41 Desa Wisata di Bogor Tampil Cantik di Jambore 8-9 Agustus - WisataHits
Jawa Barat

41 Desa Wisata di Bogor Tampil Cantik di Jambore 8-9 Agustus

Pemandangan alam tuan rumah Jambore Desa Wisata di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Pemerintah Pemerintah ANTARA/HO-Humas Bogor)

BOGOR, Lightning.com– Ketua Himpunan Desa Wisata Kabupaten Bogor Denni Amarullah mengatakan 41 desa wisata di wilayahnya akan memamerkan keindahannya pada Jambore Desa Wisata pada 8-9 Agustus 2022.

“Mutiara Kabupaten Bogor terletak di desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor. Ayo datang dan coba rasakan sensasinya di desa wisata Kabupaten Bogor,” kata Denni, Selasa di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Pada jambore kali ini Desa Wisata Purwabakti Kecamatan Pamijahan didaulat menjadi tuan rumah berbagai produk UMKM dan lain-lain yang memiliki potensi keindahan alam berupa selada terasering.

“Saya berharap para pejabat daerah hadir, lihat kami di bawah, yang berjalan di antara Bumdes dan desa wisata serta ikut mewujudkan Pancakarsa yaitu Karsa Bogor Maju,” ujarnya.

Denni mengatakan, Pemkab Bogor menyadari ada 416 desa wisata yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata dengan menerapkan konsep interaksi alam, budaya, dan masyarakat lokal.

Baca juga:
Toyota ajak wisatawan Danau Toba untuk mencicipi enaknya mengendarai mobil listrik

Desa-desa wisata baru bermunculan di Kabupaten Bogor setiap tahunnya. Dari 25 desa wisata pada tahun 2019, meningkat menjadi 35 desa pada tahun 2020, kemudian menjadi 40 desa pada tahun 2021 dan sekarang pada tahun 2022 terdapat 41 desa wisata di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, pengembangan desa liburan dilakukan dengan upaya melestarikan alam yang ada dan meningkatkan akses ke kawasan tersebut.

Pengembangan desa wisata di Kabupaten Bogor terbagi menjadi enam wilayah, mulai dari selatan yaitu dari desa Tugu Selatan sampai Ciawi dan dari perbatasan Ciawi sampai Sukabumi.

Kemudian di wilayah barat yaitu dari Tamansari hingga Pamijahan dan dari Ciampea, Nanggung, hingga Sukajaya. Di wilayah utara terdapat desa wisata Iwul dan Jampang, bahkan masih terbatas untuk wilayah utara.

Selain itu, untuk wilayah timur terdapat Desa Wisata Pasir Mukti, Tarikolot, Linggar Mukti dan Bojong Kulur.

Baca juga:
Pesona Pemandu Danxia di Tibet, yang membuat mata sulit untuk melupakannya

Penguatan desa wisata telah diprogramkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor sejak tahun 2009. Sejak tahun 2012 hingga sekarang, desa wisata menjadi trend di Kabupaten Bogor.

“Pengelolaan desa wisata di Kabupaten Bogor bersifat dinamis, dibentuk secara mandiri oleh pemerintah kota kemudian dibina dan dilatih oleh Disbudpar Kabupaten Bogor,” kata Denni.

Dijelaskannya, sejak 2009 para pengelola sudah dilatih oleh Disbudpar Kabupaten Bogor. Pembekalan berupa konsep desa wisata, pengelolaan destinasi, pengelolaan SDM di desa.

“Di Kabupaten Bogor, mereka membangun secara mandiri. Jadi gereja membangun desa mereka sampai seperti ini. Kalau dibangun secara mandiri, pola pikir mereka adalah melindungi desa wisata semaksimal mungkin,” ujarnya. (Ya memang)

Baca juga:
Wajib dibaca, 7 tips solo traveling yang aman dan bebas repot untuk pemula

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button