5 desa wisata di Yogyakarta diusulkan untuk mengikuti ADWI 2023 - WisataHits
Yogyakarta

5 desa wisata di Yogyakarta diusulkan untuk mengikuti ADWI 2023

KOMPAS.com – Lima desa wisata unggulan di Yogyakarta masuk nominasi Indonesia Tourism Village Award 2023 (ADWI 2023).

Kelima desa wisata tersebut antara lain Warungboto, Cokrodiningratan, Prenggan, Tahunan dan Purbayan.

Dikutip Tribun Travel, kelimanya merupakan desa wisata yang meraih predikat terbaik tingkat kota melalui program pendampingan ADWI 2023.

“Kami berusaha mendampingi mereka terus-menerus agar mereka siap. Baik dari segi dokumen maupun infrastruktur fisik di lapangan. kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko seperti dikutip Tribun Travel.

Baca Juga: 20 Wisata Tahun Baru Yogyakarta yang Hits, Banyak Spot Instagramable

Ditambahkannya, kelima desa liburan tersebut memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing, tidak hanya dari segi aktivitas wisata, tetapi juga dari segi fashion, kuliner, dan budaya.

Misalnya, Desa Wisata Warungboto memiliki Situs Warungboto sebagai ikon wisata desa tersebut.

Dikutip dari Situs Desa Warungboto yang dikelola Kotamadya Yogyakarta, Situs Warungboto dulunya merupakan penginapan bagi raja dan keluarganya yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II saat masih menjadi pangeran dengan nama Pangeran Rejakusuma. Saat itu, tempat tersebut menjadi tempat peristirahatan dan benteng pertahanan sisi timur Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kini banyak wisatawan yang mampir ke situs Warungboto untuk berfoto dengan arsitekturnya yang khas dan unik.

Baca Juga: 12 Event Wisata Unggulan Kota Yogyakarta Tahun 2023, Jangan Sampai Kelewatan

Namun Warungboto sebenarnya memiliki aktivitas wisata lain yang tak kalah menarik, terutama wisata berbasis edukasi bagi wisatawan minat khusus.

“Potensi wisata kita kemas dalam paket wisata termasuk pelatihan daur ulang sampah hingga pewarnaan shiori. Jadi kami mengandalkan itu ya untuk menarik wisatawan,” kata Tri Widodo Purnomo, Kepala Pengelola Desa Wisata Warungboto.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button