45.468 orang berwisata ke pantai selatan Gunungkidul pada momen pergantian tahun - WisataHits
Yogyakarta

45.468 orang berwisata ke pantai selatan Gunungkidul pada momen pergantian tahun

45.468 orang berwisata ke pantai selatan Gunungkidul pada momen pergantian tahun

Liputan6.com, Gunungkidul – Kabupaten Gunungkidul masih menjadi primadona pariwisata khususnya di kawasan pesisir. Di momen libur Natal dan Tahun Baru kemarin, ribuan turis datang berkunjung selama seminggu.

Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, mengumumkan bahwa 45.468 wisatawan mengunjungi kawasan pantai Gunungkidul selama liburan akhir tahun.

“Pada hari Sabtu (31 Desember) jumlah pengunjung mencapai 16.289 orang dan pada hari Minggu sebanyak 29.179 orang. Total jumlah wisatawan pantai khusus pada liburan Tahun Baru 2023 sebanyak 45.468 orang,” kata Arif, Senin (1/2/2023). .

Diakui Arif, jumlah kunjungan wisatawan untuk seluruh destinasi wisata semula diramalkan mencapai 148.305 orang. Namun per 1 Januari 2023 baru terealisasi 119.957 orang dari 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2023, jauh dari target.

“Kinerja ini tidak sesuai dengan proyeksi kami sehingga akan sangat berdampak pada pencapaian target pendapatan asli daerah dari retribusi tempat rekreasi pada tahun 2022,” katanya.

Soal target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi kawasan resor sebesar Rp 27 miliar, hingga kini belum tercapai. Jumlah tersebut dijelaskan Arif belum mencapai target pada 2022.

Arif menduga kenaikan harga BBM akan mempengaruhi wisatawan, serta kondisi cuaca ekstrim yang berpotensi membawa gelombang tinggi ke perairan Indonesia.

“Ini berdampak besar pada rencana kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Belum lagi kurangnya libur bersama dari pemerintah, sehingga kunjungan wisatawan dari luar daerah sangat rendah.

Kabupaten Gunungkidul sendiri mengandalkan destinasi wisata, khususnya pantai selatan, untuk 85 persen pendapatan asli daerahnya. Selain itu, munculnya wahana dan atraksi wisata baru juga berpotensi meningkatkan PAD.

“Kami berharap kunjungan wisatawan pulih pada 2023 setelah kebijakan pembatalan PPKM,” ujarnya.

Pemandangan laut lepas dan berbagai permainan yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button