5 Destinasi Wisata Bukit di Yogyakarta yang Cocok Untuk “Penyembuhan” - WisataHits
Yogyakarta

5 Destinasi Wisata Bukit di Yogyakarta yang Cocok Untuk “Penyembuhan”

PERSIS.CO Bagi para wisatawan tentunya salah satu destinasi wisata yang satu ini sudah cukup terkenal apalagi jika bukan Yogyakarta. Kota yang terkenal memiliki sejuta kenangan ini kerap dijadikan destinasi liburan para wisatawan. Ada berbagai objek wisata yang bisa Anda pilih, mulai dari jalan-jalan keliling kota, belajar tentang budaya Yogyakarta dengan mengunjungi keraton atau museum, hingga menikmati wisata alam.

Yogyakarta tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya. Di beberapa tempat, diketahui ada pemandangan indah yang bisa memanjakan mata dan bersantai. Nah, salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta adalah bukit. Menikmati semilir angin terkadang bisa menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Berikut adalah sejumlah trek gunung yang wajib dikunjungi di Yogyakarta.

Baca juga:

1. Bukit Klangon

5 Destinasi Wisata Gunung di Yogyakarta yang Nyaman untuk Penyembuhan - Foto 1
Instagram/@phewheantho

Bukit Klangon mungkin tidak terasa asing di telinga. Bukit dengan pemandangan alam yang luar biasa ini sering dikunjungi wisatawan untuk bersantai atau berfoto. Bukit Klangon menjadi viral karena memiliki keindahan yang luar biasa. Bagaimana tidak, dari puncak bukit ini pengunjung bisa langsung melihat Gunung Merapi yang gagah.

Ada beberapa fasilitas seperti gazebo, spot foto, booth dan area camping yang bisa digunakan untuk berkumpul dan menikmati pemandangan bersama orang tersayang.

Harga tiket masuk: Gratis dan hanya bayar parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Alamat : Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

2. Bukit Panguk-Kediwung

5 Destinasi Wisata Gunung di Yogyakarta yang Nyaman untuk Penyembuhan - Foto 2
Instagram/@imroatum

Salah satu bukit yang juga sering menjadi tujuan wisata adalah Bukit Panguk Kediwung. Pengunjung sering menyebutnya wisata awan karena biasanya diselimuti kabut putih, seperti berdiri di atas awan. Dari atas, pengunjung bisa melihat hamparan perbukitan hijau yang mengelilingi Bukit Panguk.

Pecinta foto tidak boleh melewatkan wisata yang satu ini, karena terdapat spot foto menarik dengan tema berbeda. Suasana mempesona menanti pengunjung sejauh mata memandang.

Tiket masuk: Rp 3.000 per orang, harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Alamat: Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

3. Bukit Bintang

5 Destinasi Wisata Gunung di Yogyakarta yang Nyaman untuk Penyembuhan - Foto 3
Instagram/@ezha_agnata

Ingin menikmati suasana romantis kota Yogyakarta dari atas bukit? Bukit Bintang adalah jawabannya. Mungkin bukit yang satu ini sudah cukup dikenal masyarakat luas. Pesona indah melihat ratusan lampu kota dari atas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu, pengunjung biasanya duduk di pinggir jalan dan menikmati berbagai makanan seperti kacang-kacangan atau jagung rebus. Tentunya bisa menjadi kenangan tersendiri. Ada beberapa tempat di mana orang biasanya bisa duduk santai dan menikmati angin sepoi-sepoi di Bukit Bintang.

Tiket Masuk: Gratis, Anda hanya perlu membayar parkir Rp 2.000 per motor dan Rp 5.000 per mobil.

Alamat: Jalan Jogja-Wonosari KM 15-17, Kecamatan Patuk, Kegubernuran Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Bukit Tompak Piyungan

5 Destinasi Wisata Gunung di Yogyakarta yang Nyaman untuk Penyembuhan - Foto 4
Instagram/@malikush.jr

Bukit lain yang cocok untuk memanjakan mata adalah Bukit Tompak Piyungan. Meski tergolong wisata baru, Bukit Tompak Piyungan berhasil menarik perhatian pengunjung. Bukit berbatu ini juga sering dijadikan tujuan para pesepeda.

Mengunjungi Bukit Tompak pada sore hari tentunya menjadi pilihan yang tepat karena pengunjung akan melihat betapa indahnya sunset. Beberapa spot foto menarik bisa digunakan untuk selfie.

Biaya masuk: Rp 3.000 per orang.

Alamat: Jalan Sumur Bandung, Cikal, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

5. Bukit Pengilon

5 Destinasi Wisata Gunung di Yogyakarta yang Nyaman untuk Penyembuhan - Foto 5
Instagram/@anjani_deasy

Yang terakhir adalah Bukit Pengilon, tidak seperti bukit lain yang menghadap ke kota atau perbukitan di sekitarnya, Bukit Pengilon menawarkan pemandangan spektakuler karena berbatasan langsung dengan laut. Bukit Pengilon sangat cocok untuk beristirahat atau bersantai dari hiruk pikuk aktivitas sehari-hari. Deburan ombak dan birunya air laut akan terasa menyejukkan.

Area rumput yang luas seperti karpet untuk duduk dan bersantai. Selain itu, pengunjung Bukit Pengilon dapat menikmati aktivitas seperti camping yang disediakan oleh pengelola.

Harga tiket: Rp 5.000 per orang.

Alamat: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Prefektur Gunungkidul, Yogyakarta.

Itulah beberapa trek gunung di Yogyakarta yang bisa menjadi tujuan wisata untuk menyembuhkan dan mengisi liburan. Tetap aman dan tetap bersih, oke![]

Source: akurat.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button