5 Destinasi Wisata di Madura yang Mudah Diakses dari Surabaya Lewat Jembatan Suramadu - WisataHits
Jawa Timur

5 Destinasi Wisata di Madura yang Mudah Diakses dari Surabaya Lewat Jembatan Suramadu

TEMPO.CO, Sumenep – Beberapa tahun yang lalu, masalah banyak warga Surabaya adalah kurangnya tempat rekreasi di kota, meskipun daerah tetangga, yaitu pulau Madura, menawarkan berbagai tempat wisata.

Sebelum adanya Jembatan Suramadu, warga Surabaya harus rela menempuh perjalanan satu hingga dua jam ke Malang atau Pulau Madura untuk rekreasi. Namun, setelah adanya jembatan ini, warga Surabaya hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyeberangi Jembatan Suramadu menuju Madura.

Berbagai destinasi wisata

Sebagai salah satu pulau dengan destinasi wisata yang beragam, berikut daftar tempat wisata Madura yang bisa dikunjungi.

Dikutip dari Tempo, Salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Madura adalah Air Terjun Dhurbugan. Lokasinya yang berada di Desa Aeng Merah Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep cocok bagi anda yang menyukai wisata air. Pasalnya, selain Air Terjun Ari, di titik ini juga terdapat bendungan yang letaknya tidak jauh dari air terjun. Dengan pemandangan alam yang unik dan pepohonan yang rindang, warga Surabaya pasti akan melupakan sejenak hiruk pikuk kota.

Dikutip dari Antara, Nine Beach adalah pantai pasir putih yang berbentuk seperti angka sembilan jika difoto dari atas. Pantai Nine sendiri terletak di Desa Bringsang di Pulau Giligenting yang terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Pantai ini merupakan pantai baru yang diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 2016, walaupun baru diresmikan, namun pantai ini menjadikannya salah satu tujuan rekreasi yang paling populer untuk mengisi waktu liburan.

mulai travel.tempo.co, Salah satu wisata paling populer di Madura adalah Bukit Jaddih Kapur. Sebenarnya bukit ini merupakan bukit tambang batu kapur di Madura yang masih aktif. Namun, terbentuknya tanaman rambat akibat aktivitas penambangan yang terus menerus selama bertahun-tahun menjadikan Bukit Jaddih Kapur sebagai tempat wisata yang indah. Saat hujan, air yang mengumpul di bukit ini membentuk danau berwarna hijau toska yang menambah keindahan Bukit Jaddih.

Selain Bukit Kapur Jaddih yang menjadi favorit, ada juga Bukit Kapur Arosbaya di Madura yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Dilaporkan oleh travel.tempo.co, Bukit ini menarik banyak wisatawan dengan keindahan relief dinding di tebing kapur.

Tidak hanya keindahan perbukitan yang menjulang tinggi, Bukit Arosbaya juga memiliki gua-gua dengan berbagai ukuran akibat proses penggalian batu kapur. Bukit ini terletak di Plalangan, Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Salah satu wisata pantai favorit, Madura ternyata juga memiliki pantai yang tak kalah indahnya dengan Pantai Kuta di Bali.

kutipan sumenepkab.go.id, Pantai Lombang di Sumenep merupakan salah satu pantai di Madura yang sudah go internasional, karena panorama Pantai Lombang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di mancanegara.

Pantai Lombang, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pace/Rully Kesuma

Pantai yang terletak di Desa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep ini, wisatawan bisa melakukan berselancar, Berfoto, pantai ini juga menawarkan wisata kuliner kepada wisatawan.

Itulah beberapa tempat wisata di madura. Tentunya untuk menuju beberapa destinasi wisata tersebut, wisatawan dari Surabaya dan kota-kota lain di Pulau Jawa bisa menggunakan Jembatan Suramadu jika menggunakan kendaraan bermotor.

MUHAMMAD SAIFULLOH
Baca Juga: 6 Fakta Jembatan Suramadu Berbiaya Rp 4,5 Triliun 13 Tahun Setelah Diresmikan

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button