4 tips liburan akhir tahun agar tetap aman di tengah bencana - WisataHits
Jawa Tengah

4 tips liburan akhir tahun agar tetap aman di tengah bencana

LANGIT7.ID, Jakarta – Ada 4 tips menjaga liburan akhir tahun dari bencana alam. Pasalnya, di penghujung tahun 2022 ini, beberapa fenomena bencana alam terus terjadi.

Liburan akhir tahun memang sering dinantikan oleh orang-orang yang berwisata bersama keluarga. Namun, dengan banyaknya kejadian bencana di berbagai daerah, perlu adanya peningkatan kewaspadaan dan keamanan saat berlibur.

Bencana tersebut mirip dengan gempa bermagnitudo 5,6 yang sebelumnya terjadi pada 21 November 2022 di Cianjur, Jawa Barat. Dua minggu kemudian, gempa lain dengan kekuatan lebih besar terjadi di wilayah Jawa Barat.

Gempa tersebut melanda wilayah selatan Garut, Jawa Barat dengan kekuatan 6,1 SR. Selain itu, terjadi fenomena alam di Lumajang, Jawa Timur, dimana terjadi aktivitas di Gunung Semeru pada 9 November 2022.

Baca juga: 5 Tips Agar Liburan Lebih Menyenangkan, Tak Hanya Persiapannya

Dengan banyaknya bencana alam di Indonesia, masyarakat perlu berlibur di akhir tahun dan meningkatkan kewaspadaan.

Mengutip laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, berikut 4 tips liburan agar tetap aman di tengah fenomena alam liar:

1. Persiapan

Liburan harus dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya tentang kebutuhan berlibur, tetapi juga tentang persiapan perbekalan kesehatan seperti P3K.

Sahabat Langit7 juga harus mencari informasi lengkap mengenai destinasi wisata yang dituju. Cari tahu tentang bahaya yang bisa muncul di tempat ini agar Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Jangan lupa untuk membawa data diri dan dokumen penting seperti KTP atau resep dokter. Termasuk penyimpanan nomor darurat untuk perlindungan sipil.

2. Saat terjadi bencana alam

Tidak ada yang berharap untuk dihancurkan oleh bencana. Namun, bencana bisa terjadi kapan saja dan bisa menimpa siapa saja.

Oleh karena itu para sahabat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk dari pejabat terkait ketika menemui bencana di suatu tempat wisata. Waspadai lingkungan sekitar, termasuk ancaman dari orang lain dan hewan liar.

Pantau lebih banyak informasi dari media yang dapat diakses. Ketahui perkembangannya dan ambil keputusan terbaik untuk langkah selanjutnya menuju kepercayaan diri.

3. Setelah bencana

Sahabat Langit7 juga tidak boleh meremehkan konsekuensi dari bencana. Karena lebih banyak bencana yang dikhawatirkan.

Waspadai risiko cedera selama dan setelah bencana alam. Jatuhnya korban disebabkan tidak hanya pada saat terjadi bencana tetapi juga setelah terjadi bencana dimana banyak orang yang melarikan diri dan berkerumun dalam kepanikan.

Masih dalam pendirian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ditemukan bahwa kematian paling sering terjadi akibat trauma benda tumpul, luka benturan, atau tenggelam.

4. Jaga kesehatan diri

Selain menjaga keamanan, sahabat juga perlu menjaga diri dan tetap sehat. Artinya makan dan minum pada saat perbekalan masih ada sehingga tubuh memiliki tenaga untuk melanjutkan perjalanan dan berpikir sehat.

Segera temui dokter jika Anda terluka, sakit, atau kesulitan mengatasi stres. Jangan membuat keputusan tergesa-gesa, terutama saat Anda sedang panik.

(bal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button