4 Tragedi Malang, Bumi Hancur Lepas dari Stadion Kanjuruhan: Okezone Nasional - WisataHits
Jawa Timur

4 Tragedi Malang, Bumi Hancur Lepas dari Stadion Kanjuruhan: Okezone Nasional

MISKIN merupakan salah satu kota di Indonesia yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata. Terletak di Jawa Timur, Malang memiliki beragam destinasi wisata yang banyak diminati.

Namun, kota ini juga tidak luput dari beberapa peristiwa besar yang sangat mengejutkan. Berikut beberapa peristiwa besar yang terjadi di Malang.

1. Tragedi Kanjuruhan

Peristiwa besar di Malang yang baru saja terjadi adalah tragedi Kanjuruhan. Kisah kelam ini terjadi pada 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya berlangsung. Penonton yang terdiri dari suporter Arema, Aremania masuk ke lapangan karena tim kesayangannya kalah 2-3 dari Persebaya.

Aremania dikabarkan tidak terima dengan kekalahan tersebut, sehingga memukul para pemainnya. Sayangnya, massa tak terkendali dan polisi menggunakan gas air mata. Hal ini sontak membuat penonton yang berada di tribun panik dan kabur. Banyak dari mereka menjadi sesak napas dan terinjak-injak.

Akibatnya, 125 orang meninggal dunia, ratusan lainnya luka-luka dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Berbagai pihak telah menyampaikan kesedihan dan belasungkawa atas kejadian tersebut, antara lain Liverpool, Manchester United, Manchester City, dan FC Barcelona. Bahkan, La Liga Spanyol dan Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF mengheningkan cipta selama satu menit atas insiden tersebut.

Pesawat TNI AU ke-2 jatuh

Pesawat latih TNI Angkatan Udara jatuh di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Laksda Adisutjipto, Malang, pada 10 Februari 2016. Pada peluncuran Sindonews, pesawat pelatihan Super Volcano menabrak rumah warga sebelum jatuh dari ketinggian. Setelah mendengar suara gemuruh, masyarakat langsung menuju ke lokasi kejadian dan menemukan bahwa pesawat tersebut menabrak kawasan pemukiman.

Akibat kejadian itu, pilot dan co-pilot pesawat tewas, serta dua warga tewas. Polisi yang datang ke TKP langsung mensterilkan kawasan tersebut, mengingat banyaknya warga sekitar yang terus berdatangan

3. Gempa 2021

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter melanda Malang dan sekitarnya pada 10 April 2021. Rumah dan bangunan warga sekitar hancur. Dari foto yang beredar di media sosial, terlihat sebuah kantor telah rusak. Beberapa bulan kemudian, Oktober 2021, Malang Raya kembali diguncang gempa berkekuatan 5,2 skala richter.

Pusat gempa berada di laut, sekitar 78 km barat daya Kabupaten Malang. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena gempa susulan sangat mungkin terjadi.

4. Bumi hangus yang malang

Pada tahun 1947, sebuah peristiwa besar terjadi di Malang, yaitu Malang Bumi Hangus. Saat itu, Belanda yang telah kembali ke Indonesia melakukan agresi besar-besaran di Sumatera dan Jawa. Dalam perjalanan menuju Malang, pasukan Belanda terjebak di Lawang karena perlawanan dari TNI, TRI Pelajar (TRIP) dan pasukan lainnya.

Selama seminggu, Belanda menderita banyak korban dari serangan pasukan Indonesia. Setelah mendapat bala bantuan, akhirnya Belanda berhasil meninggalkan Lawang dan melanjutkan perjalanan ke Malang. Masuknya Belanda ke kota Malang disambut dengan hangusnya keadaan Malang. Untuk itu pasukan TNI melakukan taktik bumi hangus dengan cara membakar dan meledakkan gedung-gedung di kota.

Tujuan dari taktik ini adalah agar pasukan Belanda tidak dapat menggunakan berbagai fasilitas di Malang. TNI dan sejumlah pasukan lainnya juga melakukan perlawanan untuk mempertahankan kota. Namun, pada 31 Juli 1947, Belanda akhirnya berhasil menduduki Malang. (Ajeng Wirachmi-MPI Penelitian dan Pengembangan)


Source: nasional.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button