4 Tempat Wisata Di Dieng yang Wajib Dikunjungi : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

4 Tempat Wisata Di Dieng yang Wajib Dikunjungi : Okezone Travel

INGIN Liburan bersama kerabat di Dieng? Tidak mengunjungi destinasi wisata.

Dieng terletak di dataran tinggi yang terbagi menjadi dua kabupaten yaitu Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Destinasi wisata di Dieng sangat menarik, dimulai dengan pemandangan alamnya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Wisata Dieng memang sangat memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung.

Selain pemandangannya yang sangat indah, udara yang sejuk dan keberadaan peninggalan sejarah yang berkualitas di kawasan wisata Dieng. Salah satunya adalah prosesi ruwatan anak gimbal.

Ruwatan Anak Gimbal diadakan sebagai bagian dari acara Dieng Culture Festival 2022.

Kegiatan ini biasanya diadakan setiap tahun karena menyuguhkan prosesi adat dan budaya serta menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan.

Berikut empat destinasi yang wajib dikunjungi di Dieng:

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Dieng. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) dari atas bukit. Keindahan alam matahari terbit keemasan (Golden Sunrise) menjadi pemandangan yang harus dilihat.

Namun, untuk mengalaminya, wisatawan harus terlebih dahulu mendaki bukit setinggi 2.300 meter di atas permukaan laut. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati golden sunrise tetapi juga keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi saat cuaca cerah.

infografis

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata di Dieng. Wisatawan datang ke daerah ini untuk menyaksikan aktivitas gunung berapi. Kawah yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kawah Sikidang memiliki kandungan belerang atau belerang yang tinggi. Karena itu, bau gas yang keluar sangat kuat. Wisatawan disarankan untuk memakai masker untuk menghindari keracunan gas.

Di Kawah Sikidang, wisatawan akan menemukan penjual telur tempat telur direbus di kawah kecil tempat air mendidih.

3. Candi Arjuna

Dari sekian banyak candi di Dataran Tinggi Dieng, kompleks Candi Arjuna adalah yang terbesar. Kompleks candi Arjuna memiliki luas sekitar satu hektar. Terdapat lima bangunan candi di kompleks ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Kompleks candi ini menawarkan pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh perbukitan di latar belakang. Biasanya kompleks candi Arjuna digunakan untuk transposisi Galungan ke tempat transposisi Ruwatan untuk rambut gimbal.

4. Danau warna

Telaga Varna memiliki pemandangan yang indah. Disebut Telaga Varna karena air danau bisa berubah warna jika terkena pantulan sinar matahari. Penyebabnya adalah kandungan belerang yang tinggi di air danau.

Telaga Varna terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi panorama Gunung Prau. Pagi hingga tengah hari adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi kawasan ini. Karena pada sore hari kawasan di sekitar Telaga Varna tertutup kabut.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button