam Poo Kong, Klenteng Pemujaan Dewa Bumi, Klenteng Kyai Jirumudi, Klenteng Mbah Kyai Jangkar dan Klenteng Kyai Tumpeng yang masing-masing memiliki cerita sejarah yang unik dan menarik.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Saung Angklung Udjo, Bandung

5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya!Potret Saung Angklung Udjo (instagram.com/angklungudjo)

Saung Angklung Udjo adalah tempat pertunjukan seni dan budaya di Bandung yang terletak tepatnya di 118 Jalan Padasuka, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini merupakan tujuan pendidikan dimana permainan angklung, salah satu alat musik tradisional Indonesia, dipertunjukkan setiap hari.

Selain pertunjukan alat musik angklung, ada juga beberapa pertunjukan seni lainnya yang tidak kalah menarik, seperti pertunjukan wayang golek dan tari topeng. Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1966 dan masih eksis hingga saat ini sebagai tempat melestarikan alat musik tradisional Indonesia.

4. Museum Raja Ali Haji Batam, Batam

5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya!Museum Raja Ali Haji Batam (instagram.com/museumbatam_rah)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi museum dengan tiket gratis, Museum Raja Ali Haji Batam adalah salah satu rekomendasinya. Selain gratis, pengunjung museum ini juga bisa belajar tentang sejarah Batam yang dituangkan dalam benda-benda bersejarah. Tentunya ini menjadi destinasi wisata yang unik, sekaligus sebagai tempat edukasi bagi wisatawan.

Museum Raja Ali Haji Batam terletak persis di Dataran Engku Putri, Batam Center, Kepulauan Riau. Kawasan museum ini tidak hanya menjadi tempat untuk menceritakan sejarah Kota Batam dari masa ke masa, tetapi juga memiliki desain bangunan yang epic dan bisa dijadikan sebagai background foto yang menarik.

5. Pulau Kemaro, Palembang

5 Destinasi Wisata Edukasi di Indonesia Penuh Budaya!Potret Pulau Kemaro (instagram.com/Palembangku)

Pulau Kemaro adalah pulau kecil yang hanya berpenduduk ratusan orang dan terletak di tengah Sungai Musi. Disebut “Kemaro” karena pulau kecil ini tidak pernah banjir meskipun Sungai Musi sedang pasang. Pulau Kemaro juga penuh dengan legenda yang menarik untuk dijelajahi.

Pulau Kemaro terletak 10 kilometer dari pusat kota Palembang. Untuk menuju pulau bersejarah ini, pengunjung bisa menyewa klotok, atau perahu kecil, di Jembatan Ampera.

Mengingat ragam sejarah yang dihadirkan, destinasi wisata edukasi di Indonesia menarik untuk dikunjungi, bukan? Jika bosan dengan wisata yang itu-itu saja, ikuti salah satu wisata edukasi di atas, OK!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button